Manfaat Daun Belimbing Wuluh Untuk Mengatasi Hipertensi

By Admin | kesehatan, manfaat

manfaat daun belimbing wuluh untuk mengatasi hipertensi

Manfaat Daun belimbing wuluh untuk mengatasi hipertensi juga termasuk salah satu solusi terbaik di antara tanaman herbal lainnya. Dan daun tanaman ini telah terbukti akan khasiatnya dalam menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh. Itulah sebabnya beberapa herbalis memilih belimbing wuluh untuk membantu mengatasi penyakit hipertensi. Memanfaatkan daun belimbing wuluh dalam menurunkan tekanan darah, Anda dapat membuat ramuannya dengan merebus tujuh tangkai belimbing wuluh dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas.

Dalam memilih daun belimbing wuluh, sebaiknya pilihlah daun yang berada pada tangkai daun yang tumbuh pada bagian tengah pohon, bukan dipucuk atau di bagian cabang-cabang paling bawah pohon, dan gunakanlah daun yang tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua.


Selanjutnya, air rebusan itu dikonsumsi 3 kali sehari. Setelah 3 hari konsumsi, tekanan darah mulai turun dan akan stabil setelah sepekan mengkonsumsi. Itu artinya daun belimbing wuluh bersifat asam sehingga menurunkan tekanan darah.

Dalam ramuan itu campur 10 gram daun belimbing wuluh yang sudah kering bersama dengan 10 gram daun kepel, 5 gram daun sambiloto. Dalam ramuan tersebut, daun belimbing wuluh berperan melarutkan pembuluh darah di jantung sehingga kerja jantung memompah darah lebih optimal.

Para peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Hernani, Christina Winarti, dan Tri Mawarti melakukan sebuah penelitian tentang khasiat dari daun belimbing wuluh ini dengan meneliti efek pemberian ekstra daun belimbing wuluh terhadap penurunan tekanan darah pada 6 ekor kucing. Mereka memilih hewan kucing karena tekanan darahnya menyerupai tekanan darah pada manusia.

Setelah penelitian tersebut berhasil dilaksanakan, ternyata hasilnya menjadi kabar baik bagi para pasien hipertensi. Dalam sebuah Jurnal yang diterbitkan Nature Publishing Group asal Inggris, Journal of Human Hypertension, peneliti dari Departemen kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Klinis, Universitas Umea, Swedia, LH Lindholm, menyebutkan bahwa jika pasein mengkonsumsi obat antihipertensi adalah:

 Dapat menurunkan tekanan darah sistolik 10-12 mmHg dan diastolik 5¬-6 mmHg.

 Dapat mengurangi risiko pasien terkena stroke hingga 18%, jantung koroner 16%, dan kematian akibat pecah pembuluh darah 21%.

 Pemberian ekstrak daun belimbing wuluh dengan dosis 33 mg/kg bb dapat menurunkan tekanan darah hingga 46,5-54,5 mmHg.

Itu artinya hasil riset tersebut telah membuktikan bahwa daun belimbing wuluh memang terbukti berkhasiat sebagai salah satu tanaman herbal penurun tekanan darah. Anda juga dapat mencobanya sebagai salah satu alternatif dalam mengobati penyakit hipertensi yang Anda derita. Selamat mencoba!


Related Pos :