Khasiat dan Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Panjang selain untuk sayur juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kacang Panjang merupakan salah satu sayuran yang populer di Indonesia dan memiliki berbagai kandungan Nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Kacang panjang ialah salah satu jenis sayuran dari kacang-kacangan dengan untaian yang lebih panjang. Bahkan saat sudah dipotong pendek-pendek pun namanya tetap kacang panjang. Sayur yang berwarna hijau muda hingga hijau tua ini bukan hanya sekedar enak untuk dijadikan olahan masakan. Tetapi juga bisa diperoleh manfaatnya bagi kesehatan tubuh, yang mana pada proses pendapatan khasiat tersebut bisa dengan mengonsumsinya sebagai sayur atau lauk saja.

Kandungan Nutrisi dan Mineral Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan sayuran yang memiliki berbagai kandungan nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh, diantaranya sebagai berikut:

  • Mengandung Serat Tinggi
    Kacang panjang adalah sayuran yang kaya serat. Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, terdapat kandungan serat mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian kita. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal.
  • Sumber Protein
    Dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.
  • Zat Besi
    Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,6 mg zat besi (15% kebutuhan). Zat besi adalah komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot.
  • Vitamin B Kompleks
    Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg folat (37% kebutuhan); 0,2 mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1 mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1 mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4 mg asam pantotenat (4% kebutuhan); dan 0,6 mg niacin (3% kebutuhan). Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita.
  • Magnesium
    Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 98 mg magnesium (25% kebutuhan), di mana mineral ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot, serta aktivitas enzim dalam tubuh.
  • Mangan
    Tiap 100 gram kacang panjang rebus juga mengandung 0,5 mg mangan (24% kebutuhan). Mangan penting bagi aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbohidrat dan kesehatan sendi.
  • Kalsium
    Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 42 mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.
  • Kalium
    Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 315 mg potassium (9% kebutuhan), yang penting bagi fungsi saraf dan otot kita.

Selain itu, kangkung juga mengandung Zinc, Tembaga, Fosfor, Selenium. Baca juga: Manfaat Kangkung bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Proses untuk mendapatkan manfaat dari kacang panjang ini tidaklah sulit, Anda bisa memilih dari cara pengolahannya. Dalam mengkonsumsi sayur ini, bisa Anda mulai dari memasaknya secara langsung ataupun dicampurkan dengan beberapa bahan lain. Dengan cara yang mudah dan sederhana tersebut Anda bisa mendapatkan khasiatnya. Seperti halnya pada delapan manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh berikut ini:

1. Menjaga dan meningkatkan stamina tubuh

Manfaat kacang panjang ternyata dapat menjaga dan meningkatkan stamina tubuh. Vitamin B yang ada pada kacang panjang ini berperan penting sebagai sumber energi bagi tubuh. Terlebih setelah melakukan berbagai aktifitas dan sumber energi berkurang, mengkonsumsi menu ini bisa mengembalikan stamina lagi. Vitamin B tersebut mampu meningkatkan serta menjaga stamina di dalam tubuh sehingga menjadikan kondisi yang fit.

2. Sebagai sumber protein

Protein ialah salah satu senyawa yang penting bagi tubuh dan di dalam kacang panjang ini memilikinya. Anda bisa mendapatkan asupan protein yang cukup hanya dengan mengonsumsinya sebagai satu atau lauk pauk yang enak.

3. Menjaga kesehatan tulang

Seiring bertambahnya usia akan ada perubahan kondisi dari tulang menjadi rapuh. Pada keadaan tulang yang terus berkurang ini menjadikan gerak tubuh tidak lagi maksimal seperti sebelumnya. Namun, hanya dengan kacang panjang ini akan memberikan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang tersebut. Karena kandungan magnesium dan kalsium pada kacang ini mampu mencukupi segala kebutuhan bagi tulang. Dengan begitu, tulang senantiasa sehat dan fit.

4. Menjaga kesehatan persendian

Di dalam tubuh setiap manusia terdapat persendian yang terus bekerja sesuai fungsinya. Namun, adakalanya kondisi sendi itu bisa menurun dan tidak sehat, pada keadaan inilah timbul beberapa rasa sakit yang tak nyaman. Masalah ini bisa diatasi oleh kacang panjang yang mengandung mangan, dimana unsur tersebut sangat baik bagi persendian. Memenuhi kebutuhan mangan di dalam tubuh sama dengan menjaga kesehatan persendian.

5. Mencegah resiko diabetes

Kacang panjang memiliki khasiat untuk mencegah resiko terkena diabetes. Kandungan serat dalam jumlah yang tinggi pada kacang panjang ini sangat bagus untuk pencegahan dari kadar gula dalam darah yang terus meningkat. Dimana serat itu mampu mencegah adanya peningkatan kadar gula agar senantiasa dalam keadaan normal atau seimbang.

6. Sebagai zat antibodi

Kacang memiliki kandungan yang bernama tembaga, unsur satu ini berperan penting sebagai antibodi di dalam tubuh. Bahwasannya, tubuh memerlukan zat antibodi agar senantiasa tetap fit dan memperkuat sistem kerja pada tubuh.

7. Membantu proses pembentukan sel darah merah

Kandungan zinc yang ada pada kacang ini sangat baik dan dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Dimana proses tersebut bisa lebih lancar dan juga lebih terjaga dengan baik. Bahwasannya, pada sel darah merah ini memiliki peran baik bagi tubuh, agar fungsi tersebut senantiasa terjaga, diperlukan kandungan yang disebut dengan zinc. Unsur ini bisa dipenuhi dari kacang panjang.

8. Membantu proses pembentukan enzim

Zat besi yang dimiliki oleh kacang panjang ini memberikan peran sebagai pembantu dalam pembentukan enzim dengan reaksi kimia. Dimana enzim-enzim ini akan membutuhkan unsur lain agar fungsinya bisa lebih maksimal dalam menjaga tubuh untuk tetap memiliki sistem yang seimbang.

Manfaat Daun Kacang Panjang

Selain buahnya yang berupa kacang berbentuk panjang, daun kacang panjang atau sering disebut lembayung juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Terutama sebagai bahan ramuan untuk pengobatan tradisional. Daun tanaman ini bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi payudara yang bengkak sehabis melahirkan.

Caranya, ambil daun kacang panjang yang masih mudah secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus. Balurkan tumbukan daun kacang panjang tersebut pada sekitar payudara, kemudian lakukan pijatan secara lembut. Biarkan hingga kering dengan sendirinya, lalu bersihkan dengan air hangat.

Selain dijadikan obat, daun kacang panjang juga bisa dikonsumsi sebagai teman makan nasi. Bisa dengan cara ditumis atau direbus lalu diajdikan lalapan untuk coel sambal. Beberapa orang menjadikan daun ini sebagai salah satu bahan dalam pembuatan gado-gado.

Baik, itulah beberapa kandungan Nutrisi dan mineral yang terdapat pada kacang panjang, serta khasiat dan manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh. Semoga info diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *