20 Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis sangat banyak bagi kesehatan. Bahkan tidak hanya untuk kesehatan kulit manggis juga memiliki manfaat untuk kecantikan dimana khasiat kulit manggis mampu mencerahkan kulit dan membuat awet muda. Jadi, tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat tetapi kulitnya juga mengandung banyak khasiat bagi kesehatan sehingga banyak digunakan sebagai ramuan tradisional.

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Kulit manggis dikenal karena memiliki khasiat yang sangat besar bagi tubuh manusia. Khasiat dari kulit manggis ini tidak berbeda jauh dengan khasiat daun sirsak, buah naga dan sebagainya. Sebelumnya harus mengenal terlebih dahulu apa itu manggis? Buah manggis ini tumbuh didaerah tropik seperti Indonesia. Pohonnya dapat tumbuh dengan tinggi 7 hingga 25 meter. Ciri khas dari buah manggis yakni berwarna merah keunguan. Buah manggis memiliki khasiat atau manfaat yang berguna bagi tubuh, begitu juga dengan kulit manggisnya. Pada kulit buah manggis terdapat kandungan senyawa kimia alami yang dimanfaatkan untuk pengobatan dan mencegah beberapa macam penyakit yang berakibat fatal.

Pengobatan berbagai penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan kulit manggis. Kandungan gizi yang terdapat pada kulit manggis ini seperti tanin, zat antioksidan, anti-kanker, anti-bakteri, anti-diabetes serta xanthone. Kulit manggis yang telah diolah akan menjadi ekstrak kulit manggis yang telah dikemas dalam bentuk kapsul. Dalam kulit manggis terdapat kandungan air (62.05%), karbohidrat (35.61%), protein (0.71%) serta lemak (0.63%). Dari beberapa kandungan tersebut, ternyata terdapat manfaat yang sangat besar dan berguna bagi tubuh. Nah, apa saja khasiat dari kulit manggis?

Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Kulit manggis memang memiliki banyak khasiat untuk pengobatan berbagai penyakit sehingga sekarang ini banyak sekali obat herbal dari bahan kulit manggis. Nah, bagi anda yang belum tahu apa saja khasiat dan manfaat kulit manggis bagi kesehatan, berikut penjelas lengkapnya:

1. Mengobati dan Mencegah Kanker

Kulit Manggis dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah penyakit kanker karena Dalam kulit manggis terdapat kandungan senyawa xanthone. Nah, senyawa ini bersifat anti proliferasi danapoptosis yang dapat memusnahkan sel kanker ataupun tumor.

2. Mengatasi Diare

Selama ini lebih familiar dengan daun jambu untuk mengatasi diare tetapi tahukah anda kalau kulit Manggis ternyata juga dapat mengatasi diare. Diare ini sering sekali menyerang seseorang akibat bakteri yang masuk kedalam tubuh. Akibatnya saluran pencernaan terjadi terganggu. Untuk mengatasi diare ini dapat mengkonsumsi ekstrak dari kulit manggis yang telah berbentuk menjadi kapsul.

3. Meredakan Diabetes

Manfaat Kulit Manggis juga dapat meredah Diabetes. Kadar gula yang berlebihan dalam darah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat menjadi berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes, jantung dan stroke. Kulit manggis adalah herbal ampuh yang dapat membantu menurunkan diabetes dengan mengurangi dan membawa kadar gula dalam darah melalui air seni.

Lihat Juga: Manfaat Buah Manggis Untuk Diabetes

4. Menangkal Radikal Bebas

Pada kulit manggis terdapat senyawa anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas masuk kedalam tubuh. Radikal bebas ini dapat masuk kedalam tubuh melalui udara, makanan atau minuman yang telah terkontaminasi dengan bakteri.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan pembunuh manusia yang terbanyak. Hal ini disebabkan karena daya kerja jantung tidak setabil dan terdapat kelainan pada jantung. Selain itu kesehatan jantung mencakup memperkuat pembuluh darah, mencegah arteriosclorsis, menurunkan tekanan darah tinggi serta menurunkan kolesterol jahat. Untuk mencegah penyakit jantung, maka konsumsilah ekstrak kulit manggis ini

6. Mengatasi Masalah Haid

Jika anda mengalami gangguan haid yang sering terjadi seperti rasa sakit yang teramat sangat. Telat datang bulan dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak teratur atau hanya sedikit ini sangat tidak sehat. Oleh sebab itu, cobalah olahan kulit manggis yang penting untuk melancakan haid Anda.

Manfaat kulit manggis lainnya, yaitu:

7. Dapat mengatasi keracunan makanan

8. Membantu menyembuhkan sariawan

9. Meringankan peradangan usus besar ataupun kecil

10.Mengurangi sakit gigi

11. Menurunkan demam

12. Mengurangi sakit kepala sebelah atau migran

13. Mengasai masalah insomnia

14. Mencegah infeksi sistem pernafasan dan paru-paru

15. Membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak

16. Memperbaiki kerusakan syaraf

17. Membantu meringankan penyakit wasir

18. Menurunkan penyakit asam lambung

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh dan pengobatan kulit manggis juga bermanfaat untuk kecantikan. Adapun manfaat kulit Manggis untuk Kecantikan sebagai berikut:

19. Mencegah Penuaan Dini

Khasiat berikutnya dari kulit manggis yaitu dapat mencegah penuaan dini atau membuat seseorang awet muda. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa dari kulit manggis yang mampu mencerahkan kulit. Kulit manggis mampu melakukan regenerasi sel kulit mati yang menjadi penyebab utama kulit terlihat kusam dan kering. Jadi, manfat kulita Manggis ini bisa untuk kecantikan.

20. Mengobati Jerawat

Kulit Manggis memiliki Kandungan anti peradangan sehingga dapat mengurangi jerawat pada wajah Anda dan mencegah pembentukan jerawat baru. tidak hanya itu di dalam kulit buah manggis memiliki kandungan anti-mikroba yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. bagi anda yang mengalami masalah jerawat bisa menggunakan kulit manggis untuk mengobatinya.

Lihat Juga: Khasiat Buah Naga Merah dan Putih bagi Kesehatan

Demikianlah dasyatnya khasiat dan manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh. Konsumsilah kulit manggis ini secukupnya agar tidak menimbulkan efek samping. Efek samping yang ditimbulkan ini tergolong ringan. Salah satunya adalah alergi pada kulit seperti memerah dan gatal. Selanjutnya dapat menimbulkan rasa pusing dan mual ketika dikonsumsi berlebihan. Kulit manggis yang dapat digunakan adalah bagian dalamnya yang berwarna merah tua. Cara mengambil kulit manggis ini dikeruk dengan menggunakan sendok kecil, kemudian diolah dengan cara direbus atau dikeringkan.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *