12 Manfaat Temulawak bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Ada cukup banyak Manfaat Temulawak bagi kesehatan. Tumbuhan yang mirip dengan kunyit ini sudah dikenal sejak dulu sebagai obat tradisional khas Indonesia. Dan dalam pengobatan Cina Tradisional Temulawak sudah terbukri khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan dan mengatasi sejumlah penyakit melancarkan pencernaan, mengatasi gangguan ginjal, menurunkan kolesterol dan lain sebagainya.

Manfaat Temu Lawak bagi Kesehatan

Temulawak atau yang dikenal dengan nama Cucurma xanthorrhiza merupakan tumbuhan obat yang termasuk kedalam suku temu-temuan. Tumbuhan temulawak ini berasal dari Indonesia, khususnya pulau Jawa. Pada dasarnya temulawak dijadikan sebuah obat tradisional untuk mengatasi beberapa macam penyakit. Tanaman ini dapat tumbuh sumbur ditempat yang teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Bagian yang dapat dimanfaatkan dari temulawak adalah bagian umbinya. Bentuk temulawak ini cukup besar dibandingkan dengan kunyit, jahe atau lengkuas. Rimpang temulawak yang sudah tua akan berwarna kekuning-kuningan. Aroma khas dari temulawak ini harum dan disukai oleh pecinta aroma terapi. Tanaman ini juga mengandung minyak atsiri.

Temulawak adalah tanaman yang hampir tak memiliki musuh alias hama. Tanaman ini menghasilkan antijamur, ia tak akan terkena jamur karena temulawak sendiri menghasilkan jamur. Temulawak memiliki sifat anti-inflamasi, anti-peradangan, anti-bakteri, anti-kolesterol dan anti-hepatototksik. Selain itu anti patelet agregasi atau pembekuan darah yang bisa menyebabkan stroke juga terdapat pada temulawak. Baca juga: 15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan tubuh

Kandungan yang terdapat dalam Temulawak

Dalam temulawak juga terdapat kandungan pati, protein, abu, serat, kurkumin, phelandren, turmerol, sineal, kamfer dan xanthorrizol. Kandungan phelandren ini berfungsi membantu melancarkan pengeluaran toksin didalam tubuh melalui air seni. Dengan kandungan nutrisi tersebut, maka temulawak memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Nah, apa saja manfaat dari temulawak?

Manfaat Temulawak bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang manfaat temulawak bagi Kesehatan dan cara pengolahannya, antara lain:

1. Anti inflamasi

Radang sendi akibat kekurangan vitamin sering sekali dialami seseorang. Kandungan kurkumin dalam temulawak sama dengan 100 mg fenibutazon yang mengurangi radang sendi dan nyeri.Sifat anti inflasmi atau anti radang ini terdapat pada temulawak. Sehingga dengan mengkonsumsi temulawak, maka peradangan ini dapat diatasi.

2. Meningkatkan nafsu makan

Sudah sering hal ini didengar. Kebiasaan orang tua memberikan jamu temulawak ini berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Umumnya yang diberikan jamu temulawak bagi mereka yang sulit makan atau yang terlalu kurus.

3. Menjaga fungsi hati

Pada temulawak juga terdapat kandungan katagoga yang memiliki manfaat dalam menjaga fungsi hati. Katagoga memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan empedu. Dalam kondisi ini, hati akan tetap terjaga kesehatannya.

4. Mengatasi gangguan ginjal

Selain menjaga fungsi hati, temulawak juga bermanfaat dalam mengatasi gangguan ginjal. Caranya dengan rebus 1 rimpang temulawak ukuran sedang, 5 daun kumis kucing, 10 lembar daun meniran dan gula batu secukupnya pada 1 liter air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa sekitar 800 ml. Setelah dingin, saring dan minum airnya 3 kali dalam sehari.

5. Menurunkan kolesterol

Lemak jahat atau kolesterol yang berada didalam tubuh jika menumpuk terus menerus dapat menimbulkan suatu masalah baru. Fraksi kurkuminoid pada temulawak merupakan ekstrak yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan dan dapat menurunkan kadar lemak dalam darah.

6. Mencegah kanker

Manfaat berikutnya dari temulawak adalah dapat mencegah kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2001 menemukan curcumin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Contohnya adalah kanker prostat yang sering dialami oleh kaum pria. Hal ini karena curcumin merupakan salah satu antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel-sel.

Baca juga: Manfaat Sere Bagi Kesehatan

7. Mengatasi bisul

Bisul ini terjadi akibat bakteri yang masuk kedal lapisan kulit, kemudian bersarang sehing menimbulkan benjolan yang mengandung nanah. Untuk mengatasi bisul dengan temulawak caranya rebus termulawak secukupnya yang telah dikupas dengan 2 gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu tambahkan 1 bulir asam jawa kedalam air rebusan. Biarkan hingga dingin, setelah itu saring dan minum airnya.

8. Melancarkan ASI

Bagi ibu yang menyusui, maka ASI merupakan hal terpenting untuk sang bayi. Jika ASI tidak lancar, maka akan menjadi masalah baginya. Melancarkan ASI dengan temulawak ini cukup mudah. Caranya dengan parut 20 gram temulawak yang sudah dikupas. Kemudian rebus dalam 300 cc air. Diamkan hingga mendidih dan tersisa sekitar 200 cc. Minum airnya 2 kali dalam sehari hingga ASI lancar kembali. Untuk menambahkan rasa maka dapat dicampurkan 2 sendok makan madu.

9. Menyembuhkan hepatitis

Penyakit hepatitis merupakan penyakit yang sangat menular. Penderita dapat menularkan penyakit ini melalui keringat atau air liur kepada orang lain. Untuk menyembuhkan hepatitis, maka rebus temulawak yang telah diiris-iris pada 1/2 liter air. Setelah itu tambahkan gula aren secukupnya untuk menambahkan rasa. Rebus hingga tersisa setengahnya. Minumlah jamu ini 2 kali sehari sesudah atau sebelum makan.

10. Melancarkan pencernaan

Temulawak merupakan obat herbal untuk mengatasi masalah pencernaan. Sistem pencernaan agar dapat bekerja secara optimal, maka perlu mengkonsumsi temulawak. Zat yang terkandung pada temulawak dapat membantu proses pencernaan makanan sehingga mengatasi masalaha pencernaan, kembung dan masalah pembuangan gas.

11. Menyehatkan jantung

temulawak atau yang juga disebut curcuma ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat temulawak untuk kesehatan jantung ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Temulawak memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

12. Mengatasi penyakit maag

Maag dapat timbul akibat mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam. Bisa juga naiknya asam lambung yang berlebihan ini kemudian timbul maag.Untuk mengatasi penyakit maag maka rebus temulawak yang sudah diiris dalam 1 liter air. Diamkan hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan minum airnya 3 kali setiap hari hingga maag sembuh.

Infromasi tersebut merupakan beberapa manfaat dari temulawak untuk kesehatan dan cara pengolahannya. Mengkonsumsi temulawak ini juga harus secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan temulawak dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping. Salah satu efek sampingnya adalah iritasi pada lambung. Demikianlah artikel tentang manfaat dari temulawak, semoga menambah wawasan Anda.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *