Kisah Sukses Jack Dorsey Penemu Twitter

Anda tentu tahu Twitter ? yes, salah satu media sosial populer selain facebook. Namun, tahukah anda siapa penemu Twitter? Nah, pada kesempatan kita akan membahas tentang Kisah Sukses Jack Dorsey Penemu Twitter.

Kisah Sukses Jack Dorsey Penemu Twitter

Di era modern seperti saat ini keberadaan jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook sudah merupakan bagian dari kehidupan masyarakat modern. Kehadiran social media sendiri memang menimbulkan banyak pro dan kontra. Kendati dianggap membantu orang terhubung ketika sedang berjauhan, namun jejaring sosial dituding menghabiskan banyak waktu produktif penggunanya. Walau begitu yuk kita cari tahu sejarah Twitter.

Kisah Sukses Twitter

Apapun itu kesuksesan Twitter menjadi situs microblogging terpopuler di dunia tidak dapat dipungkiri lagi. Berawal dari proyek sederhana ingin membuat sistem broadcast message yang ada pada Blackberry. Twitter yang pada awalnya bernama ‘twttr’ ini bertransformasi menjadi situs sosial media paling hot saat ini. Twitter juga dinilai sebagai media informasi dengan penyebaran berita tercepat dan terluas dewasa ini. Lalu bagaimana sejarah Twitter hingga sukses seperti sekarang ini?

Twitter sendiri tidak akan pernah terlahir ke dunia ini bila penemu Twitter Jack Dorsey saat itu tidak berkeinginan untuk membuat suatu aplikasi atau layanan dimana orang bisa menyampikan apapun aspirasinya dengan singkat, padat, dan jelas dengan membatasi hanya 140 karakter yang bisa digunakan.

Awal mula penciptaan Twitter sendiri bermula dari acara diskusi yang diadakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Dorsey mengemukakakn idenya untuk membuat layanan pesan singkat yang dapat berkomunikasi dengan kelompok kecil. Itulah ide awal penemu Twitter. Sebelum bernama Twitter seperti sekarang, Dorsey menggunakan nama Twttr. Hanya karena sulit dieja dan akan menyulitkan pengguna untuk mengingat layanannya ia pun mengubahnya menjadi Twitter. Siapa sangka ide sederhana itu mengantarkan Jack Dorsey jadi salah satu Miliarder Teknologi Terkaya di Dunia.

Baca juga: Matt Mickiewicz Pediri Flippa dan 99Designs

Siapa itu Jack Dorsey?

Jack Dorsey adalah seorang pemuda kelahiran 19 November 1976 di Fairmont City, Illinois, Amerika Serikat. Ia merupakan seorang web developer dan juga pengusaha internet terkemuka di dunia. Ia adalah satu dari 3 orang pendiri Twitter, dan juga merupakan CEO Twitter saat ini. Selain Twitter, ia masih memiliki usaha lain yaitu Square. Square sendiri dinobatkan sebagai 10 perusahaan startup tersukses di dunia.

Twitter adalah jejaring sosial sekaligus situs microblogging terpopuler di dunia. Kendati Facebook merupakan jejaring sosial dengan pengguna paling banyak di muka bumi, namun Twitter merupakan social media yang paling digandrungi anak muda saat ini.

Twitter didirikan oleh 3 orang pemuda yang semuanya tergila-gila pada teknologi informasi. Jack Dorsey, Evan Williams, dan Biz Stone merupakan orang yang ingin membuat sesuatu yang berdampak pada dunia. Ide penemuan Twitter sendiri sebenarnya sederhana, mereka berpikir bagaimana seandainya seseorang dapat berkomunikasi dengan banyak orang secara cepat tanpa perlu bertemu langsung. Mereka juga berpikir bagaimana bila seseorang mampu menuliskan apa yang dipikirkan dan dirasakan tanpa harus repot-repot menulis posting di blog.

Twitter vs Facebook

Tidak dapat dipungkiri lagi di dunia social media nama Facebook dan Twitter adalah dua nama yang selalu mengemuka. Sebabnya tak lain adalah Facebook dengan pengguna diatas satu mililar adalah jejaring sosial terpopuler di muka bumi. Sedang Twitter adalah jejaring sosial yang paling digemari kawula muda. Lalu siapa yang lebih baik: Facebook atau Twitter.

Sulit bagi saya untuk menemukan siapa yang lebih baik. Secara mereka mempunyai ciri khas masing-masing. Facebook kaya akan fitur dan aplikasi yang terlibat di dalamnya. Sedang Twitter dengan kesederhanannya mampu menarik minat ratusan juta orang.

Tapi menurut saya pribadi, Twitter itu lebih mudah dan praktis. Sebab Twitter didesain agar pengguna dapat menyebarkan informasi yang sifatnya terbuka atau umum kepada setiap followersnya. Sedang Facebook lebih tertutup karena harus berteman terlebih dahulu meskipun ada Facebook Fans Page yang dapat menyampaikan pesan tanpa harus berteman dahulu.

Twitter sangat cocok bagi anda yang memiliki banyak penggemar seperti atlet, artis, penyanyi, atau tokoh masyarakat. Oleh karena itulah banyak orang yang berlomba-lomba untuk menambah followers di Twitter agar dianggap terkenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *