7 Khasiat dan Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Selada – Mengkonsumsi sayuran merupakan sebuah proses yang baik untuk menjaga kesehatan di dalam tubuh. Namun, sebenarnya bukan hanya bagi kesehatan saja tetapi bisa pula untuk kecantikan yang ingin diperoleh secara alami. Begitu juga dengan daun Selada yang mempunyai ragam manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Khasiat yang dimiliki oleh daun Selada ini berperan penting sebagai pelindung, pencegah hingga ramuan alami untuk beberapa resiko.

7 Khasiat dan Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan

Mungkin selama ini anda hanya tahu kalau daun selada ini hanya untuk lalapan saja. Padahal banyak manfaat daun selada bagi kesehatan dan juga kecantikan dimana daun selada ini dipercaya mampu Menghambat proses penuaan yang terjadi pada wajah.

Selada memiliki beberapa jenis varian, namun yang dikenal secara luas hanya 5 jenis saja. Mereka adalah butterhead (Boston), selada cina, crisphead (Iceberg), looseleaf, Romaine, dan Summer Crisp (Batavia).

Apa Kandungan Nutrisi Daun Selada ?

Tanaman yang memiliki nama latin lactuca sativa dan termasuk ke dalam keluarga Asteraceae ini memiliki cukup banyak kandungan Nutrisi yang baik untuk tubuh. Selada merupakan sumber yang baik bagi klorofil dan vitamin K. Kaya garam mineral dengan unsur-unsur alkali sangat mendominasi. Hal ini yang membantu menjaga darah tetap bersih, pikiran dan tubuh dalam keadaan sehat.

Selada berdaun kaya akan lutein dan beta-karoten. Juga memasok vitamin C dan K, kalsium, serat, folat, dan zat besi. Vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah. Nutrisi lainnya adalah vitamin A dan B6, asam folat likopen, kalium, dan zeaxanthin. Selada mengandung alkaloid yang bertanggung jawab untuk efek terapeutik.

Meskipun semua varietas selada memiliki kalori rendah, namun memiliki kandungan gizi yang berbeda. Selada sebagai sumber baik kolin. Selada Romain yang paling padat nutrisi dari semua varietas dan merupakan sumber vitamin A, B1, B2 dan C, asam folat, mangan dan kromium. Selada merah mendapat warna merah dari pigmen yang disebut antosianin. Pigmen ini berfungsi sebagai antioksidan, menghilangkan radikal bebas yang merusak sel. Beberapa peneliti menemukan berbagai selada merah mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat.

Khasiat dan Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan khasiat dari daun Selada, Anda bisa mengonsumsinya sebagai sayur mentah atau sebagai lalapan yang segar. Sayur hijau yang segar ini memiliki rasa yang fresh sehingga sangat cocok untuk dijadikan lauk pauk kapan saja, entah itu sebagai menu pagi, siang hingga malam. Mengkonsumsi sayur ini bukan hanya menjadikan menu makan lebih segar dan nikmat saja, tetapi juga terdapat khasiatnya. Seperti halnya pada tujuh manfaat daun Selada berikut ini:

1. Menghambat proses penuaan yang terjadi pada wajah

Seringkali masalah kecantikan itu selalu diutamakan, begitu pula dengan menghambat penuaan dini atau proses penuaan pada wajah. Hal ini sangat penting bagi wanita untuk tetap bisa tampil cantik dan terlihat muda meski usianya telah lebih. Masalah ini bisa Anda selesaikan dengan mengkonsumsi daun Selada. Dimana pada sayur ini memiliki kandungan yang disebut sebagai senyawa Zeaxanthin yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan inilah yang nantinya akan mencegah adanya penuaan pada wajah agar bergerak lebih lambat.

2. Kandungan vitamin A bagi Mata

Vitamin A ialah salah satu komponen yang baik untuk menjaga kesehatan pada mata. Pada daun Selada ini terdapat vitamin tersebut yang mengandung beta karoten. Kandungan inilah yang berperan sebagai penjaga mata dari beberapa resiko seperti mata katarak, iritasi dll. seperti yang diketahui bahwa menjaga mata itu sangat penting terlebih bagi Anda yang sering mempunyai aktifitas di depan layar kaca ataupun terkena debu. Mengkonsumsi daun ini dapat memberikan penjagaan dari dalam agar mata senantiasa fit.

3. Sumber mineral di dalam tubuh

Mineral yang ada pada daun Selada ini ada lebih, seperti mineral kalium dapat bekerja sebagai penguat gigi dan tulang. Terdapat pula mineral zat besi yang bertugas memperlancar proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Serta mineral kalium dengan fungsi sebagai komponen yang menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan normal.

Baca juga artikel: Khasiat dan Manfaat Daun Sembung

4. Memperkuat tulang

Adanya kandungan vitamin K pada daun ini menjadikannya berperan penting dalam pembentukan suatu hormon yang dikenal sebagai osteotropic. Hormon ini berfungsi sebagai pencegah adanya keropos pada tulang serta memperkuat kondisi suatu tulang.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol ialah salah satu komponen yang diperoleh dari asupan menu makanan dan minuman yang dikonsumsi pada setiap hari, entah itu kolesterol baik ataupun jahat. Mengkonsumsi sayur daun Selada ini mampu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kandungan lemak rendah serta antioksidan inilah yang menjadikan manfaat tersebut.

6. Pencegah kanker

Daun Selada mempunyai senyawa yang dinamakan sebagai kandungan gluconasturtin. Dimana pada senyawa ini yang nantinya akan melawan kanker di dalam tubuh. Sehingga dapat dijadikan sebagai tameng dari suatu penyakit yang berbahaya.

7. Menjaga tingkat kesuburan

Kandungan vitamin C dan folat yang ada di dalamnya ini mampu memberikan kesuburan bagi sistem reproduksi pria dan wanita. Bukan hanya itu saja, tetapi bisa pula menjaga kesuburan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa senantiasa menjaga sistem reproduksi ini hanya dengan mengkonsumsi daun Selada.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat daun selada bagi kesehatan. Jadi, buat anda yang tidak suka mengkonsumsi daun selada mulai sekarang cobalah walaupun hanya sedikit demi menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *