Khasiat dan Manfaat Bunga Pagoda Luar Biasa untuk Pengobatan

Bunga Pagoda atau yang disebut dengan nama latin Clerodendrum japonicum Sweet adalah salah satu jenis tanaman hias yang biasa ditanam masyarakat dipekarangan rumah. Akan tetapi manfaat bunga pagoda tidak hanya sebagai tanaman hias, ternyata bunga ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan dan pengobatan.

Manfaat Bunga Pagoda yang Luar Biasa untuk Pengobatan

Tanaman berbunga indah biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk menghias pekarangan rumah mereka. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan nilai estetika tersendiri. Namun tahukah Anda diantara begitu banyaknya tanaman berbunga indah tersebut nyatanya ada salah satu yang menyimpan segudang khasiat, baik itu untuk kesehatan atau juga yang lainnya. Diantaranya adalah bunga pagoda, kenapa disebut bunga pagoda karena memang bentuknya seperti Pagoda.

Selama ini cukup banyak yang menanam bunga Pagoda di pekarangan rumah mereka, bunganya sendiri ditawarkan dengan bentuk yang indah dan berwarna merah. Sebagian tentu cukup mengenal jenis tumbuhan hias yang satu ini bukan. Baca juga: Manfaat Bunga Kenanga untuk Pengobatan

Manfaat Bunga Pagoda untuk Pengobatan

Pagoda atau yang dalam bahasa latinnya dikenal dengan nama Clerodendrum japonicum Sweet ini merupakan salah satu spesies yang cukup mudah pembudidayaannya dan tak memerlukan lahan yang kuas, cukup di depan pekarangan dia sudah bisa tumbuh dengan cepat.

Dikatakan sebagai pagoda karena memang bentuk tumbuhannya sendiri menyerupai piramid atau pagoda. Selain dijadikan sebagai penghias pekarangan rumah nyatanya ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, salah satunya untuk kesehatan, berikut ini ulasannya:

1. Sebagai obat bisul

Beberapa orang mungkin sering menderita masalah berupa pembengkakan pada beberapa bagian tubuh tersebut. Nyatanya tak hanya rasa sakit bisul juga dapat menyebabkan rasa percaya diri menjadi menurun. Apalagi jika terletak pada tempat yang mudah dilihat oleh orang lain.

Cara mengobati bisul sebenarnya juga cukup mudah, cukup tumbuk daun dan juga bunga pagoda kemudian oleskan pada bagian yang mengalami pembengkakan tersebut, secara efektif dapat mengempeskan bisul Anda.

2. Mengobati korengan

Korengan biasanya terjadi karena luka yang belum sembuh total mengalami infeksi sehingga menyebabkannya berwarna coklat dan sangat mengganggu penampilan. Cukup dengan tumbukan bunga dan juga daunnya kemudian di tempelkan pada bagian yang mengalami korengan. Cara ini secara efektif dapat mengikis masalah korengan tersebut.

3. Sebagai obat insomnia

Insomnia atau yang lebih dikenal sebagai gangguan sulit tidur adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang sulit tidur. Jam tidur menjadi berkurang dan tubuh menjadi cepat lemas. Jika tak segera diatasi tentunya akan menyebabkan masalah kesehatan yang lainnya juga, mengingat pada dasarnya setiap orang memang butuh tidur.

Cara mengatasinya mudah ambil beberapa kuntum bunga pagoda, biarkan hingga kering dan giling menjadi serbuk yang sangat halus. Ambil beberapa seloki arak manis kemudian seduh menggunakan air hangat dan minum.

Baca juga: Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Obat untuk wasir berdarah

Wasir disertai dengan darah selain terasa sakit tentunya menyebabkan kekhawatiran tersendiri bagi penderitanya. Namun tak perlu khawatir karena bunga pagoda bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cukup dengan mengolahnya menjadi makanan yang disukai, ditambah dengan daging atau sayuran lain dan mengonsumsinya sebagai lauk secara teratur, efektif dapat mengobati masalah wasir berdarah tersebut.

5. Untuk mengobati luka

Kandungan bunga dan juga daunnya bersifat anti inflamasi yang secara efektif dapat menyembuhkan luka agar tak sampai bernanah, cara menggunakannya bisa dengan mengobatkan dalam dengan mengonsumsinya maupun dengan pengobatan luar.

Ternyata manfaat bunga pagoda selain dijadikan sebagai hiasan untuk pekarangan, sebagai lauk untuk makan juga bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan. Jadi bagi yang memiliki banyak tumbuhan pagoda tersebut di rumah jangan buru-buru untuk menebangnya.

tidak ada salahnya menunggu hingga berbunga dan dimanfaatkan sebagai bahan obat dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Mudah dalam mengolahnya namun kaya akan berbagai macam khasiat. Obat alami memang memberikan kesembuhan secara bertahap, namun hasilnya jauh dari kata efek samping negatif.

Sifat dan Khasiat Bunga Pagoda:

  • Akar – Akar rasanya pahit, sifatnya dingin. Akar bunga pagoda berkhasiat antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghilangkan bengkak, dan menghancurkan darah beku.
  • Daun– Daun rasanya manis, asam, agak kelat, sifatnya netral. Daun berkhasiat sebagai antiradang dan mengeluarkan nanah.
  • Bunga – Bunga rasanya manis, sifatnya hangat, berkhasiat sedatif, dan menghentikan perdarahan (hemostatis).

Cara Pemakaian bunga Pagoda:

  • Untuk Diminum
    Rebus 30-90 g akar atau bunga. Selain , itu, akar juga dapat dijadikan serbuk, lalu diseduh dan diminum.
  • Obat Luar
    Giling daun segar sampai halus, lalu bubuhkan pada bisul, koreng, dan memar. Selain itu, daun segar dapat diperas dan air perasannya dioleskan pada luka berdarah.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat bunga pagoda untuk pengobatan. Jadi, jika anda memiliki tanaman ini dipekarangan rumah, anda sudah tahu apa saja khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Terima kasih dan semoga menambah pengetahuan.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *