Manfaat Shalat Dhuha Yang Menakjubkan

By Admin | manfaat

manfaat sholat dhuha yang menakjubkan

Waktu Dhuha merupakan waktu yang sangat mulia. Mengenai hal ini, Anda bisa saksikan dalam Al-Qur’an Al-Karim, yaitu Allah Swt bersumpah dengan waktu Dhuha, dan salah satu suratnya bernama surat Dhuha.
Allah berfirman: “Demi waktu matahari sepengalahan naik.” (Adh-Dhuha:1).

Rasulullah Saw bersabda: “sholat Dhuha itu mendatangkan rezeki dan menghilangkan kekafiran.” (terdapat dalam kitab An-Nurain Fi Islah Ad Darain)


Salah satu manfaat sholat Dhuha yang menakjubkan dan mungkin juga kebanyakan dari kita belum mengetahui akan hal ini, diantaranya dengan menunaikan sholat Dhuha Anda akan mendapatkan pahala sebanding dengan dengan pahala orang yang berangkat ke Masjidil Haram untuk menunaikan haji dan umrah.

Akan tetapi, jangan salah mengartikan, ini bukan bermaksud Anda tidak perlu berhaji lagi jikalau sudah menunaikan sholat Dhuha. Hanya saja, pahala yang Anda dapatkan sama dengan pahala orang-orang yang berangkat kesana.

Selain manfaat/fadhilah diatas, ada beberapa manfaat sholat Dhuha yang menakjubkan lainnya yang bisa Anda dapatkan, diantaranya ssebagai berikut:

1. Terjaga dari keburukan

Ketika Anda mengerjakan sholat Dhuha, maka Allah Swt akan menjamin keamanan hidup Anda pada hari itu dan menjauhkan Anda dari segala bentuk keburukan.

Allah Swt berfirman dalam hadits Qudsi: “Wahai anak Adam, cukupkanlah bagi-Ku di awal siang dengan empat rakaat, maka Aku akan mencukupkanmu dengannya pada sisa harinya.” (H.R. Imam Ahmad)

2. Termasuk kedalam salah satu golongan orang yang bertobat

Orang yang layak mendapatkan rezki Allah Swt adalah orang yang selalu menaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, karena Dia hanya mewariskan bumi ini dan seisinya kepada orang-orang yang beriman. Jikalau ia melakukan maksiat atau kesalahan, maka ia segera menghampiri Allah Swt untuk mengakui kesalahannya dan memohon ampunan-Nya. Nah, ketika Anda mengerjakan sholat Dhuha, maka itu adalah bukti bahwa Anda adalah bagian dari para hamba-Nya yang bertaubat.

3. Mendapatkan pintu khusus di surga kelak

Rasulullah Saw bersabda: “Di surga itu ada pintu yang dikenal dengan nama Dhuha. Pada hari kiamat kelak, berserulah sebuah seruanm ‘Manakah orang-orang yang konsisiten menjalankan sholat Dhuha, ini adalah pintu kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Swt’”. (H.R. Ath-Thabrany)

4. Setiap rakaat sholat Dhuha memiliki kedudukan yang mulia

Jumlah rakaat sholt Dhuha yang Anda jalankan akan menentukan kedudukan Anda disisi Allah Swt. jikalau Anda menjalankannya dua rakaat, maka Anda akan mendapatkan gelar yang sesuai dengan jumlah itu. Begitu juga seterusnya, semakin banyak rakaat yang Anda kerjakan, maka semakin tinggi kedudukan Anda di hadapan-Nya.

5. Di ampuni dosa-dosanya

Jikalau Anda mampu menjaga sholat Dhuha ini, maka dosa-dosa yang pernah Anda lakukan akan diampuni oleh Allah Swt. sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sholat ini adalah sholat orang-orang bertaubat yang mengharapkan pengampunan-Nya.

6. Menggantikan sedekah setiap persendian tubuh

Rasulullah Saw bersabda: “Dalam diri manusia itu ada tiga ratus enam puluh persendian, dan setiap persendian itu ada kewajiban sedekahnya.” Para sahabat bertanya, “siapakah yang mampu melakukannya wahai Rasulullah Saw.” Beliau menjawab, “Orang yang mengubur dahak di Mesjid ke dalam tanah, dan orang yang menyingkirkan sesuatu dari jalanan. Jikalau tidak mampu, maka dua rakaat Dhuha cukup untuk menggantikannya.” (H.R. Imam Ahmad dan Abu Daud)

7. Menjalankan wasiat Rasulullah Saw

Jikalau Anda mengerjakan sholat Dhuha, maka Anda sudah menjalankan wasiat Rasulullah Saw yang merupakan kewajiban setiap umatnya untuk mengikuti perintahnya dalam sunnah-sunnahnya.
Nah, sekarang Anda sudah tahukan bahwa manfaat sholat Dhuha yang menakjubkan tersebut memang benar adanya. Dan bayangkan saja jika Anda menjalankannya, selai mendapat kebahagian didunia Anda juga akan mendapatkan kebahagian akherat.

Related Pos :