Manfaat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan

By Admin | kesehatan, manfaat

manfaat daun tempuyung bagi kesehatan

Tempuyung yang mempunyai bahasa latin “Sonchus Arvensis” merupakan salah satu tanaman obat yang berkhasiat. Selain nama latin, tempuyung juga memiliki nama daerah seperti lobak air, lempung jombang, galibug, lampenas, dan rayana. Tanaman ini biasanya tumbuh diantara puing-puing bangunan, tembok, atau pun dipinggir jalan, sehingga mudah untuk ditemukan.

Tempuyung termasuk dalam suku Asteraceae yang tumbuh di ketinggian 50-1.600 m dpl, dan sangat cocok berada pada lingkungan yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun atau daerah dengan musim kemarau pendek. Sebagai tanaman liar, tempuyung dapat juga dibudidayakan di dalam pekarangan.


Tanaman ini tergolong tumbuhan tak berkayu atau terna dan menyukai tempat yang langsung terkena sinar matahari serta mudah berkembang biak dengan biji yang terbawa oleh angin. Adapun beberapa kandungan yang terdapat dalam tumbuhan ini diantaranya, kalium, flafonoid, taraksasterol, inositol, dan lain-lain.

Adapun beberapa manfaat daun tempuyung bagi kesehatan diantaranya, dapat mengobati penyakit asam urat, batu ginjal, demam, juga bengkak. Sebenarnya seluruh bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan, baik dalam bentuk segar maupun kering, namun disini kita hanya membahas tentang manfaat daun tempuyung saja. Akan tetapi kami akan memperkenalkan secara singkat bagian-bagian dari tumbuhan tempuyung ini diantaranya, sebagai berikut:

Batang, tinggi tanaman tempuyung berkisar 65-150 cm. batang tanaman ini berlubang dan bergetah hijau. Selain itu, tempuyung juga termasuk salah satu tumbuhan yang batangnya berbulu dan lunak.

Daun, tunggal dan berbentuk lonjong dan mempunyai ujung runcing serta berwarna hijau keunguan, permukaannya licin dan tepinya berombak juga bergigi tak beraturan. Panjang daunnya kira-kira 6-48 cm dan mempunyai lebar sekitar 3-12 cm. di dekat pangkal batang, daun yang bergigi terpusat membentuk roset dan yang terletak dibagian atas berselang-selang memeluk batang. Daun inilah yang berkhasiat sebagai penghancur batu ginjal.

Bunga dan buah, bunga tempuyung berbentuk malai, kelopaknya seperti lonceng, dan mahkotanya berbentuk dari kumpulan jarum berwarna putih atau kuning. Sedangkan buahnya mempunyai bentuk kotak juga berusuk lima dan mempunyai rambut berwarna hitam yang kemudian berubah menjadi biji berukuran kecil dan ringan berupa serbuk.

Daun tempuyung, jintan hitam dan daun salam yang selama ini selalu diabaikan ternyata memiliki manfaat yang luar biasa sebagai obat penyakit asam urat. Kandungan herbal didalam daun tempuyung dan daun salam berpotensi menghambat lajunya gerak asam urat.

Karena itulah, obat tradisional ini terkenal akan kedahsyatan manfaatnya, yaitu salah satu kedahsyatan manfaat daun tempuyung bagi kesehatan yaitu dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Dan, hal ini telah terbukti akan kebenarannya, sebab sudah banyak pasien yang sembuh setelah memanfaatkan tumbuhan tempuyung ini.

Adapun cara pembuatan ramuan ini, diantaranya:

Bahan:

• 3 sdm jintan hitam.

• 2 lembar daun tempuyung.

• Sedikit kayu manis.

• 10 lembar daun salam

• 700 cc air

Cara membuat:

1. Setelah dicuci rebus semua bahan diatas, namun masukkan daun salam saat air mendidi agar terhindar dari oksidasi atsiri oilnya, dan tunggu hingga air tersisa 200 cc.

2. Setelah itu saring ramuan yang telah selesai direbus, dan minum selagi hangat.


Related Pos :