14+ Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Diet dan Wajah

Teh hijau memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan teh hijau juga berkhasiat untuk diet menurunkan berat badan dan kecantikan kulit wajah. Dengan manfaat teh hijau yang luar biasa tidak heran jika banyak kemudian mengkonsumsi teh hijau sebagai minuman sehat.

14+ Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Diet dan Wajah

Sejak 5 abad sebelum Masehi, penduduk China, Jepang dan Hong Kong adalah negara-negara yang paling banyak menyeduh teh dari seduhan daun tanaman teh (Camellia sinensis). Daun teh dipetik langsung dari kebun kemudian sebelum diseduh daun teh tersebut telah diproses agar mencegah oksidasi dengan cara pemanasan.

Di Jepang teh hijau adalah minuman paling banyak diminati setelah air tawar, karena itu banyak pengusaha yang sukses besar hanya dengan membuka usaha kedai teh hijau sederhana. Penduduk asli Jepang menjuluki teh hijau sebagai “ocha”, mendengar kata tersebut tentu Anda pernah dengar dari salah satu iklan di Televisi.

Manfaat Mengkonsumsi Teh Hijau

Dibalik kehangatan dan kesegaran dari segelas teh hijau, ternyata terdapat banyak keistimewaan yang menjadikan teh ini selalu diminati konsumen. Yang mendominasi keistimewaan dari teh hijau atau green tea ini hanya dua, pertama kandungan dan kedua adalah khasiatnya bagi kesehatan ataupun kecantikan.

Terdapat antioksidan kuat seperti polifenol dan fitokimia yang merupakan senyawa pemberi rasa pahit pada teh hijau. Dikutip dari Majalah Kesehata, ada 4 polifenol utama yang ditemukan dalam daun teh yaitu EGCG (epigallocatechin gallate), EGC (epigallocatechin), ECG (epicatechin gallate) dan EC (epicatechin).

Sedangkan khasiat yang diberikan dari teh hijau untuk tubuh tidak lain sebagai pelengkap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Berikut ini adalah 14 manfaat teh hijau untuk kesehatan, diet menurunkan berat badan serta kecantikan wajah. Baca juga: Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk pengobatan

#. Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Khasiat mengkonsumsi teh hijau dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Adapun manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh, sebagai berikut:

1. Memperkecil Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Kanker Kolorektal

Berdasarkan penelitian di Jepang, orang yang minum 7 gelas teh hijau setiap harinya dapat membantu memperpanjang usia dari kematian akibat penyakit jantung dan kanker kolorektal. Kemampuan teh hijau ini disebutkan oleh para ahli karena dalam teh hijau terdapat kadar polifenol tinggi (30 – 40%) daripada teh hitam yang hanya 3 – 10%.

Penelitian tersebut mengevaluasi 12.251 orang dewasa yang berusia 65 hingga 84 tahun. Pada akhirnya para peneliti mengetahui, mereka yang dalam sehari minum minimal 7 cangkir teh hijau dapat menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung hingga 75% dan risiko terkena kanker kolorektal sebesar 31% dibanding mereka yang lebih sedikit minum teh hijau.

2. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Kolesterol adalah penyakit yang tanda-tandanya bisa dengan jari-jari yang terasa kaku bahkan mati rasa. Dari sebuah riset di Jepang terlahir kabar bahwa L-thanine dari teh hijau dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi sampai pada tekanan darah normal.

Kabar ini berlanjut setelah ditemukannya kehebatan theanine lain dalam menurunkan kadar kolesterol, dan memperbanyak kadar HDL (kolesterol baik) dan mencegahnya berubah jadi LDL akibat oksidasi.

3. Meredakan Stres dan Depresi

Teh hijau mengandung kafein dalam jumlah yang sedikit. Tentu Anda tahu kalau kafein yang biasa ditemukan dalam kopi dan teh dapat menenangkan pikiran. Hal tersebut sama percis dengan teh hijau, hanya saja karena terbantu dengan theanine membuat teh hijau mampu menyeimbangkan efek stimulasi kafein pada sisem sarah.

Tubuh akan merasa tenang dan rileks selama 30 hingga 40 menit sehabis konsumsi teh hijau dengan dua mekanisme. Pertama, kandungan theanine akan merangsang aktivitas listrik pada otak untuk menghasilkan gelombang alfa di otak. Hal ini menimbulkan reaksi berupa rasa tenang dan kewaspadaan mental sama yang sama jika melakukan meditasi. Setelah itu, theanine akan mempengaruhi hormon dopamin pada otak agar tercipta perasaan sejahtera dan rileks.

4. Meningkatkan fungsi otak

Bahan aktif dalam teh hijau yakni kafein berguna untuk mendukung fungsi otak. Sebabnya saat kafein masuk ke dalam otak, maka kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine. Dengan cara ini, terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Hasilnya, fungsi otak akan meningkat.

Baca juga: Khasiat Tanaman Jarak untuk Pengobatan

#. Manfaat teh hijau untuk diet

Bagi kamu yang sedang menderita kegemukan, ternyata minum teh hijau secara teratur akan membantumu untuk menurunkan berat badan secara alami dan perlahan lho. Ini dia buktinya.

1. Membantu memobilisasi lemak dari sel lemak

Manfaat teh hijau yang pertama untuk penurunan berat badan adalah memindah lemak yang ada di dalam sel lemak. Sebab untuk membakar lemak, hal pertama yang harus terjadi adalah memecah sel lemak untuk kemudian dipindahkan ke aliran darah. Proses ini bisa kamu dapatkan dari minum teh hijau sebab minuman ini mengandung senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein.

2. Meningkatkan pembakaran lemak

Kamu ingin lemakmu yang dibakar lebih banyak, terutama saat olahraga? Minumlah teh hijau. Ya, manfaat teh hijau lainnya adalah untuk meningkatkan jumlah lemak yang dibakar ketika kamu sedang olahraga. Hal ini terlihat dari penelitian yang membuktikan bahwa orang yang minum teh hijau sebelum olahraga membakar 17% lemak lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau.

3. Menghilangkan lemak abdominal

Lemak abdominal adalah jenis lemak yang bersarang di bawah kulit dan bersifat berbahaya. Sebab lemak ini terkait dengan munculnya peradangan dalam tubuh, resistensi insulin, dan penyakit jantung. Beberapa penelitian menemukan bahwa rutin minum teh hijau berguna untuk membakar lemak ini secara signifikan.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Agar penurunan berat badan yang kamu jalani bisa berlangsung sukses, maka kamu perlu memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik. Dan kamu bisa mencapainya secara alami dengan bantuan teh hijau.

5. Membantu Mengontrol Konsumsi kalori

Manfaat teh hijau lainnya untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi nafsu makanmu. Sebab salah satu rahasia agar penurunan berat badan ini bisa berlangsung maksimal adalah kamu harus mengontrol jumlah kalori yang kamu konsumsi.

#. Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Selain untuk kesehatan dan diet menurunkan berat badan, teh hijau juga memiliki manfaat untuk wajah. Ada beberapa khasiat dan manfaat teh hijau untuk wajah sebagai berikut:

1. Mempercantik kulit wajah

Manfaat teh hijau yang utama untuk kacantikan wajah adalah bisa mempercantik kulit. Sebuah penelitian di tahun 2003 yang dilakukan oleh Medical College of Georgia menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau akan mengeluarkan racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, mengurangi peradangan, dan bahkan meningkatkan elastisitas kulit.

2. Mencegah penuaan Dini

Manfaat teh hijau lain adalah mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung polifenol yang membantu untuk menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan signifikan di kulit dan mempercepat terjadinya proses penyaan.

3. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam

Kandungan antioksidan dan tanin memberi manfaat teh hijau untuk mengobati mata yang bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat alami ini membantu untuk menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang gilirannya mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

4. Bisa berfungsi sebagai toner kulit

Ternyata kamu bisa memanfaatkan teh hijau sebagai toner kulit, lho. Ya, manfaat teh hijau lainnya untuk kecantikan kulitmu adalah mampu menarik kotoran yang tertinggal di kulit, memperkecil pori-pori, dan menghidrasi kulitmu.

5. Mengobati jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau menjadikan teh ini berguna untuk mengobati jerawat. Sebabnya katekin bersifat anti bakteri, membantu mengatur ketidakseimbangan hormon, dan anti inflamasi yang jadi penyebab timbulnya jerawat. Bahkan sebuah penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam ournal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

Manfaat teh hijau lain yang bisa Anda dapatkan seperti meningkatkan konsentrasi belajar, membunuh sel kanker dalam tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, EGC yang merangsang enzim pendorong pertumbuhan tulang, dan memperkecil angka kematian wanita akibat kanker usus.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat teh hijau untuk kesehatan, diet dan wajah. Jadi, setelah mengetahui khasiat dan manfaatnya mulai sekarang gantilah teh anda dengan teh hijau agar hidup lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *