10 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun pandan, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Daun pandan sering dipergunakan untuk berbagai macam masakan. Salah satunya adalah pandan wangi. Selain untuk bumbu masakan dan pewangi manfaat daun pandan juga untuk kesehatan dan Kecantikan. Daun Pandan memiliki khasiat untuk mengatasi sejumlah penyakit dan masalah kesehatan.

Manfaat Daun Pandan untuk kesehatan dan Kecantikan

Dalam bahasa latinya daun pandan dikenal dengan nama Pandanus amaryllifolius Roxb. Bisanya daun pandan dimanfaat ketika membuat masakan. Sehingga masakan tersebut memiliki aroma wangi yang sangat menggugah selera makan. Selain itu, daun pandan juga digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan. Tumbuhan pandan ini merupakan tanaman tropik yang dapat tumbuh subur di wilayah Indonesia. Tanaman ini dapat dijadikan tanaman hias dipekarangan rumah ataupun didalam pot.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Untuk menemukan tanaman pandan ini cukup mudah. Tanaman pandan dapat tumbuh secara liar pada tempat yang teduh. Ciri khas daun pandan ini memiliki bau yang harum. Manfaat Daun pandan dapat dipergunakan sebagai pengawet dan pewangi. Pada daun pandan juga terdapat senyawa kimia alami yang berguna bagi tubuh. Disamping senyawa tersebut, daun pandan memiliki manfaat yang menyehatkan serta berkhasiat untuk kecantikan. Berikut Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan yang perlu anda ketahui! Lihat Juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

TERKAIT:  10+ Manfaat Buah Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

1. Mengatasi darah tinggi

Darah tinggi atau sering dikenal dengan hipertensi ini dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit stroke. Tekanan darah yang tidak normal ini merupakan salah satu pemicu terjadinya stroke. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, maka dapat menggunakan daun pandan. Caranya dengan merebus daun pandan secukupnya pada 2 gelas air. Kemudian rebus hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu minum air rebusannya pada pagi dan malam hari.

2. Membantu menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Pharmacognosy Magazine membuktikan bahwa ekstrak daun pandan mampu mengurangi gula darah postprandial (pemeriksaan gula darah tanpa puasa terlebih dahulu). Ekstrak daun pandan juga mampu mendorong produksi insulin pada sel-sel pankreas. Secara umum, daun pandan memiliki potensi sebagai sumber alami antihiperglikemik.

3. Meningkatkan nafsu makan

Untuk meningkatkan nafsu makan biasanya menggunakan temulawak. Hal tersebut dapat digantikan dengan menggunakan daun pandan. Sediakan 2 lembar daun pandan ukuran sedang. Rebuslah daun pandan dalam 2 gelas air atau 400 cc, hingga menjadi 1 gelas. Setelah dingin minumlah air rebusan daun pandan setiap pagi dan sore hari. Untuk menambahkan rasa manis dapat ditambahkan dengan gula atau madu.

4. Menghilangkan panu

Panu, kurap ataupun kudis merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Hal tersebut dapat terjadi karena kita kurang memperhatikan kebersihan kulit. Panu dapat membuat kulit gatal dan terlihat bercak-bercak putih. Untuk menghilangkan panu, maka caranya dengan haluskan daun pandan secukupnya. Setelah itu peras airnya dan diminum. Ampasnya dapat digunakan sebagai obat luar pada panu.

5. Mengobati pegal linu

Terkadang, aktivitas yang berat dan berlebihan dapat membuat badan menjadi pegal linu. Untuk mengobati pegal linu ini dapat menggunakan 5 lembar daun pandan dan 20 daun serai. Setelah dicuci bersih, tumbuklah bahan tersebut dengan menambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura. Kemudian aduk hingga rata, gosokkan pada bagian yang nyeri atau pegal-pegal.

TERKAIT:  9 Khasiat dan Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Mengurangi rasa gelisah

Gelisah sering kali menjadi masalah bagi setiap orang. Jika gelisah ini dibiarkan secara terus menerus dapat menyebabkan stres pada orang tersebut. Untuk mengurangi gelisah ini caranya dengan ambil 2 lembar daun pandan kemudian iris tipis-tipis. Rebuslah dalam 1 gelas air atau 200 cc hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan minum airnya.

7. Mengobati rematik

Rematik merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang orang tua. Rematik dapat terjadi tanpa disadari oleh orang tersebut. Untuk mengobati rematik caranya cukup mudah. Potong 3 lembar daun pandan menjadi beberapa bagian. Kemudian seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan sambil diaduk-aduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah yang sakit.

Lihat juga: Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

1. Mengatasi rambut rontok

Rambut merupakan sebuah mahkota yang indah. Terkadang perawatan rambut yang salah menjadikan rambut terlihat kusam dan kering. Yang lebih parahnya rambut menjadi rontok dan menimbulkan kebotokan. Untuk mengatasi rambut rontok dengan daun pandan caranya cukup mudah. Buatlah jus yang terbuat dari daun pandan, setelah itu balurkan pada rambut secara merata. Diamkan sekitar 2 jam dengan ditutup dengan kain bersih agar tidak menguap. Setelah itu bilas rambut dengan shampoo hingga bersih. Lakukan secara teratur hingga rambut rontok berkurang.

2. Menghitamkan rambut

Rambut hitam dan lebat merupakan idaman bagi setiap orang, khususnya untuk wanita. Nah, untuk menghitamkan rambut ternyata cukup mudah. Potonglah 10 lembar daun pandan dan rebus pada 2 gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu diamkan hingga 1 malam. Gunakan airnya untuk tonic rambut sebelum keramas. Lakukan cara ini hingga terlihat perbedaannya.

TERKAIT:  20 Manfaat Buah Kurma dan Kandungan Gizinya

3. Mengatasi Ketombe

Manfaat daun pandan untuk kecantikan berikutnya, yaitu mengatasi atau menghilangkan ketombe, caranya cukup mudah, yaitu sediakan 10 lembar daun pandan wangi dan haluskan dengan mengunakan blender, setelah halus tambahkan setengah cangkir air dan aduk rata.lalu bilaskan ke semua area rambut dan kulit kepalanya, biarkan selama 30 menit sampai kering, setelah kering bilas dengan air bersih. Di anjurkan lakukan setiap kali mau mandi sampai ketombe di rambut anda hilang.

Demikianlah artikel tentang manfaat daun pandan untuk kesehatan dan kecantikan. Selain digunakan dalam memasak, ternyata daun pandan juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *