12+ Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat wortel sangat banyak tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Wortel seringkali dijadikan obat tradisional oleh masyarakat untuk mengatasi gangguan kesehatan. Nah, apa saja khasiat dan manfaat wortel ini? simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Wortel yang memiliki nama latin Daucus carota adalah tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun. Terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab, kurang lebih pada ketinggian 1200 ineter di atas permukaan laut. Tumbuhan wortel mernbutuhkan sinar matahari dan dapat turnbuh pada sernua musim. Wortel mempunyai batang daun basah yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar), mirip daun seledri. Wortel menyukai tanah yang gembur dan subur.


Menurut para botanis, wortel (Daucus carota) dapat dibedakan atas beberapa jenis, di antaranya: WORTEL (Daucus carota, Linn.) – jenis imperator, yakni wortel yang memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis. – jenis chantenang, yakni wortel yang memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis. – jenis mantes, yakni wortel hasil kornbinasi dari jenis wortel imperator dan chantenang. Umbi akar wortel berwarna khas oranye.

Kandungan dan Manfaat Wortel

Nama Lokal:
Carrot (Inggris), Carotte (Perancis), Bortel (Belanda); Wortel (Indonesia), Bortol (Sunda), Wortel, Ortel (Madura); Wortel, Wortol, Wertol, Wertel, Bortol (Jawa);

Kandungan Gizi dalam 100 gram Wortel:

  • Vitamin A 12000 SI
  • kalori 42 kalori
  • protein 1,2 gram
  • lemak 0,3 gram
  • hidrat arang 9,3 gram
  • kalsium 39 miligram
  • fosfor 37 miligram
  • zat besi 0,8 miligram
  • vitamin B 1 0,06 miligram
  • vitamin C 6 miligram

#. Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Wortel tidak hanya digunakan sebagai sayuran untuk memasak. Tapi juga wortel dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini manfaat wortel untuk kesehatan serta cara pemakaiannya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Wortel memiliki banyak kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini berkat zat-zat yang terkadnung di dalam wortel mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan. cara menggunakannya:

Bahan: umbi wortel, 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren;
Cara membuat: wortel diparut dan diperas dengan 2 gelas air, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata;
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

2. Eksim

a. Bahan: 1 umbi wortel dan 1 sendok teh kapur sirih;
Cara membuat: wortel diparut dan dicarnpur dengan kapur sirih sampai merata;
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit dan dibalut dengan verban.

b. Bahan: 3 umbi wortel;
Cara membuat: diparut dan disedu dengan 2 gelas air masak;
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

3. Mengatasi Cacing Kremi

Bila ada keluarga, kerabat atau tetangga terkena cacing kremi cara mengatasinya bisa menggunakan ramuan wortel ditambah bahan lainnya. Cara Membuatnya:

  • Bahan: 5-7 umbi wortel, garam dan santan kelapa secukupnya;
  • Cara membuat: wortel diparut, kemudian ditambah dengan bahan lainnya;
  • Cara menggunakan: diperas dan disaring, kemudian diminum menjelang tidur malam.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat wortel untuk kesehatan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kombinasi wortel dengan ketumbar ternyata bermanfaat ampuh bagi kesehatan. Menurut sejumlah peneliti, sup wortel dan ketumbar dapat mempertahankan kekebalan tubuh, sehingga bisa menjauhkan Anda dari infeksi yang disebabkan virus.

5. Mengatasi Mata Minus

Buat anda yang terkena mata minus bisa menggunakan wortel untuk mengobatinya. Kandungan vitamin yang terdapat pada wortel sangat baik untuk mata. cara menggunakannya yaitu:

  • Bahan: umbi wortel secukupnya;
  • Cara membuat: diparut dan diperas untuk diambil airnya;
  • Cara menggunakan: diminum setiap pagi hari secara teratur.

6. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang sedikitnya memakan enam wortel dalam satu minggu dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu butir saja dalam sebulan. Wortel merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak. Dengan serat ini manfaat wortel adalah membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.

7. Meningkatkan metabolisme

Manfaat wortel untuk kesehatan yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan metabolisme. Dengan mengonsumsi jus wortel bisa meningkatkan level energi dan metabolisme. Ini karena manfaat vitamin B yang juga terkandung di dalam wortel, yang memecah glukosa, lemak, dan protein serta memastikan energi ini dipakai dengan efisien oleh tubuh kita.

8. Manfaat wortel dapat mengurangi risiko kanker payudara

Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak beta-karoten setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan memakan makanan yang kaya antioksidan itu –seperti wortel– dua kali setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker sebesar 17 persen.

#. Manfaat Wortel untuk Kecantikan

Adapun manfaat wortel bagi kecantikan wajah yaitu sebagai berikut:

9. Membuat kulit lebih bersinar

Wortel mengandung vitamin C. Berkat kandungan ini manfaat wortel untuk wajah adalah membuat kulit lebih glowing. Disarankan untuk mengonsumsi wortel secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan kulit yang lembut dan sehat. Aplikasikan secara rutin dan lihat sendiri hasilnya bagaimana kulit terlihat lebih glowing dari hari ke hari.

10. Melembabkan wajah

Kulit wajah yang kering dapat membuat kulit mengalami iritasi dan mengelupas. Kamu bisa memanfaatkan manfaat wortel untuk wajah sebagai cara melembabkan wajah secara alami. Kandungan kalium dalam wortel dapat mencerahkan kulit, caranya dengan meminum jus wortel setiap hari.

11. Mengatasi kulit berminyak

Manfaat wortel untuk wajah yang pertama adalah mengatasi kulit berminyak. Kamu dapat menggunakan wortel sebagai perawatan rutin di rumah. Wortel dapat membuat kulit lebih lembut dan bersih. Kulit berminyak biasanya bermasalah dengan pori-pori kulit, sehingga wortel dapat membersihkannya secara mendalam. Wortel untuk dapat mengontrol kadar minyak pada kulit sehingga mengurangi timbulnya jerawat.

12. Mengencangkan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam manfaat wortel untuk wajah membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit. Dengan cara sederhana seperti meminum jus wortel dan memakai masker wajah yang terbuat dari wortel secara teratur sudah dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh dan tidak perlu mencoba solusi yang lebih canggih serta memerlukan biaya lebih, seperti misalnya suntik kolagen yang tidak lepas dari adanya resiko bahaya suntik kolagen yang dapat terjadi pada tubuh Anda.

Begitu banyak kandungan gizi yang terdapat pada wortel sehingga tidak heran jika sayuran ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Oke, itulah beberapa khasiat dan manfaat wortel bagi kesehatan dan kecantikan, sebenarnya masih ada banyak lagi kegunaan wortel selain yang disebutkan diatas. Semoga info ini menambah pengetahuan kita semua.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *