Manfaat Sereh atau Serai Bagi Kesehatan

Manfaat Sereh atau serai tidak hanya sebagai bumbu masak saja, tetapi serai juga memiliki banyak khasiat mengobati dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Batang dan daun sereh bisa digunakan untuk membuat ramuan tradisional. Apa saja manfaat batang dan daun sereh untuk kesehatan? simak ulasan lengkapnya yuk!

Manfaat Sereh bagi kesehatan

Sereh atau serai merupakan tumbuhan yang tergolong dalam suku rumput-rumputan. Pemanfaatan sereh ini sebagai bumbu dapur yang mengharumkan masakan. Dalam bahasa latinnya sereh atau serai dikenal dengan nama Cymbopogon nardus L. Tanaman ini memiliki aroma wangi yang khas. Maka tidak jarang telah banyak produk kecantikan yang menggunakan sereh sebagai bahan dasarnya. Tanaman sereh ini dapat ditemukan didaerah Bogor. Ada sumber yang mengatakan bahwa pada tahun 1899 tanaman sereh wangi jenis Mahapengiri berasal dari Srilangka. Pada serah yang dapat dimanfaatkan adalah bagian batangnya. Bentuk batangnya mengembung dan terdapat seperti umbi kecil.

Kandungan yang Terdapat pada Serai / Sereh

Memanfaatkan sereh atau serai ini ternyata cukup mudah. Bisa diiris tipis-tipis atau juga bisa dikeprek. Pada serai atau sereh juga terdapat beberapa kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh. Contohnya seperti sitrat, sitronelol, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, a-pinen, kamfen, terpinol, sitronelal, borneol dan geraniol. Pada sereh juga terdapat kandungan minyak atsiri.

Dari kandungan nutrisi tersebut ada manfaat tersembunyi yang belum diketahui oleh masyarakat. Apa saja khasiat dan manfaat daun sereh untuk kesehatan? Simak penjelasan lengkap dibawah ini. Baca juga: Manfaat Daun Pandan Untuk Kecantikan

Manfaat Sereh atau Serai bagi Kesehatan

Berikut adalah ulasan tentang khasiat dan manfaat dari batang dan daun sereh atau serai bagi kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi hipertensi

Manfaat pertama yang diperoleh dari daun sereh ini adalah untuk mengatasi hipertensi. Hipertensi juga dikenal dengan tekanan darah tinggi. Kandungan potassium yang terdapat pada sereh inilah yang dapat membantu dalam menurukan tekanan darah yang berlebihan.

2. Mengatasi sakit perut

Ternyata sereh juga dipercaya dapat mengatasi sakit perut. Sebuah penelitian mengatakan bahwa minyak atsiri pada sereh memiliki sifat anti-mikroba dan anti-bakteri. Sehingga sereh sangat bermanfaat dalam mencegah gangguan gastro intestinal seperti ulkus lambung. Selain itu, minyak atsiri tersebut juga dapat memperbaiki sistem pencernaan.

3. Mencegah kanker

Manfaat berikutnya dari sereh ini adalah untuk mencegah penyakit kanker. Setiap batang sereh mengandung antioksidan yang dapat mematikal sel-sel penyebab kanker. Pada tubuh manusia, sel kanker sudah ada akan tetapi belum aktif.

4. Mengatasi insomnia

Masalah insomnia mungkin pernah Anda alami. Insomnia itu sendiri merupakan gangguan tidur, sehingga seseorang yang terserang insomnia sulit tidur pulas. Untuk mengatasi insomnia ini dapat dilakukan dengan meminum air rebusan sereh sebanyak 100 ml. Senyawa pada sereh akan merelaksasikan otot-otot syaraf tubuh.

5. Mengurangi kadar kolesterol

Sereh juga dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol. Pada daun sereh terdapat senyawa anti-kolesterol yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus serta oksidasi kolesterol jahat. Sehingga Anda dapat terhindar dari masalah plak pada aterosklerotik.

6. Mengobati anemia

Manfaat selanjutnya dari sereh ini adalah untuk mengobati anemia. Seseorang yang kekurang sel darah merah dalam jumlah tertentu dapat dinyatakan terkena anemia. Kandungan zat besi pada sereh ini sangat ampuh dalam mengobati anemia. Zat besi merupakan unsur terpenting tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

7. Mengobati rematik

Sereh juga dipercaya untuk mengobati rematik. Rematik merupakan masalah yang menyerang tubuh, seperti pada persendian. Akibatnya ketika menggerakkan tubuh terasa nyeri dan sakit. Pengobatan ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi air rebusan sereh secukupnya. Bisa juga merendam bagian yang rematik pada air sereh, seperti tangan atau kaki.

8. Mencegah diabetes type 2

Sereh telah terbukti bermanfaat untuk mengobati diabetes tipe 2. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa serai dapat membantu menjaga tingkat insulin dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh. Sehingga kadar gula dalam darah menjadi normal kembali.

9. Mengatasi bau badan

Ternyata sereh juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Pada umumnya sudah menjadi bentuk deodoran. Sifat pembersih dan anti-bakteri ini yang akan menghilangkan bau badan. Air rebusan sereh juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki.

10. Mencegah obesitas

Serai juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan yang berlebih dan mencegah obesitas. Berat badan yang berlebihan merupakan suatu masalah baru bagi penderitanya, salah satunya adalah obesitas. Sereh mengandung citral yang telah terbukti efektif untuk mengatasi obesitas. Hal ini akan mencegah akumulasi lemak dalam perut, dan mempromosikan penggunaan energi yang tersimpan, sehingga membantu mencegah kenaikan berat badan. Sereh membantu metabolisme tubuh serta meningkatkan oksidasi lemak dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan menggunakan sereh. Meskipun sereh termasuk herbal, maka dalam menggunakannya juga perlu diperhatikan. Ketika menggunakan minyak sereh, terutama pada ibu hamil harus berkonsultasi terlebih dahulu. Hal ini ditakutkan sereh mengakibatkan reaksi alergi pada orang tertentu. Demikianlah artikel tentang manfaat sereh bagi kesehatan, semoga menambah wawasan Anda.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *