Manfaat Bawang Putih Tunggal atau Bawang Lanang

Manfaat Bawang Putih Tunggal – Bawang putih tunggal atau yang disebut dengan bawang putih lanang adalah salah satu tanaman yang difungsikan sebagai obat. Berbeda dengan bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Jenis bawang putih yang satu ini sangat dicari oleh berbagai macam kalangan masyarakat. Umumnya bawang putih lanang digunakan sebagai jamu untuk pengobatan tradisional. Bentuk bawang putih tunggal berbentuk bulat. Perbedaannya dengan bawang putih biasa yaitu tumbuhnya tidak dalam 1 rumah (terdiri dari beberapa bulir) melainkan terpisah-pisah. Nilai ekonomis bawang putih tunggal lebih tinggi dibandingkan dengan bawang lainnya.

Manfaat Bawang Putih Tunggal atau Bawang Lanang

Dalam bahasa latinnya, bawang putih tunggal dikenal dengan nama Allium sativum. Perkembang biakkan tanaman ini dapat temukan didaerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ± 60 cm. Setiap bulir bawang ini terdapat senyawa kimia alami seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, besi, belerang dan lemak. Selain itu juga terdapat diallysulfide dan saltivine. Dengan adanya kimia alami tersebut, bawang putih lanang ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Nah, penasaran dengan manfaat dari bawang putih lanang?

Manfaat Bawang Putih Tunggal atau Lanang

Berikut adalah penjelasan tentang manfaat bawang putih tunggal atau Lanang, yaitu:

1. Mengatasi Batuk dan flu

Bawang putih lanang sebagai obat untuk mengatasi batuk dan flu. Flu dapat disebabkan karena bakteri atau virus masuk kedalam tubuh sehingga mengganggu organ tubuh. Bawang putih dapat meningkatkan kerja membran mocous di area pernafasan sehingga mengurangi flu.

2. Mengobati penyakit maag

Kemampuan bawang putih tunggal juga dapat mengobati penyakit maag. Untuk mengatasi maag, caranya cukup mudah dengan mencuci bersih bawang putih tunggal kemudian dikunyah. Kandungan pada bawang putih ini akan menetralisir zat asing yang berada didalam lambung.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Menurunkan kadar kolesterol juga dapat dilakukan oleh bawang putih tunggal. Senyawa tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang berada didalam tubuh. Sehingga dengan penurunan kadar kolesterol jahat ini Anda dapat terhindar dari resiko stroke dan penyakit jantung koroner.

4. Mengatasi Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah suatu penyakit bawaan yang ditandai oleh tak cukupnya insulin di dalam tubuh, sebagai akibat kelebihan gula di dalam darah dan urine, serta kelaparan yang hebat dan kehausan. Penderitanya selalu ingin makan yang manis-manis, dan walaupun ia suka makan yang manis-manis dan makanan lainnya, berat badan cenderung berkurang.

5. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Bawang putih lanang ternyata juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil beserta janinnya. Senyawa yang terdapat pada bawang putih mampu membantu pertumbuhan bayi lebih cepat. Selain itu, senyawa tersebut dapat meningkatkan sistem imun dan menghindari dari masalah persalinan akibat komplikasi.

6. Mencegah masuk angin

Manfaat Bawang Putih Tunggal atau Bawang Lanang menurut hasil penelitian dapat menurunkan risiko terkena masuk angin hingga 50 persen. Untuk mendapatkan khasiat bawang putih tunggal dalam mencegah masuk angin, gerus 2 siung bawang. Setelah itu seduh dengan air hangat dan minum.

7. Sebagai Antibiotik

Bawang putih ini dijadikan sebagai antibiotik yang alami dalam mencegah bakteri. Contohnya seperti jerawat yang timbul pada wajah. Untuk mengatasi jerawat tersebut caranya dengan memarut bawang putih tunggal kemudian tempelkan pada bagian yang terdapat jerawat.

8. Mengobati Wasir

Ternyata bawang putih lanang juga dipercaya sangat ampuh dalam mengobati wasir. Caranya dengan membersihkan area yang terdapa wasir dengan air hangat dan sabun. Lumatkan bawang putih dan balurkan pada bagian wasir tersebut. Diamkan sekitar ± 10 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara berulang hingga wasir tersebut hilang dengan sendirinya.

9. Mengatasi Penggumpalan Darah

Penggumpalan yang terjadi didalam tubuh merupakan salah satu masalah yang perlu diperhatikan. Untuk mengatasi penggumpalan darah tersebut, caranya cukup mudah. Minumlah segelas air rebusan bawang putih 3-4 gelas dalam seminggu. Hasilnya dapat Anda rasakan pada minggu-minggu berikutnya.

10. Meningkatkan Daya Ingat

Bawang putih tunggal juga dapat meningkatkan daya ingat. Sehingga bawang putih baik dikonsumsi bagi mereka yang memasuki usia lanjut agar daya ingatnya tidak menurun.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi bawang putih tunggal. Walaupun sebagai obat herbal, dosis ketika menggunakannnya juga perlu diperhatikan. Demikianlah artikel tentang manfaat bawang putih tunggal atau bawang lanang. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *