12 Manfaat Teripang Emas Bagi Kesehatan Tubuh

Teripang emas (Golden Stichoupus Variegatus) merupakan yang paling istimewa dalam spesies teripang karena memiliki banyak kandungan aktif yang sangat bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Memang banyak orang yang mengenal hewan laut satu ini akan tetapi sedikit dari mereka yang mengetahui manfaat yang terkandung dalam teripang emas jika mengkonsumsinya dengan baik. untuk anda yang ingin tahu apa saja khasiat dan manfaat teripang emas ini bagi kesehatan tubuh simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Teripang emas bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal teripang? Teripang merupakan biota laut yang bergerak sangat lambat. Teripang dapat hidup di dasar substrat pasir ataupun di lingkungan yang terdapat terumbu. Nama lain dari teripang adalah timun laut. Hewan ini termasuk kedalam invertebrata yang dapat dikonsumsi. Kelompok timun yang ada didunia kurang lebih sekitar 1200 spesies dan beberapa jenis diantaranya merupakan kelompok teripang. Di perairan laut Indonesia, teripang ini sangat mudah ditemukan. Pemanfaatan teripang mulai dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Nilai ekonomis teripang terbilang cukup tinggi. Beberapa contohnya seperti teripang putih atau holothuria scabra, teripang pandan atau theenota ananas, teripang dongnga atau stichopu ssp dan teringa koro atau microthele nobelis. Baca juga: Manfaat Ikan Tenggiri untuk Kesehatan


Kandungan Gizi yang terdapat pada Teripang Emas

Komoditas teripang ini sudah tidak asing bagi kita. Pada teripang juga terdapat kandungan gizi yang sangat menyehatkan. Beberapa kandungan gizi tersebut antara lain seperti kolagen, omega 3 dan omega 6, 12 methyltetradecanoic acid, glucosamine, chondoritin serta mineral. Kandungan protein pada teripang dapat mencapai 82%, sedangkan lemaknya hanya 1,7% saja. Sehingga teripang dikatakan sangat menyehatkan.

Selain itu Teripang emas (Golden Stichoupus Variegatus) selain masuk dalam kategori teripang unggulan, juga merupakan salah satu spesies teripang yang paling istimewa. Keistimewaan teripang emas ini adalah dengan kandungan aktif Gamapeptide yang dimilikinya. Dimana kandungan aktif Gamapeptide ini hanya ada dan terdapat pada teripang emas (Golden Stichoupus Variegatus) saja dan tidak ditemukan pada spesies teripang manapun. Kandungan aktif Gamapeptide sendiri memiliki khasiat sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti :

  • Mampu menstabilkan emosi.
  • Mengurangi rasa sakit serta.
  • Mampu untuk mencegah inflamasi.
  • Mempercepat 3x penyembuhan luka luar dan dalam.
  • Mengaktifkan pertumbuhan dan mengaktifkan sel-sel.
  • Mampu memelihara sirkulasi darah agar tetap lancar.
  • Membuat kulit lebih muda dan meningkatkan kecantikan.

Manfaat Teripang Emas untuk Kesehatan

Sekarang ini, teripang emas telah banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan penyembuhan berbagai macam penyakit. Nah, penasaran dengan khasiat dari teripang emas ini? Berikut beberapa Manfaat Teripang Emas Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol merupakan zat yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Penumpukan lemak yang berlebihan dalam jangka waktu tertentu dapat menjadi kolesterol. Lemak ini bernama lipid. Kadar kolesterol yang meningkat dapat disebabkan karena faktor hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi makanan bersantan dan berlemak. Manfaat teripang yang pertama adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini disebabkan karena nutrisi yang terdapat pada teripang.

2. Mengobati penyakit diabetes melitus

Manfaat yang kedua dari teripang adalah untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes itu sendiri berasal dari glukosa yang berlebihan dalam darah. Penyebab utama diabetes sendiri adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang bersifat manis. Oleh sebab itu penyakit diabetes juga disebut dengan penyakit gula atau kencing manis. Di dalam teripang laut mengandung protein tinggi yakni mencapai 86,8% yang sangat baik untuk diberikan pada penderita diabetes melitus. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hormon insulin inilah yang dapat mengontrol kadar gula yang berlebihan didalam tubuh.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Teripang juga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan antibodi pada teripang dapat mengaktifkan daya tahan tubuh manusia. Sehingga dengan adanya daya tahan tersebut, tubuh tidak mudah terserang oleh berbagai macam jenis penyakit.

4. Menutrisikan tulang dan kulit

Menurut Prof. Dr. Ridzwan Hashim dari Universitas Kebangsaan Malaysia, teripang mengandung 86,8% protein. Protein teripang mudah diuraikan oleh enzim pepsin. Dari jumlah itu sekitar 80,0% berupa kolagen yang berguna sebagai pengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan kulit. Dalam pertumbuhan tulang, suplemen kalsium saja tidak cukup, karena tulang terdiri dari kalsium fosfat dan kolagen sebagai pengisi. Tanpa kolagen tulang menjadi rapuh dan mudah pecah seperti kaca. Sebaliknya bila tanpa kalsium, akan mudah keropos atau osteoporosis bahkan kenyal seperti karet.

5. Menurunkan resiko penyakit jantung

Manfaat teripang emas berikutnya adalah dapat menurunkan resiko penyakit jantung, dimana Kandungan asam docosahexanat atau DHA pada teripang dapat menurunkan trigliserida darah yang menyebabkan penyakit jantung. Kandungan DHA yang terdapat pada teripang sekitar 3,69%. Jadi mengkonsumsi teripang sangat membantu bagi mereka yang memiliki masalah pada jantung. Bagi Anda, mengkonsumsi teripang juga dapat menghindarkan resiko dari masalah penyakit jantung.

6. Mempercepat penyembuhkan luka

Manfaat Teripang emas dalam bentuk obat dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan, baik luka pada permukaan kulit maupun kerusakan di dalam tubuh, misalnya luka pada usus. Selain dalam bentuk tablet, teripang dapat dioleskan langsung untuk membantu membentuk jaringan baru yang rusak karena luka.

Khasiat teripang emas lainnya yaitu:

7. Mengurangi rasa sakit dan gatal pada kulit
8. Melancarkan peredaran darah
9. Mengobati penyakit maag
10. Menyembuhkan penyakit asma kronis
11. Menjaga kesehatan kulit
12. Membersihkan organ hati dari racun

Sekarang ini ekstrak teripang sudah dapat didapatkan dengan bentuk kemasan. Selain memudahkan mengkonsumsi teripang juga menjaga kehigenisannya. Teripang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang menyehatkan.

Itulah beberapa manfaat teripang emas bagi kesehatan tubuh dan pengobatan penyakit. Demikianlah semoga artikel singkat ini berguna dan menambah wawasan kita semua.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *