Melirik Peluang Usaha Budidaya Belut yang Menggiurkan

Usaha Budidaya Belut merupakan peluang bisnis yang Menggiurkan karena permintaannya yang cukup tinggi dan harga belut juga tergolong cukup mahal per kilonya. Apalagi untuk membudidayakan belut juga tidak terlalui sulit dan tidak memerlukan lahan yang luas.

Melirik Peluang Usaha Budidaya Belut yang Menggiurkan

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan usaha budidaya, budidaya belut merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan dan memiliki prospek yang cerah. Belut itu sendiri termasuk jenis hewan air yang banyak dikonsumsi. Selain rasanya yang nikmat, belut juga mengandung banyak gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.


Budidaya belut sebenarnya bukan hal yang sulit. Jika Anda memiliki lahan yang terbatas, usaha ini juga tetap dapat dilakukan karena tidak memerlukan lahan yang luas. Cukup dengan media tong atau bahkan drum, Anda sudah dapat membudidayakan belut dalam jumlah yang besar.

Cara Usaha Budidaya Belut yang Menggiurkan

Dalam menjalankan usaha budidaya belut ada beberapa hal yang perlu dan penting untuk diperhatikan agar Belut tidak mati dan cepat besar. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Memperhatikan Air

Syarat untuk membudidayakan belut hanyalah air bersih yag bebas dari segala macam limbah. Suhu air terbaik untuk memelihara belut adalah 25 – 31 derajat Celsius. Kondisi ini sangat penting terutama untuk pertumbuhan bibit belut. Tetapi jika belut sudah dewasa, kondisi air tidak menjadi masalah karena mereka dapat bertahan hidup bahkan di dalam lumpur.

2. Pemilihan Bibit

Untuk membesarkan belut, pemilihan ukuran bibit adalah hal yang penting. Ukuran bibit yang ideal untuk peluang usaha budidaya belut adalah 1 – 2 cm. Anda dapat memperoleh bibit ini dari tempat pemijahan yang biasanya menjual bibit belut maupun ikan.

3. Pemberian Pakan

Belut sebenarnya termasuk hewan yang tidak repot dalam hal pemberian pakan. Pakan untuk belut sebaiknya diberikan 5% dari jumlah bibit di dalam kolam. Jangan memberi makan terlalu banyak karena sisa makanan yang banyak akan membuat air cepat keruh dan akhirnya berdampak pada kualitas pertumbuhan belut itu sendiri. Pakan yang cocok untuk belut antara lain adalah ikan – ikan kecil, kecebong, cacing tanah, bekicot, dan keong mas. Untuk keong dan bekicot, sebaiknya dicacah terlebih dahulu agar belut lebih mudah memakannya. Pemberikan pakan yang ideal adalah pada sore hari dan atau malam hari.

4. Perawatan

Agar belut tetap sehat, sebaiknya Anda memasang sistem penyaringan untuk membuang sisa makanan yang tidak dimakan. Atau Anda dapat mengalirkan air bersih ke kolam sambil membuang air kotor dari kolam tersebut. Selain membuat air menjadi bersih, hal ini juga dapat menyuplai oksigen yang berperan penting untuk pertumbuhan belut.

Bagi Anda yang masih bingung memanfaatkan peluang usaha budidaya belut karena baru pertama kali, sebaiknya Anda mencobanya dari jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Atau, Anda dapat berkunjung ke tempat budidaya belut dan belajar dari sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *