25 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Rambut dan Jerawat

Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan sangat banyak mulai dari untuk rambut, mengatasi jerawat, untuk diet, mengatasi maag dan lain sebagainya. Nah, bagi anda yang belum tahu apa saja khasiat jeruk nipis dan manfaatnya serta cara pengolahannya. simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal jeruk nipis. Jeruk nipis atau yang dikenal dengan jeruk limau merupakan jenis tumbuhan perdu yang dapat menghasilkan buah. Dalam bahasa ilmiahnya jeruk nipis disebut dengan Citrus aurantium. Jeruk ini dimanfaatkan dalam kebutuhan sehari-hari. Asal mula jeruk nipis berasal dari India Utara serta Asia Tenggara, kemudian menyebar luas ke seluruh dunia. Jeruk nipis ini banyak dimanfaatkan dalam masakan, minuman ataupun hidangan lainnya. Ciri khas dari jeruk nipis adalah buahnya bulat seperti telur dengan diameter sekitar 3-6 cm serta warna buah yang kehijauan atau kekuningan. Rasa dari jeruk nipis sangat asam dan memiliki aroma yang harum.


Kandungan yang Terdapat Pada Jeruk Nipis

Kandungan asam sitrat ini berkisar 7-8%, oleh sebab itu mengapa jeruk nipis ini rasanya asam. Ekstrak sari buah jeruk nipis berkisar 41% dari berat buah yang sudah matang. Setiap buah jeruk nipis ini mengandung kimia alami yang sangat baik bagi kebutuhan tubuh.

Berikut ini adalah tabel tentang kandungan kimia pada setiap 100 gram jeruk nipis, yaitu:

  • Air 86 gr
  • Protein 0,8 gr
  • Lemak 0,3 gr
  • Karbohidrat 12,3 gr
  • Kalsium 40 mgr
  • Fosfor 22 gr
  • Zat besi 0,6 mg
  • Vitamin B1 0,04 mg
  • Vitamin C 27 mg
  • Energi 150 kj
  • Asam askrobat 49 mg

Itulah beberapa kandungan dari jeruk nipis. Setiap kandungan yang ada pada jeruk nipis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan setiap orang. Dengan bentuk buah jeruk nipis yang kecil, tetapi memiliki manfaat yang sangat besar. Ingin tahu apa saja manfaat dari jeruk nipis ini bagi Kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini. Baca juga : 12 Manfaat Temu Lawak untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Berikut adalah penjelasan dari manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut, wajah berjerawat, diet, antara lain:

1. Menghilangkan Ketombe

Manfaat jeruk nipis untuk rambut yakni dapat menghilangkan ketombe. Kulit kepala selalu bermasalah dengan ketombe. Untuk membasmi ketombe ini sudah dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan menggunakan shampoo anti ketombe, akan tetapi ketombe masih ada. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan jeruk nipis. Cara pengolahannya gunakan air jeruk nipis pada kulit kepala, setelah itu diamkan sekitar 30 menit. Bilaslah dengan air kemudian gunakan shampoo untuk membersihkannya.

2. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Dengan kandungan vitamin C yang tinngi, maka jeruk nipis dikatakan sebagai desinfektan dan anti toksin yang kuat terhadap racun mikroba. Vitamin C juga membantu memperkuat pembuluh darah agar tidak mudah rapuh atau patah sehingga menyebabkan pendarahan kecil.

3. Mengobati Amandel

Manfaat berikutnya dari jeruk nipis yaitu mampu mengobati amandel. Amandel itu sendiri adalah pembengkakan pada jaringan limfoid didalam kerongkongan ujung lipatan belakang mulut yang disebabkan akibat kuman serta bakteri. Untuk mengobati amandel caranya dengan rebus 3 buah kulit jeruk nipis dengan 2 gelas air. Diamkan hingga tersisa 3/4 nya, kemudian saring dan minum airnya.

4. Menyembuhkan Infeksi Kemih

Pada jeruk nipis terdapat kandungan kalium yang berperan sebagai pelepas racun dan endapan yang terdapat pada kandung kemih. Oleh sebab itu jeruk nipis ini membantu membersihkan endapan serta zat asing yang berada pada kandung kemih.

5. Mengatasi Jerawat

Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi wajah berjerawat. Sering sekali pada wajah timbul jerawat yang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Untuk menghilangkan jerawat sangatlah mudah, tidak perlu menggunakan obat-obatan atau produk kecantikan lainnya. Cukup dengan menggunakan jeruk nipis.Caranya potong jeruk nipis menjadi 4 bagian. Gunakan salah satu bagiannya untuk wajah dengan mengoleskan sambil memeras jeruk nipis tersebut. Lakukan secara rutin, lama kelamaan jerawat akan hilang dengan sendirinya.

6. Manfaat Jeruk Nipis untuk Obat Batuk

Nah, jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat batuk tentunya sudah tidak asing lagi. Peras jeruk nipis secukupnya kemudian ditambahkan dengan sedikit kecap lalu diminum. Lakukan 2-3 kali dalam sehari agar batuk reda. Cara ini dapat meredakan batuk berdahak serta batuk kering yang tak kunjung sembuh.

7. Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengatasi Maag

Memang terdengar jarang untuk mengatasi maag dengan jeruk nipis. Setahu kita bahwa jika memiliki penyakit maag tidak boleh mengkonsumsi makanan yang asam dan pedas karena dapat memicu maag. Hal tersebut kurang tepat, karena jeruk nipis ini dapat mengatasi maag, caranya dengan peras 1 butir jeruk nipis kemudian tambahkan dengan sedikit air hangat. Minum airnya sebelum makan.

8. Meningkatkan Imunitas

Musim pancaroa atau perubahan cuaca yang tidak menentu sering sekali membuat daya tahan tubuh atau imun melemah. Untuk menguatkan imunitas maka dapat mengkonsumsi jeruk nipis. Kandungan vitamin C serta antioksidannya dapat meningkatkan imunitas. Dengan cara membuat minuman yang terbuat dari jeruk nipis atau teh yang dicampur dengan jeruk nipis.

9. Mengatasi Hipertensi

Kandungan kalium pada jeruk nipis ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengatasi hipertensi. Cara kerjaya dengan mengakitfkan sirkulasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Dengan membuat 1 gelas air putih hangat yang dicampur dengan 1 perasan jeruk nipis, maka sudah dapat mengatasi masalah hipertensi.

10. Mengurangi Kebiasaan Merokok

Jeruk Nipis memiliki manfaat untuk mengurangi kebiasaan merokok. Pada umumnya orang yang sudah kecanduan merokok akan sulit berhenti. Nah bagi mereka yang memiliki niat untuk berhenti merokok dapat menghisap seiris demi seiris jeruk nipis.

Baca Juga: Manfaat Serai bagi Kesehatan Tubuh

11. Mengatasi Ambeien

Salah satu penyakit yang sering dialami yaitu ambeien. Untuk mengatasi ambeien dengan jeruk nipis caranya dengan rebus 10 gram akar pohon jeruk nipis yang telah dicuci bersih. Rebus dalam 1 liter air semalam 30 menit. Setelah dingin, saring air dan diminum sehari 3 kali.

12. Melebatkan rambut

Manfaat jeruk nipis untuk untuk rambut yakni dapat melebatkan rambut yang tipis. Cara melebatkan rambut dengan jeruk nipis dengan membalurkan perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Diamkan hingga semalam, kemudian bilas dengan air bersih dan shampoo. Lakukan hingga rambut rontok berkurang.

13. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok ini merupakan masalah utama bagi kaum wanita dan pria. Nah, untuk mengatasi rambut rontok caranya dengan:

  • Sediakan 1 buah jeruk nipis, belah dua, peras dan ambil airnya.
  • Bakar merang padi secukupnya sampai menjadi abu.
  • Rendam abu merang pada air secukupnya selama semalaman, kemudian saring.
  • Setelah itu, padukan air rendaman abu merang dengan air jeruk nipis, kemudian basuh kulit kepala sembari dipijat.

14. Mengobati Asam Urat

Asam urat ini sering sekali menyerang seseorang, hal ini diakibatkan karena pola makan yang kurang sehat. Untuk mengobati serta melarutkan asam urat dapat menggunakan jeruk nipis. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis ini mampu melarutkan asam urat. Caranya dengan mengkonsumsi 1 gelas air hangat yang dicampur 1 buah perasan jeruk nipis dan diminum setiap pagi dan sore hari.

15. Melancarkan Pencernaan

Sering kali masalah pencernaan kambuh seperti maag, diare, sulit buang air besar dan sebagainya. Nah, untuk melancarkan pencernaan, ternyata dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dan ditambahkan dengan 1 gelas air hangat dan madu.

16. Menyeimbangkan pH Tubuh

pH merupakan ukuran keseimbangan asam dan basa didalam tubuh. Kondisi basa menunjukkan tubuh dalam kondisi sehat sedangkan asam atau acid menunjukkan tubuh dalam kondisi yang kurang sehat. Keadaaan normal ph yaitu 80% basa dan 20% asam. Untuk menyeimbangkannya maka cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis.

17. Mengontrol Gula Darah

Sering sekali jika kondisi gula darah yang berlebihan dapat menimbulkan suatu penyakit yang berbahaya. Oleh sebab itu untuk mengontrol dan menetralisir kadar gula dalam darah yang berlebihan dapat menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki glikemik rendah yang tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat. Disini jeruk nipis berperan dalam mengatur asupan gula tubuh ke sistem sirkulasi darah.

18. Menurunkan Berat Badan

Jika sedang diet, maka jeruk nipis dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi secangkir air jeruk nipis hangat, maka berat badan dapat menurun sedikit demi sedikit tanpa obat-obatan. Kandungan serta inilah yang membantu menurukan berat badan.

19. Menghilangkan Bau Badan

Masalah bau badan ini sering dialami oleh seseorang. Untuk mengurangi dan menghilangkan bau badan dapat melakukan oleskan kapur sirih pada daging jeruk nipis kemudian oleskan pada tubuh seperti ketiak, leher atau punggung. Diamkan selama 5-10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

20. Mencerahkan Kulit

Kulit jika terkena polusi, debu serta paparan sinar matahari dapat membuat warna kulit menjadi kusam dan kering. Untuk memulihkan keadaan kulit, maka dapat menggunakan jeruk nipis. Caranya dengan menggunakannya sebagai masker pada wajah serta mengoleskan jeruk nipis pada kulit. Dengan demikian kulit lebih cerah dan mengangkat noda pada kulit.

21. Mencegah Kanker

Jeruk nipis merupakan agen anti kanker yang dapat menurunkan risiko terserang kanker seperti leukimia, lambung, hati dan usus besar. Kandungan liminoid dalam jeruk nipis dapat melumpuhkan sel penyebab kanker yang juga berperan ketika menangkal radikal bebas dari dalam tubuh seperti aktivitas teh hijau.

22. Menigkatkan Penglihatan

Manfaat jeruk nipis untuk mata yakni mampu meningkatkan penglihatan. Senyawa antioksidan berupa vitamin C di dalam jeruk nipis mempunyai khasiat sebagai pelindung mata dari kerusakan, degenerasi, dan penuaan. Sedangkan flavonoid-nya memberi perlindungan terhadap mata dari iritasi dan infeksi. Fungsi lain dari jeruk nipis adalah obat sakit kepala akibat ketegangan mata, caranya dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis tersebut.

23. Mengatasi Menstruasi yang Tidak Teratur

Pada kaum wanita, mens yang tidak teratur ini sangat berbahaya karena adanya gangguan sistem reproduksinya. Untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur dapat digunakan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dicampur dengan 1 sendok makan madu kemudian seduh dalam gelas air hangat. Minum secara rutin setiap pagi dan sore hingga menstruasi lancar kembali.

24. Mengatasi Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan awal mula berasal dari Jawa sebutannya, merupakan kondisi di mana timbul keinginan untuk buang air kecil dengan frekuensi lebih sering. Akan tetapi air seni yang keluar tidaklah banyak sehingga tidak tuntas dan menyebabkan rasa ingin terus buang air kecil. Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih yang bisa diobati dengan jeruk nipis. Untuk mengatasinya dapat diatasi dengan peras 2 buah jeruk nipis kemudian ditambahkan dengan gula batu secukupnya. Setelah itu sedu dengan 1 gelas air hangat.

25. Merelaksasikan Otot

Otot yang tegang dapat mengganggu kebugaran tubuh. Sehingga tubuh terlihat lesu dan lemas. Untuk merelaksasikan otot tubuh serta mengembalikan kebugaran tubuh dapat dilakukan dengan menyedu secangkir air perasan jeruk nipis yang telah dicampur dengan madu. Dengan cara ini tubuh akan kembali bugar setelah mengkonsumsi dan melakukan istirahat sementara.

Demikianlah artikel mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Menggunakan jeruk nipis ini secukupnya jangan terlalu berlebihan karena kandungan asamnya dapat mengganggu penyerapan kalsium pada tulang.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *