Kisah Sukses David Karp Pendiri Tumblr

Kisah sukses David Karp pendiri Tumblr. Saat ini ada sekian banyak platform blogging service gratis yang ada di dunia maya. Salah satu platform blogging terpopuler saat ini adalah Tumblr. Blogging platform yang bisa diakses lewat www.tumblr.com ini didirikan oleh seorang pemuda bernama David Karp.

Kisah Sukses David Karp Pendiri Tumblr

Kali ini saya akan membawa pembaca semua untuk mengenali dan menyelami kehidupan seorang David Karp yang mampu sukses bahkan tanpa ijazah SMA. Sebab ia drop out dari SMA untuk mengejar passionnya di bidang teknologi. What a brave man!

David Karp adalah seorang web developer sekaligus entrepreneur muda asal Amerika. Ia lahir 6 Juli 1986. Berdasarkan majalah Forbes, di tahun 2011 kekayaan David Karp senilai $200 juta (Rp 3,2 Triliun). Kekayaan yang segitu banyak ia dapatkan sebelum ia menjual Tumblr ke Yahoo! senilai $1,3 Miliar.

David Karp mungkin tidak sepopuler Mark Zuckerberg atau Jack Dorsey. Tak banyak orang yang mengetahui sepak terjangnya. Ia mendirikan situs platform blogging dan jejaring sosial bernama Tumblr. Tumblr yang ia dirikan tahun 2007 tersebut kini melayani setidaknya 20 miliar pageviews setiap bulannya. Sebelum memulai karir sebagai Founder dan CEO Tumblr, Karp adalah Chief Technology Officer (CTO) di UrbanBaby.com

Masa muda David Karp adalah masa yang berapi-api kalau kata Bang Haji Rhoma Irama. Ketika ia berumur 15 tahun, ia memutuskan untuk berhenti dari sekolah formal Bronx High School dan memilih untuk menjalani homeshooling di rumahnya. Kendati begitu, di usianya yang baru 17 tahun Karp mampu menjadi Head of Technology di UrbanBaby.com, layanan pesan email untuk para orang tua yang berbasis di New York.

Pada suatu titik, Karp merasa bosan dengan kehidupannya. ia jenuh dengan segala rutinitas dan kehidupan yang menjemukan. Ia yang hampir putus asa kemudian memutuskan untuk pergi ke Jepang dan menyewa sebuah apartemen dengan sistem prabayar. Ia tinggal dan hidup di Jepang selama 5 bulan tanpa ada satu pun teman dan keluarganya yang tahu, bahkan bosnya di Urbanbaby pun tidak tahu kemana perginya si Karp. Petinggi UrbanBaby hanya tahu Karp tidak lagi di New York setelah ia tidak menghadiri sebuah rapat penting.

David Karp bukanlah seorang pemuda yang hobi berfoya-foya dan menghamburkan uang demi pesta pora. Ketika CNET membeli UrbanBaby pada tahun 2006, pemuda yang digilai supermodel Amerika ini pun kebagian banyak uang dan ia pun memtuskan untuk memulai bisnisnya sendiri.

Karp kemudian mendirikan perusahaan konsultasi bernama DavidVille dan memperkenalkan Tumblr, platform negblog yang disebut-sebut sebagai perpaduan antara Facebook dan Twitter. Tumblr terinspirasi dari Tumbleog, format blog yang memungkinkan posting dalam bentuk singkat dan dapat diintegrasikan dalam berbagai jenis.

Bila Facebook adalah jejaring sosial media untuk identitas online dan autentikasi, dan Twitter adalah untuk sarana komunikasi. Maka Tumblr mempunyai peran yang berbeda: Ekspresi Diri.

Pengguna Tumblr dapat upload 7 jenis media: teks, photo. quotes, links, dialogue, audio dan video dari satu tombol yang ada di dashboard mereka dan langsung mempublish ke halaman publik blog mereka. Blog yang ada di Tumblr pun bebas didesain sesuai keinginan sang blogger, atau bisa mendownload theme yang disediakan Tumblr. Theme Tumblr terpopuler, Redux, telah dipakai lebih dari 5 juta pengguna. Layanan Tumblr sangat-sangat mudah digunakan.

Ide untuk membuat Tumblr datang ketika Karp merasa ‘kurang’ ketika blogging di Blogger, WordPress, dan Type Pad. Karp merasa dia tidak mampu untuk menciptakan identitas online dirinya melalui platform blogging tersebut. Kemudian, di tahun 2005 ia menemukan tumbleog bernama Projectionist yang memungkinkan pengguna untuk berbagai berbagai media dalam satu blog. Karp pun terinspirasi dari Projectionist, ia merasa itulah solusi yang tidak ia temukan ketika blogging di WordPress dan Blogger. David Karp mendirikan Tumblr saat ia masih berusia 19 tahun. Sangat muda untuk ukuran pemuda yang akan mengubah dunia!

Kesuksesan Karp dan kontribusinya dalam dunia online membuatnya meraih ketenaran dan berbagai penghargaan. David Karp adalah salah satu dari Top 35 Innovators Under the Age of 35 dari MIT Technology Reviews. Ia juga meraih penghargaan sebagai Best Young Tech Entrepreneurs 2009 dari BusinessWeek.

Kini Tumblr telah memiliki 165 juta blog dan meraih sekurang-kurangnya 50 miliar pageviews per bulan. David Karp pun menikmati kesuksesannya setelah Tumblr diakuisisi Yahoo! senilai $1,3 Miliar yang membuatnya menjadi salah satu pengusaha online muda tersukses di dunia. Oke, itulah ulasan singkat mengenai kisah sukses David Karp Pendiri Tumblr. Semoga bermanfaat dan menjadi motivasi buat kita semua.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *