15+ Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Nanas sangat familiar di Indonesia karena sangat mudah ditemukan sebab tak jarang masyarakat menanam nanas di pekarangan rumah terutama masyarakat pedesaan. tapi tahukan anda kalau buah ini memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan? Nah, pada kesempatan ini admin altundo.com akan mengulas tentang manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan serta kandungan gizi yang terdapat didalamnya.

15+ Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nanas ialah sejenis tumbuhan tropis. Nanas ini berasal dari Bolivia, Brasil, serta Paraguay. Memiliki nama latin ananas comosus dan masuk ke dalam keluarga Bromeliaceae. Nanas mempunyai aroma yang begitu khas dan tajam. Rasa campuran asam serta manis tetapi begitu menyegarkan dikarenakan kandungan air yang berada di dalamnya begitu tinggi.

Selain dikonsumsi dengan cara yang biasa, buah ini juga bisa diolah menjadi banyak makanan seperti manisan, jus nanas, hingga keripik nanas. Selain sebagai salah satu media pengobatan alternatif, buah nanas juga sering di gunakan untuk perawatan kecantikan. Namun, sebelum kita membahas manfaatnya kita ulas sedikit mengenai kandungan gizi buah nanas.

Kandungan Gizi Buah Nanas

Berikut kandungan gizi dari buah nanas yang mungkin tidak Anda duga, antara lain:

  • Nanas terdiri dari mineral, kalori, glukosa serta vitamin.
  • Kalori, 1 ons nanas memiliki kandungan kalori sebanyak 85 kalori.
  • Buah nanas juga memiliki kandungan sodium dan lemak, walaupun di dalam jumlah yang cukup kecil, namun ia tidak mempunyai kandungan kolesterol, oleh sebab itu buah ini begitu baik untuk Anda yang sedang melakukan pola diet.
  • Memiliki kandungan vitamin C, di dalam nanas segar terdapat kurang lebih 15 mg kandungan vitamin C di 100 gr buah nanas segar.

Baca juga: Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh yang mungkin tidak Anda kira sebelumnya, seperti:

1. Mencegah degenerasi makula

Tahukah yang disebut dengan degenerasi makula? Degenerasi makula ialah menghilangnya kemampuan penglihatan yang biasanya diderita oleh orang dewasa.

2. Lebih meningkatkan imunitas

Banyaknya kandungan vitamin yang berada di dalam buah nanas membuat ia bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Misalnya Kandungan bromelain yang terdapat dalam buah nanas juga dikenal sebagai zat anti kanker.

3. Mencegah hipertensi

Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, tentu Anda akan melakukan berbagai macam cara untuk membuat tekanan darah Anda menjadi stabil kembali. Salah satu makanan yang bisa Anda manfaatkan ialah nanas, dengan mengonsumsi nanas secara teratur, tekanan darah Anda akan berangsur menurun.

4. Penguat tulang

Mungkin sebagai penguat tulang Anda tidak hanya bisa menggunakan susu. Susu memang memiliki kandungan kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang, namun nanas juga memiliki zat yang akan membantu memperkuat tulang. Secara alami nanas akan menguatkan tulang dan membantu mencegah osteoporosis.

5. Kesehatan Pencernaan

Buah nanas yang dijadikan jus dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit sembelit dan mengatasi rasa mual. Manfaat jus nanas lainnya yaitu mengatasi pencernaan. Sekalian itu buah nanas yang mana mengandung serat dan nutrisi tersebut akan bermanfaat menjaga keteraturan usus. Enzim yang terkandung dalam nanas yang dijadikan jus akan berperan dalam meningkatkan fungsi usus.

6. Kaya Akan Kandungan Vitamin C

Buah nanas memiliki kandungan bromealin dan juga vitamin C yang sangat tinggi serta kaya akan antioksidan dimana kandungan tersebut dapat melawan adanya radikal bebas yang akan menyerang tubuh.

Buah nanas yang memiliki kandungan vitamin C tersebut bermanfaat sebagai pencegahnya penumpukan plak pada arteri atheroscldrosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

7. Dapat Mengatasi Rasa Nyeri

Hal tersebut tidak banyak yang tahu bahwa sebuah jus nanas merupakan minuman yang sehat bagi para binaragawan dikarenakan memiliki kandungan bromelain yang dapat mengatasi sakit pada otot tubuh seperti nyeri pada persendian. Kandungannya yang ada pada buah nanas juga dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

8. Mencegah Terserangnya Penyakit Asma

Buah nanas juga merupakan buah yang dati beta karoten yang diubah menjadi vitamin A dimana berperan ktif selama proses pencernaan di dalam tubuh.

Dari sejumlah studi yang telah dilakukan, menunjukan bahwa kandungan beta karoten tersebut dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terserang penyakit asma namun penelitian tersebut memang masih dalam tahap awal dari proses penelitiannya.

9. Dapat Menjaga Kesehatan Gusi Gigi

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah nanas dapat berfungsi untuk menurunkan resiko peradangan gusi dan juga mencegah penyakit lainnya yang berhubungan dengan gusi gigi.

10. Mencegah Penyakit Katarak

Vitamin C dalam buah nanas berperan penting dalam mengatasi kesehatan pada  mata. Dari sebuah penelitian telah ditunjukan bahwa asupan tinggi dari vitamin C akan sangat membantu dalam mengurangi resiko penyakit katarak. Vitamin C secara umum memang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah degenerasi manusia.

Baca juga: Manfaat Buah Apel untuk Diet dan Ibu Hamil

Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan

Buah Nanas, memiliki manfaat kecantikan yang tidak terduga, seperti:

1. Menjaga elastisitas kulit

Nanas memberi dukungan untuk sintesis kolagen yang ada di tubuh, semakin tingginya sintesis kolagen akan menjadikan kulit lebih elastis. Nutrisi lain yang berada di dalamnya juga akan mempengaruhi sel serta jaringan yang rusak agar bisa di perbaiki dengan cepat.

2. Menghaluskan kulit kaki

Wanita sering kali mengalami masalah kulit kaki. Buah nanas ini bisa menjadi sebuah scrub yang sangat alami sehingga membantu peluruhan kaki yang bersisik. Kulit kapalan bisa di kembalikan lagi menjadi halus dan lembut. Ia juga mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan kulit kaki. Baca juga artikel mengenai cara menghaluskan tumit secara tradisional.

3. Mengembalikan kesehatan bibir

Buah nanas yang bisa digunakan secara bersamaan dengan minyak kelapa akan membantu mengatasi bibir yang pecah-pecah. Campuran nanas dan minyak kelapa akan memberikan gizi yang berguna untuk penyembuhan bibir pecah-pecah.

4. Melembabkan kulit

Di musim panas seringkali kulit mengalami kekeringan sehingga kulit terlihat kusam. Anda bisa mencampur 3 sendok nanas segar kemudian tambahkan kuning telur serta sedikit susu, oleskan di kulit yang kering.

5. Menyehatkan kuku

Kuku Anda mengalami kerapuhan? Tidak perlu khawatir, Anda tidak perlu mengonsumsi berbagai macam multivitamin. Cukup mengonsumsi nanas secara teratur.

Oke, itu dia penjelasan mengenai manfaat buah nanas baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Juga ada sedikit uraian tentang kandungan gizi dari nanas tersebut. Semoga semua itu bermanfaat bagi para pembaca. Dan jika benar-benar bermanfaat, tolong bagikan informasi ini kepada teman-teman Anda di facebook, twitter dan jaringan sosial Anda lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *