8 Manfaat Labu Siam bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Labu Siam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur yang renyah dan memiliki banyak kandungan air. Selain enak dimakan Labu siam ternyata kaya akan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat Labu siam bagi kesehatan? simak penjelasannya lengkapnya berikut ini.

8 Manfaat Labu Siam bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Labu siam sangat populer dengan nama manis. Buah yang berasal dari tanaman yang merambat dengan berpegangan di media sulur ulet ini memang sudah populer di Indonesia. Tanaman ini membutuhkan media tumbuh seperti tanah yang basah dan lembab, tumbuhnya bisa sangat cepat.

Tanaman labu siam sudah siap panen dalam kurun waktu 30 hari setelah adanya penyerbukan bunga. Dalam sekali panen sayuran ini mampu menghasilkan 150 buah di satu musim. Labu siam memiliki kulit yang sangat tipis dan berwarna hijau pucat, ia juga mempunyai alur vertikal yang berada di permukaan kulit. Banyak jenis lain yang berpermukaan penuh dengan duri yang runcing. Daging yang berada di dalam mempunyai warna putih.

Kandungan Gizi Labu Siam

Sayuran yang sering di olah dengan berbagai macam cara ini begitu digemari oleh para ibu, harganya yang relatif murah, ringan, dan segar. Ternyata ada satu lagi, ia mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting dan berguna untuk kesehatan tubuh. Labu siam memiliki kandungan nutrisi dan vitamin.

Dalam satu setengah cangkir terdapat 17% kebutuhan vitamin C, ia juga banyak mengandung vitamin seperti B kompleks, folat hingga 61 mcg, ribolavin, niacin, thiamin, hingga asam pantotenat. Kandungan yang lain seperti mineral terdapat mangan, zat besi, seng, fosfor. Karena banyaknya kandungan yang berada di dalam labu siam, tidak heran ia memiliki beragam manfaat.

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan tubuh

Dilansir dari rndhealthtips.com, ada beberapa manfaat labu siam yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, yakni sebagai berikut:

1. Menjaga kadar kolesterol

Labu siam memang karakteristiknya hampir sama dengan berbagai jenis labu yang lain. Sayuran ini mengandung kalori yang begitu rendah. Bahkan ia hanya memiliki kalori per 100 gramnya, dan tidak mengandung kolesterol.

Jika Anda memiliki kolesterol yang sering naik turun, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi labu siam. Banyak para ahli merekomendasikan labu siam ini bagi mereka yang ingin berdiet dengan menjaga kadar kolesterol.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan folat dalam labu siam sebanyak 23%, selain itu juga ada kandungan vitamin B yang cukup besar. Kandungan folat dan vitamin B akan membantu mengontrol asam amino dalam darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke.

Makan labu siam bisa membantu menstabilkan asam amino dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Menurunkan darah tinggi

Selain memberi nutrisi, ternyata labu siam juga memberi berbagai manfaat kesehatan, seperti penelitian yang dilakukan oleh universitas-universitas yang berada di luar negeri bahwa teh labu siam mampu menurunkan tekanan darah tinggi, hingga melarutkan batu ginjal. Teh yang mempunyai kandungan daging babi bersifat diuretik ringan, yang berguna mengobati sakit kembung.

4. Sangat Baik untuk Pencernaan

Labu siam seringkali dijadikan menu diet oleh sebagian besar orang. Ini karena labu siam kaya akan kandungan vitamin C dan serat yang baik untuk pencernaan dan sangat baik untuk membuang sisa-sisa pencernaan dalam tubuh.

Baca juga: 14 Manfaat Pare bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Sebagai Anti kanker

Labu siam memiliki kandungan zat antioksidan seperti luteolin, dan apigenin. Senyawa yang berada di dalamnya sangat bermanfaat sebagai pengikat radikal bebas yang sangat berbahaya di tubuh.

senyawa ini berperan di pembentukan kanker. Ia juga salah satu sumber antioksidan sangat baik sekitar 7,7 mg per 100 gram atau kurang lebih 13% dari kebutuhan harian.

6. Menjaga tiroid tetap sehat

Labu siam memiliki kandungan tembaga sebesar 6% dan ini sangat penting dalam membantu iodium dalam menjaga tiroid tetap sehat. Tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, suhu tubuh, denyut jantung, dan metabolisme.

Kekurangan tembaga tidak hanya memengaruhi tiroid, tapi juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti migrain, alergi, hingga perasaan tidak menentu dan depresi.

7. Membantu mengurangi risiko kram otot

Dalam buah labu siam terdapat Kandungan magnesium sebesar 3% yang bermanfaat sangat baik untuk kesehatan otot. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh yang kekurangan magnesium akan lebih mudah mengalami kram otot.

Lebih baik lagi jika labu siam hanya direbus saja karena akan menjaga nutrisinya dan tidak perlu dicampur dengan santan seperti saat membuat sambal goreng. Jadi, pastikan Anda dan keluarga Anda mengonsumsi labu siam ya!

8. Membantu mencegah jerawat

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kulit wajah berjerawat memiliki jumlah seng dalam tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berjerawat.

Mengonsumsi seng dan memenuhi kebutuhan seng dalam tubuh bisa mengurangi jerawat hingga 50%. Nah, Dalam buah labu siam terdapat Kandungan seng (zinc) cukup tinggi, yaitu sebesar 5%.

Saat Anda ingin mengolah labu siam, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Labu siam mempunyai kandungan lateks atau getah yang begitu banyak. Kandungan lateks ini bisa menyebabkan mati rasa dan kesemutan di tangan bila Anda terkena.

Cairan lengket yang satu ini mampu menyebabkan reaksi kontak anestesi yang bersifat sementara. Anda bisa meminimalkan efek ini dengan penggunaan sarung tangan pada saat pengupasan.

Hindari menyimpan di suhu ruangan. Anda bisa menyimpan labu siam di kantong kertas setelah itu masukkan dalam kulkas. Umumnya labu siam bisa di tanam antara 2 hingga 3 minggu.

Bila Anda memilih buah yang tua dan besar, ia akan cenderung lekas tumbuh jadi lebih baik sesegera mungkin dilakukan pengolahan. Saat pemilihan labu, usahakan memilih labu yang masih segar, dan tanpa kerutan.

Nah, itulah berbagai kandungan dan manfaat Labu Siam bagi kesehatan tubuh. Jadi, buat kamu yang tidak suka labu siam tidak ada salahnya sesekali mengkonsumsinya mengingat khasiatnya yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *