Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Kandungan Gizinya

Anda tentu tidak asing dengan buah mentimun karena seringkali kita menemukannya dimeja makan sebagai lalapan. Namun, tahukan anda kalau didalam mentimun terdapat berbagai kandungan gizi yang memiliki banyak sekali Manfaat Mentimun untuk kesehatan dan kecantikan. Yes, itulah yang akan admin bahas pada kesempatan kali ini.

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mentimun/Ketimun/Timun (Cucumis sativus) merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya digunakan untuk lalapan untuk makan terutama makanan Sunda. Mentimun dikenal juga dengan sebutan timun atau ketimun. Sementara Orang Sunda sendiri meyebutnya Bonteng. Kandungan jenis air yang cukup, mampu memberikan kesan menyejukkan. Memiliki nama latin Cucumis sativus L., tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan dari suku labu-labuan dan tanaman yang memiliki warna hijau ini berasal dari devisi Magnoliophyta.

Didalam buah mentimun terdapat berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Sehingga seringkali ketimun dijadikan sebagai obat dan masker kecantikan untuk menghaluskan serta melembabkan wajah. Nah, apa saja kandungan yang terdapat pada mentimun, serta manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan, berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan Gizi Mentimun

Mentimun yang mudah untuk dibudidayakan ini, memiliki berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya yang dapat berguna untuk kesehatan dan juga kecantikan. Dalam 100 mg timun yang diteliti, ditemukan beberapa kandungan yang diantaranya yaitu:

  • Energy sekitar 15 kcal
  • Karbohidrat 3,63 gr
  • Protein sebesar 0.65 gr
  • Folat sebesar 7 mg
  • Kalsium sebesar 16 mg
  • Magnesium sebanyak 13 mg
  • Sodium dan kalium sebesar 2 mg dan 147 mg
  • Vitamin A, C, E, K masing-masing sebanyak 105 IU, 2.8 mg, 0.03 mg, 16.4 mg

Agar mendapatkan buah mentimun yang baik sehingga memiliki manfaat yang maksimal tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan kulit dan wajah, terdapat beberapa cara memilih dan menyimpan timun dengan benar.

Pertama adalah, pilih timun yang segar ketika memilih di supermarket atau di pasar, yang dapat ditandai dengan warna yang hijau terang dan memiliki tekstur yang tegas dan juga kokoh.

Kedua adalah, pilih timun yang tidak terdapat cacat dan sebaiknya tidak memilih timun yang terlalu matang yaitu timun yang berwarna kuning karena mengandung serat yang dapat mudah larut serta biji yang sudah keras.

Baca juga: Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Nama daerah: Bonteng, katimun (Sunda); timun, temon, antemon, boyuk (Jawa); Dimu, timu, kadingir, kariri, karere, daka, koto (Sumatra); Kimuni, ancimun, cimen, ansimun, melike, laiseu (Sumatra); Betiak, betik, lepang (Kalimantan), Suai, bojo (Sulawesi). Apa nama lain mentimun di daerahmu?

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Pengobatan

Tidak bisa dipungkiri mentimun memang sudah sejak lama dijadikan sebagai makanan yang bagus untuk kesehatan. Bahkan nenek moyang kita menjadikan timun ini sebagai ramuan tradisional untuk pengobatan penyakit tertentu. Berikut ini kami jabarkan mengenai manfaat mentimun untuk kesehatan dan pengobatan.

1. Diare pada anak

Untuk mengobati anak yang terkena diare, ambil 1 buah mentimun lalu dicuci, rebus, haluskan, saring. Airnya diberi madu dan diminum. Lakukan secara rutin agar diare anak anda cepat hilang.

2. Hipertensi

Untuk mengobati hipertensi, 2 mentimun dicuci, parut, peras. Minum airnya 2-3 kali sehari. Cara kedua, 150 gram mentimun direbus, saring, airnya diminum. Lakukan setiap hari secara teratur.

3. Mencegah penyakit ginjal

Bagi Anda yang megalami gejala-gejala penyakit ginjal, jangan dibiarkan. Lakukan pencegahan sedini mungkin dengan memanfaatkan buah mentimun. Caranya, ambil 3 buah mentimun lalu direbus hingga lunak, peras dan minum airnya 3 kali sehari. Makan juga ampasnya sebagai teman makan nasi.

4. Disentri

Disentri biasanya menyerang anak-anak karena mengkonsumsi makanan yang tercemar oleh sejenis amoeba, akibat jajan sembarangan. Namun jangan panik dulu, ambil 1-2 buah mentimun dicuci, potong-potong, rendam dalam madu. Makan beberapa kali.

5. Sariawan

Sariawan memang bukan penyakit mematikan, namun tidak boleh dibiarkan karena bisa jadi semakin parah dari hari ke hari. Ambil 1-2 mentimun tua dicuci, kupas, iris-iris. Makan agak banyak setiap hari. Lakukan secara rutin hingga sariawan hilang. Baca juga artikel khusus tentang cara mengobati sariawan.

6. Demam

Ambil 1 buah mentimun dicuci, parut, beri eau de cologne, lalu bungkus dengan saputangan, letakkan di atas kening penderita demam. Atau bisa juga parutan mentimun dipopokan di atas perut penderita demam.

7. Tifus/Tipes/Thypus

Penyakit lainnya yang bisa diobati dengan mentimun adalah tifus. Ini berkat salah satu khasiat dari mentimun yang bersifat mendinginkan perut. Caranya, parut dua buah mentimun ukuran sedang, kemudian airnya diperas dan diminum. Lakukan 3 kali sehari.

8. Radang ginjal

Sediakan 3 buah mentimun yang besar, dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air hingga empuk. Setelah dingin, peras airnya lalu diminum. Gejala radang ginjal antara lain demam, adanya darah dalam urine, ruam, mual dan muntah, kebingungan, kelelahan/mengantuk, turun atau naiknya volume urine, pembengkakan anggota tubuh tertentu, serta pertambahan berat akibat penumpukan cairan.

Manfaat Mentimun untuk Kecantikan

Pada dunia kecantikan, timun memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh semua orang yang menggunakan timun sebagai masker. Hal tersebut dikarenakan timun memiliki kandungan yang dpat mencegah radikal bebas sehingga akan terhindar dari kerusakan pada kulit.

adapun manfaat mentimun untuk kecantikan kulit yakni:

  • Mengatasi Jerawat
  • menghaluskan kulit wajah
  • menghilangkan noda hitam
  • Mencerahkan kulit wajah
  • Mengencangkan kulit wajah
  • Melembabkan kulit wajah

Cara Membuat Masker Mentimun

Untuk membuat masker mentimun tidaklah rumit hanya membutuhkan waktu singkat untuk meraciknya,berikut adalah langkah-langkah meracik masker mentimun:

  1. Siapkan 1-2 buah mentimun yang sudah matang
  2. Siapkan air jeruk nipis dan putih telur
  3. Cuci bersih mentimun tersebut agar kotoran yang terdapat pada kulitnya hilang
  4. Haluskan buah mentimun yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan blender
  5. Setelah itu, saringlah jus mentimun tersebut lalu buang ampasnya
  6. Tambahkan perasan air jeruk nipis pada jus mentimun tersebut lalu aduk rata
  7. Tambahkan sedikit putih telur ,lalu aduk hingga jus mentimun tersebut menjadi pasta
  8. Masker mentimun siap digunakan

Cara Menggunakan Masker Mentimun

Setelah kita selesai membahas mengenai cara pembuatan masker mentimun, sekarang kita akan membahas mengenai cara penggunaan masker tersebut.

  1. Yang pertama adalah anda dapat mencuci wajah anda dengan air hangat terlebih dahulu. Yang kedua mulailah membalurkan masker timun tersebut ke bagian wajah kita,pada bagian di bawah mata ada baiknya anda yang memiliki kantong mata tebal anda dapat mempertebal masker pada bagian itu.
  2. Selanjutnya biarkan masker tersebut meresap ke dalam pori-pori kulit wajah kita, diamkan sampai kurang lebih 15-20 menit.
  3. Setelah masker tersebut selesai digunakan bilaslah kembali wajah anda menggunakan air hangat yang dilanjutkan dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit wajah anda.
  4. Dan yang terakhir adalah lap wajah anda menggunakan handuk halus. Jangan sekali-kali menggosok wajah, cukup ditepuk-tepukkan saja agar air pada wajah meresap ke handuk. Untuk itu, gunakan handuk yang mampu menyerap air dengan baik.

Itulah beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan serta kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *