6 Ide Bisnis Unik Bernilai Miliaran Rupiah

6 Ide Bisnis Unik Bernilai Miliaran Rupiah – Untuk membuat banyak orang tertarik menggunakan atau membeli produk, banyak pebisnis yang mengeluarkan ide bisnis unik agar barang dagangannya cepat laku. Dalam bisnis, semakin unik dan aneh suatu bisnis maka kemungkinan untuk meraup keuntungan semakin besar. Tentu saja dibarengi dengan pelayanan dan kualitas yang baik.

6 Ide Bisnis Unik Bernilai Miliaran Rupiah

Untuk masalah ide bisnis unik dan nyeleneh, pengusaha asal Asia adalah jagonya. Tapi meskipun ide bisnis tersebut tidak lazim dan terdengar konyol, bisnis tersebut tetap memiliki pelanggan tersendiri. Berikut adalah beberapa ide bisnis konyol yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain dikutip dari CNBC.

Ide Bisnis Unik dan Konyol Bernilai Miliaran Rupiah

Nah, berikut ini adalah beberapa ide bisnis paling unik dan konyol namun bernilai milyaran rupiah.

1. Restoran toilet modern

Bayangkan Anda memakan eskrim berbentuk kotoran manusia sambil duduk di atas toilet, menjijikan bukan? Tapi hal ini tidak berlaku di Taiwan. Bisnis restoran bertema toilet ini sedang booming di negara yang terkenal dengan F4 nya tersebut. Restoran Toilet Modern ini didirikan pada 2004 oleh mantan bankir Wang Zi-Wei setelah ia melihat kesuksesan wadah eskrim berbentuk toilet. Hingga kini, ia berhasil membuka hingga 12 restoran yang tersebar di Taiwan, dan satu di Hong Kong.

Semua peralatan makan di tempat ini berbentuk nyeleneh, mulai dari meja bak mandi ditutup kaca dengan kursi yang berbentuk kloset toilet sampai gelas berbentuk tempat buang air kecil. Saking nyelenehnya, makanan yang disediakan pun diletakkan dalam piring berbentuk bak mandi kecil. Selain bertema kamar mandi, di Taiwan juga ada restoran bertema rumah sakit dan penjara.

2. Udara Segar Kalengan

Kualitas udara segar di China sudah makin memburuk gara-gara pembangunan yang terlalu pesat. Namun, kualitas udara yang buruk di China malah dianggap sebagai peluang bisnis oleh Chen Guangbiao. Pengusaha asal China tersebut mempunyai ide bisnis yang aneh, yaitu menjual dara segar di dalam kaleng. Sebelum menual udara bersih dalam kaleng, Chen sudah jadi miliuner melalui bisnis daur ulang.

Lalu bagaimana udara segar bisa dimasukkan dalam kaleng? Udara segar dikemas dalam sebuah kaleng sebesar minuman bersoda kemudian orang tinggal menghirupnya. Udara segar kalengan tersebut dijual pertama kali pada Januari lalu di Beijing setelah beberapa penduduk terkena gas beracun. Menurut Chen, ia sudah menjual 8 juta udara segar kalengan hanya dalam waktu 10 hari setelah diluncurkan. Produk tersebut dijual seharga 5 yuan (Rp 5.000) per kaleng.

Dulu air adalah komoditas gratis, kini air adalah barang yang cukup mahal. Sekarang udara yang kita hirup pun tak lagi gratis. Jadi pengusaha juga harus peduli lingkungan.

3. Semangka berbentuk kotak

Jepang adalah negara yang kreatif dimana ide-ide unik lahir dari sana. Jadi tidak aneh kalau ide bisnis unik banyak berasal dari negeri para samurai ini. Semangka berbentuk kotak adalah ide bisnis unik yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Para petani di provinsi Zentsuji, Jepang selatan mulai menanam semangka di dalam kotak kaca persegi dan membiarkannya tumbuh membesar sampai mengikuti bentuk kotak tersebut. Semangka kotak ini diklaim lebih mudah ditaruh di kulkas daripada semangka normal yang berbentuk bulat.

Meski semangka berbentuk kotak ini baru ramai diberitakan 2011 lalu, para petani di Jepang mengklaim bahwa mereka sudah menanam buah berbentuk unik sejak 30 tahun silam. Semangka normal biasa dijual Rp 30.000 di Jepang, tapi semangka berbentuk kotak lebih mahal, sekitar Rp 150.000-250.000 per buah.

4. Kopi Luwak

Kopi Luwak adalah salah satu kopi paling mahal di dunia. Percaya atau tidak, biji kopinya diambil dari kotoran binatang sejenis kucing hutan yang biasa disebut Luwak. Pertama-tama, Luwak tersebut diberi makan biji kopi mentah. Biji kopi tersebut akan difermentasi oleh perut Luwak sampai akhirnya keluar lagi bersama kotorannya. Dari situ, kotoran luwak dipisahkan dari biji kopi yang bentuknya masih utuh tuntuk kemudian dibersihkan, dibakar dan dikemas untuk siap dijual. Kopi ini ditemukan sejak tahun 1800an di pulau Jawa dan Sumatera.

Bisnis Unik Kopi Luwak kini mulai melebar hingga ke Vietnam dan Filipina bahkan sampai ke Peru. Satu gelas kopi luwak dihargai mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 650.000, bahkan di situs e-commerce Amazon.com untuk 100 gram kopi ini Anda harus membayar Rp 400.000 dan Rp 3,5 juta untuk satu kg. Saking terkenalnya bisnis ini, banyak pihak sekali pihak yang memalsukan Kopi Luwak, biasanya harganya jauh lebih murah dari yang asli.

5. Pocket Geiger

Pocket Geiger atau dalam bahasa Indonesia disebut Pencacah Geiger, atau bisa juga disebut Pencacah Geiger-Müller adalah sebuah alat pengukur / pendekteksi radiasi ionisasi. Fungsi utama dari Pocket Geiger adalah mampu untuk mendeteksi radiasi alpha dan beta. Sensornya berbentuk tabung yang dinamakan tabung Geiger-Muller. Tabung tersebut diisi oleh gas yang sifatnya konduktor sehingga apabila terjadi radiasi dari partikel atau foton mampu mengubah partikel tersebut menjadi gas.

Meskipun alat ini canggih, namun ia tidak bisa bekerja sendiri. Pocket Geiger akan bekerja maksimal dengan bantuan ponsel, bisa ditempelken ke ponsel atau didekatkanke ponsel saat mendeteksi radiasi.

Pocket Geiger adalah alat pendeteksi radiasi. Bentuknya kecil bahkan lebih kecil dari korek api gas sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Hanya saja, alat ini tidak akan bekerja tanpa bantuan ponsel. Ia baru bisa mendeteksi adanya radiasi jika ditempelkan atau berdekatan dengan ponsel saat melakukan deteksi. Kekurangan Pocket Geiger adalah tidak bisa mendeteksi neutron. Alat ini diciptakan oleh Radiation Watch, sebuah lembaga non profit.

6. Celana dalam penyerap bau

Ide bisnis yang satu ini tidak kalah unik dan konyol dari bisnis-bisnis lainnya. Pebisnis asal Australia membuat sebuah celana dalam pria yang bisa menyerap bau tak sedap. Celana dalam penyerap bau ini bisa dibeli via online seharga Rp 250.000-350.000 dengan merek 4SKINS. Penemunya adalah Gilbert Huynh, yang pada 2010 lalu berhasil mengawinkan teknologi nano dengan kain sehingga bisa menahan bau tak sedap keluar menembus keluar kain yang diberi nama Neutralizer tersebut.

Meski celana dalam penyerap bau ini adalah produk untuk pria, Huynh mengaku produknya malah laris dibeli para wanita. Hal itu disebabkan banyak pria yang malu untuk membeli celana tersebut karena takut akan dianggap memiliki selangkangan yang bau. Jadi wanitalah yang membelikan celana dalam unik tersebut untuk pacar ataupun suami mereka.

Gimana apa ide bisnis unik diatas cukup menginspirasi anda? Intinya jika ingin sukses kita perlu memiliki ide yang kreatif dan tentunya memberikan manfaat bagi banyak orang.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *