Biografi dan Kisah Sukses Mark Zuckerberg Pendiri Facebook

Kisah sukses pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Dewasa ini siapa yang tidak mengenal Facebook. Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal jejaring sosial yang jumlah pengguna bahkan melebihi angka 1 miliar. Pengguna Facebook mulai dari beragam profesi, mulai dari selebriti, presiden, pemain bola, orang tua, bahkan anak-anak sudah memiliki akun Facebook. Meskipun Facebook sangat popular, tidak banyak orang yang mengetahui siapa sosok penemu Facebook yang fenomenal tersebut.

Biografi dan Kisah Sukses Mark Zuckerberg Pendiri Facebook

Pendiri Facebook adalah seorang pemuda bernama Mark Elliot Zuckerberg atau yang lebih populer disebut Mark Zuckerberg. Pemuda keturunan Yahudi itu pernah dinobatkan sebagai orang terkaya termuda dalam sejarah yang memiliki kekayaan mencapai $1 miliar. Kini kekayaan penemu Facebook tersebut telah mencapai angka $17 Miliar (setara dengan Rp 190 Triliun). Lalu bagaimana sejarah Facebook hingga pembuat Facebook menjadi sedemikian kaya? Simak ulasan pendiri tentang Facebook kali ini.

Biografi Mark Zuckerberg

Mark Elliot Zuckerberg lahir di White Plains New York,14 Mei 1984. Sejak kecil ia sudah menunjukkan ketertarikan yang luar biasa besar terhadap komputer. Ia pun sejak kecil telah belajar bahasa pemrograman komputer. Ketika berusia 12 tahun ia membuat sebuah program messaging sederhana untuk digunakan di kantor ayahnya yang seorang dokter gigi, agar resepsionis tidak perlu berteriak-teriak memanggil nama pasien. Ia beberapa kali kerap membuat game sederhana bersama teman sehobinya kala itu.

Ketika kuliah, ia pernah diancam D.O oleh pihak Universitas Harvard karena dinilai melanggar privasi sejumlah mahasiswa lainnya. Ia menciptakan suatu website yang bernama FaceMash dimana nilai seorang mahasiswa atau mahasiswi dinilai dengan pilihan Hot atau Tidak. Mark dan temannya mendobrak sistem keamanan kampus lalu meng-copy file-file foto mahasiswa. Kemudian pihak kampus bersedia memaafkan mereka dengan catatan situs tersebut harus ditutup.

Facemash inilah yang menjadi cikal bakal kelahiran Facebook. Karena saat itu Mark Zuckerberg menilai jejaring sosial akan menjadi suatu fenomena baru di internet. Sama seperti 10 pebisnis online terkaya di dunia ini, Mark mencium bau uang dari jejaring sosial. Baca juga: Kisah Sukses Jack Dorsey Penemu Twitter

Sejarah Berdirinya Facebook

Setelah kejadian Facemash, Mark dan teman-teman sekamarnya di Universitas Harvard semakin giat untuk mengembangkan proyek terbaru mereka yang dinamai “The Facebook”. Akhirnya mereka meluncurkan situs tersebut pada tanggal 4 Februari 2004. Nama Facebook sendiri diambil dari direktori alumni Phillips Exeter Academy. Direktori tersebut berisi nama, nomor telepon, alamat, dan infromasi lainnya yang dapat diakses penggunanya secara online. Kemudian karena menilai nama The Facebook kurang menjual, mereka memutuskan untuk mengubahnya menjadi Facebook saja.

Pada awalnya, Facebook diciptakan hanya untuk mahasiswa Harvard. Facebook pun mendapat respon positif dari civitas akademika Harvard. Dalam waktu 2 minggu mereka berhasil menjaring sekitar setengah populasi mahasiswa Harvard. Kemudian mereka lanjut dengan menerima anggota dari Ivi League. Lalu Facebook terbuka untuk seluruh mahasiswa se-Amerika.

Setelah semakin banyak pengguna, Facebook pun mulai ekspansi dengan menerima siswa-siswa SMA sebagai anggotanya. Hingga akhir tahun 2004 Facebook telah memiliki sekitar 1 juta pengguna.

Terinspirasi dari kisah sukses Bill Gates, Mark Zuckerberg pun memutuskan untuk Drop Out dari kampus bergengsi sekelas Harvard University. Namun keputusan itu tidak salah sebab kini ia menjadi salah satu dari Lima Orang Terkaya yang Pernah Drop Out dari Kampus.

Kemudian untuk melebarkan jalan mereka berekspansi ke seluruh dunia, maka tahun 2006 mereka memutuskan Facebook terbuka untuk semua orang diatas usia 13 tahun. Beranda Facebook pun semakin dipenuhi oleh orang-orang yang sangat ingin terhubung kembali kehidupannya di dunia maya.

Tentang Facebook saat ini

Beberapa tahun silam Facebook sempat mengguncangkan dunia kala menolak tawaran Yahoo! untuk membeli situs mereka senilai $1 Miliar. Mark Zuckerberg pun dinilai sangat bodoh karena melewatkan tawaran sebesar itu. Namun ia tetap keukeuh pada pendiriannya kalau Facebook tidak untuk dijual. Keputusan Mark kini diacungi jempol. Ia mampu membawa Facebook menandingi bahkan mengalahkan kepopuleran Yahoo!

Kini Facebook telah berkembang menjadi situs jejaring sosial terpopuler dan terbesar di dunia dengan pengguna mencapai 1 miliar. Untuk urusan trafik pun Facebook hanya kalah dari Google sebagai website dengan trafik kunjungan tertinggi di dunia berdasarkan Alexa Rank.

Mark Zuckerberg dan teman-teman sekamarnya di Harvard pun kini menjadi sekelompok miliarder muda terkaya di dunia. Sebab setelah melepas sahamnya ke publik, nilai valuasi Facebook sendiri diperkirakan seharga $100 Miliar.

Luar biasa!

Itulah sekilas kisah sukses Mark Zuckerberg, pendiri dan penemu Facebook. Semoga artikel ini dapat menginspirasi dan memotivasi pada pembaca sekalian. Buat anda yang ingin tahu apa kiat sukses Mark, baca Rahasia sukses Mark Zuckerberg. Demikianlah semoga bermanfaat dan menginspirasi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *