10 Khasiat dan Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

Anda mungkin pernah mendengar Bunga Wijaya Kusuma. Bunga ini banyak disebut orang sebagai bunga ratu malam karena mekar pada malam hari dan akan layu sebelum pagi hari. Selain memiliki keunikan, ternyata bunga ini memiliki khasiat luar biasa. Salah satu manfaat bunga wijaya kusuma adalah untuk menyembuhkan luka.

10 Khasiat dan Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

Bunga Wijaya kusuma yang mempunyai nama latin Epiphyllum anguliger termasuk ke dalam jenis kaktus, divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Nama Wijaya Kusuma hanyalah sebutan dari bunga ini oleh orang Indonesia. Banyak yang mengira tanaman ini asli Indonesia, padahal tanaman ini berasal dari Amerika Selatan (Venezuela dan Karibia). Belum ada keterangan resmi kapan dan bagaimana bunga ini bisa sampai ke Indonesia. Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa bunga wijaya kusuma yang dimaksud oleh nenek moyang kita bukanlah bunga jenis kaktus yang beredar sekarang ini.

Tanaman kaktus sendiri terdapat sekitar 1.500 jenis (famili) dan masih ada beberapa yang belum berhasil diidentifikasi. Nenek moyang kita mempercayai bahwa tumbuhan ini memiliki kekuatan mistis terutama pada bunganya. Bunga wijaya kusuma memang memiliki masa mekar yang singkat. Rata-rata mekar pada malam hari atau sore hari. Beredar mitos yang menyebutkan bahwa orang yang melihat bunga ini mekar akan mendapatkan rejeki yang lancar.

Tanaman kaktus dapat hidup subur di daerah sedang sampai tropis. Demikian juga tanaman wijaya kusuma. Namun ada juga beberapa jenis kaktus yanh sanggup hidup di daerah kering seperti gurun pasir. Bunga wijaya kusuma hanya merekah beberapa saat saja dan tidak semua tanaman wijaya kusuma dapat berbunga dengan mudah, tergantung dari iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan. Hal inilah yang kemudian menciptakan mitos tertentu tentang bunga ini.

Ciri-Ciri Bunga Wijaya Kusuma

Pada umumnya tanaman jenis kaktus sukar untuk ditentukan morfologinya, tetapi wijayakusuma dapat dilihat dengan jelas mana bagian daun dan mana bagian batangnya, setelah tanaman ini berumur tua. Batang pohon wijayakusuma sebenarnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Helaian daunnya pipih, berwarna hijau dengan permukaan daun halus tidak berduri, lain halnya dengan kaktus-kaktus pada umumnya. Pada setiap tepian daun wijayakusuma terdapat lekukan-lekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga . Wijayakusuma dapat tumbuh baik di tempat berhawa sejuk, yang tidak terlalu panas.

Bunga wijaya kusuma memiliki warna putih dan merah, ada juga yang agak keunguan. Namun seiring perkembangan teknologi kawin silang, sekarang ini sudah banyak Nurseri yang mempunyai bunga wijaya kusuma berwarna kuning dan jingga. Baca juga: 14 Manfaat Luar Biasa Bunga Turi

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan dan pengobatan

Tumbuhan wijaya kusuma mempunyai khasiat ampuh untuk meredam rasa sakit dan mampu menetralisir pembekuan darah. Wijaya kusuma juga memiliki khasiat yang dapat mempercepat masaknya luka abses/bisul. Selain itu bunga ini juga memiliki berbagai khasiat dan manfaat luar biasa. Berikut 10 khasiat dan Manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan dan pengobatan :

1. Menyembuhkan luka

Dengan khasiatnya tersebut, bunga wijayakusuma sering dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Namun yang digunakan untuk pengobatan bukan bagian bunganya, melainkan daunnya. Caranya, ambil satu helai daun wijaya kusuma, kemudian ditumbuk hingga halus. Tempelkan pada bagian tubuh yang luka, balut dengan perban. Untuk mempercepat matangnya bisul, bisa dilakukan dengan cara yang sama.

2. Mencegah stroke

Manfaat luar biasa dari kandungan Bunga wijaya kusuma adalah sangat efektif untuk mencegah penyakit sroke. apabila terjadi penyumbatan darah maka resiko terkena stroke sangat tinggi. Untuk itu, konsumsi bunga ini dengan cara merebus dan mengolahnya menjadi ramuan kesehatan yang alami.

3. Mengatasi batuk berdahak (TBC)

Tuberkolosis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, ciri-cirinya adalah batuk berdahak yanag tidak berhenti-henti, bisanya disebabkan oleh bakteri dan virus yang menempel di tenggorokan, jika dibiarkan akan menjadi masalah besar bahkan hingga menimbulkan kematian.

Jika anda atau saudara dan kerabat anda mengalami penyakit ini, disarankan untuk mengkonsumsi bunga wijaya kususma, kandungan nutrisi di dalamnya sangat efektif untuk menghilangkan virus penyebab TBC. Caranya dengan merebus bunga wijaya kusuma 3-5 kuntum bunga, lalu tambahkan air serta campu dengan manfaat gula aren sebanyak 15 gram. Tunggu hingga dingin, kemudian minumlah air rebusan tadi. Lakukanlah hal ini dua kali sehari setiap hari sampai sembuh.

4. Mengobati nyeri lambung (gastritis)

Lambung kita sangat peka terhadap asam, jika lambung anda bermasalah jangan konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam. Untuk anda yang terlanjur sakit pada lambungnya, bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi bunga wijaya kusuma.

bunga ini sangat efektif dan aman untuk meredakan nyeri pada lambung, karena memiliki PH netral sehingga tidak akan mengganggu lambung anda. Caranya Cukup dengan merebus bunga wijaya kusuma sebanyak 3-5 kuntum, setelah itu diminum 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan.

5. Mengobati bisul

Manfaat dari bunga wijaya kusuma berikutnya adalah untuk mengobati penyakit benjolan merah pada kulit yang berisi nanah atau sering dikenal dengan penyakit bisul. Anda bisa mengobati bisul dengan membuat ramuan alami dari bunga ini. Cara membuatnya dengan menumbuk halus bunga ini sekitar 10-20 g setelah halus tambahkan sedikit air, kemudian oleskan pada bisul tersebut.

6. Mengobati pendarahan Rahim

Pendarahan rahim merupakan penyakit pendarahan pada wanita yang keluar saat haid. Apabila darah yang keluar terlalu banyak, akan membuat penderita menjadi pucat dan juga lemah karena kekurangan darah. Cukup dengan merebus bunga wijaya kusuma sebanyak 2-3 kuntum, minum secara teratur agar proses penyembuhan semakin cepat.

7. Mengobati sesak nafas (asma)

Ketika terjadi asma, kebanyakan orang masih menggunakan obat-obatan yang dijual di toko untuk mengobatinya, padahal obat-obatan itu ada efek sampingnya. Ada alternatif pengobatan herbal tanpa efek samping dan terbukti ampuh yaitu dengan mengkonsumsi bunga wijaya kusuma. Dengan mengkonsumsinya anda akan merasakan kesegaran, sehingga pernafasan anda akan terbantu dan menjadi normal kembali.

Caranya ,mudah hanya ambil dan cuci 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma, lalu potong-potong kecil, masukkan ke dalam air dan dicampur dengan manfaat gula batu sampai tertutup semua permukaan bunga wijaya kusuma, setelah itu tim. Tunggu hingga dingin lalu minumlah sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Mengatasi radang tenggorokan

Bunga wijaya kusuma memiliki khasiat untuk mengatasi radang tenggorokan karena memiliki rasa mint. Sakit tenggorokan umumnya terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas, sehingga akan mengakibatkan radang pada tenggorokan. Untuk mengatasi dan menyembuhkannya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi bunga ini, karena bunga ini memiliki rasa mint yang membuat tenggorokan menjadi segar dan lembab kembali.

9. Mengatasi muntah darah

Muntah Darah menjadi pertanda bahwa kondisi berbahaya yang segera membutuhkan pengobatan. Salah satu khasiat dari Bunga Wijaya Kusuma adalah dapat mengatasi Muntah Darah. Bila ada keluarga atau saudara yang mengalami Muntah darah bisa Mengkonsumsi bunga ini karena sangat efektif dalam menyembuhkan. Cara membuat ramuannya ambil 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma kemudian rebus, setelah itu minumlah secara teratur.

10. Membantu Menghilangkan jerawat

Manfaat bunga wijaya kusuma yang terakhir yakni dapat membantu menghilangkan jerawat karena didalam bunga wijaya kusuma terdapat kandungan luar biasa yang terbukti ampuh menghilangkan jerawat di wajah. Buat kamu yang memiliki jerawat diwajah ingin kembali bersih dan halus bisa mencoba mengkonsumsi minuman herbal bunga ini.

Itulah 10 khasiat dan Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk kesehatan dan pengobatan. Semoga informasi mengenai khasiat bunga wijaya kusuma ini menambah wawasan dan pengetahuan kita semua agar selalu menjaga tubuh tetap sehat.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *