Manfaat Serat Buah Naga Untuk Mencegah Kegemukan (Obesitas)

By Admin | kesehatan, manfaat

Obesitas tidak hanya membuat tampilan tubuh menjadi jelek (tambun), tetapi juga dapat menimbulkan berbagai penyakit kematian. Namun, bagi Anda yang mengalami obesitas, Anda tidak perlu khawatir karena obesitas masih bisa diobati dan dicegah.

Bagaimanakah cara mencegahnya?

Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi kegemukan (obesitas) adalah menerapkan pola makan sehat. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda memperbanyak konsumsi serat. Buah naga dapat menjadi pilihan alternative makanan yang dapat mencegah dan mengatasi obesitas karena buah naga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, buah naga jugatelah diteliti dan terbukti dapat menjaga berat badan ideal (dalam arti mencegah obesitas).


manfaat serat buah naga untuk mencegah kegemukan (obesitas)

Serat dapat menghambat proses penyerapan lemak dan membantu mengurangi asupan kalori. Jika Anda memilih makanan yang kaya serat maka ini akan menciptakan rasa kenyang lebih cepat. Konsumsi serat mengakibatkan pelepasan cholecystokinin yang merupakan hormone yang diproduksi oleh usus kecil yang memicu perasaan kenyang pada otak. Akibatnya, Anda akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih sedikit.

Selain buah naga, mengkonsumsi sayur-sayuran dengan nasi atau pasta dapat membantu Anda mengontrol porsi makanan. Terkait itu, Journal of Nutrition pada April 1997 menunjukan bahwa semakin banyak konsumsi serat, semakin tinggi pula porsi lemak makanan yang terbuang saat buanga air besar. Hal ini menunjukan bahwa kandungan lemak tersebut terbuang dan tidak diserap oleh tubuh.

Bagi Anda yang mempunyai masalah berat badan berlebih (obesitas), mengkonsumsi serat mungkin bisa membantu. Makanan yang kaya serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena proses pencernaannya lebih lama, dan biasanya makanan tersebut mengandung kalori yang lebih sedikit persatuan beratnya.

Jika Anda makan nasi semangkuk, mungkin Anda akan sekenyang makan sayur brokoli semangkuk. Akan tetapi, semangkuk brokoli mengandung kalori yang jauh lebih sedikit dibandingkan nasi, apalagi bila dibandingkan degan makanan kue tart, es krim, dan makanan yang kaya lemak lainnya yang memiliki densitas kalori lebih tinggi persatuan beratnya.

Jadi, untuk mencegah obesitas, Anda harus mengkonsumsi makanan yang tinggi serat. Dan, salah satu makanan yang tinggi serat yang menyehatkan dan dapat mencegah berbagai macam penyakit adalah buah naga. Inilah salah satu manfaat terdasyat dari buah naga.

Oleh karena itu, jadikanlah buah naga sebagai menu sehari-hari, selain menu-menu sehat lainnya Anda juga bisa menjadikan buah naga sebagai hidangan buah diatas meja makan dan dikonsumsi sebagai pencuci mulut.

Related Pos :