Hubungan Sejarah dengan Ilmu-ilmu Sosial

By Admin | pengetahuan

hubungan sejarah dengan ilmu-ilmu sosial

Bantuan ilmu-ilmu sosial mutlak dalam setiap pengkajian sejarah. Tanpa menguasai ilmu-ilmu sosial, penyelidikan sejarah tidak akan sampai pada tujuan sejarah yang semestinya. Hal ini dikarenakan dari masa ke masa dimensi kemanusiaan senantiasa terkait erat dengan berbagai bidang yang sebagian besar telah berdiri sebagai bidang ilmu yang mandiri. Bidang-bidang ilmu tersebut meliputi ilmu politik, ilmu ekonomi dan geografi, antropologi dan sosiologi. Validitas sejarah bahkan sangat membutuhkan keutuhan penyelidikan berdasarkan berbagai tinjauan ilmu tersebut.

Baca juga: Sumber Sejarah


Berikut beberapa hubungan Sejarah dengan Ilmu-ilmu Sosial yang akan kami uraikan secara lengkap.

1. Hubungan Sejarah dengan Ilmu Politik
Politik merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat mempengaruhi terjadinya perubahan. Pentas sejarah manusia bahkan sangat didominasi oleh pergulatan politik yang menyebabkan terjadinya perubahan demi perubahan, tidak hanya dalam hal pemerintahan, melainkan juga wilayah, pola hidup dan pola hubungan yang kemanusiaan yang lebih luas. Hal ini menjadikan penyelidikan sejarah tidak mungkin menghindarkan dari pemanfaatan ilmu politik sebagai perangkat analisis.

2. Hubungan Sejarah dengan Ilmu Ekonomi dan Geografi
Letak suatu wilayah (geografis) dan perkembangan perekonomiannya merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Malaka dan Papua merupakan dua wilayah dengan intensitas alur transportasi laut berbeda berdampak berbeda terhadap perkembangan ekonomi, sosial dan budaya masyarakatnya. Kaitan antara letak geografis dan kondisi ekonomi merupakan variabel perubahan dan dinamika yang tidak dapat dihindarkan untuk dijadikan bahan kajian maupun perspektif tinjauan kesejarahan. Oleh karena itu, analisis sejarah juga membutuhkan pemahaman keduanya secara memadai.

3. Hubungan Sejarah dan Antropologi
Pada dasarnya sejarah lebih banyak memfokuskan kajiannya pada manusia dan masalahnya. Letak geografis, kondisi alam, perekonomian dan intensitas relasi antar manusia banyak mempengaruhi corak kebudayaannya. Perkembangan sejarah sendiri memperlihatkan bahwa kebudayaan manusia senantiasa berkembang seiring perkembangan hubungan antar manusia yang semakin intens. Perubahan-perubahan tertentu yang dialami manusia memperlihatkan kuatnya pengaruh budaya mereka sendiri maupun budaya luar yang saling jalin-menjalin, yang tidak hanya menjadi faktor pemicu perubahan, melainkan juga mempengaruhi pola pikir dan sikap mereka dalam menghadapi setiap masalah. Hal ini menyebabkan sejarah tidak dapat menghindar dari keharusan untuk mengapresiasi antropologi sebagai salah satu perangkat kajian dan analisisnya. Pola-pola peristiwa sejarah sendiri pada dasarnya memperlihatkan pergeseran pola-pola kebudayaan, termasuk pola pikir dari masa ke masa, pada suatu wilayah dan wilayah lain.

4. Hubungan Sejarah dengan Sosiologi
Sejarah menyajikan kehidupan manusia ditengah lingkungan geografis dan sosialnya. Setiap masyarakat manusia senantiasa terikat oleh struktur sosial, proses-proses sosial serta perubahan demi perubahan yang melibatkan jalinan unsur-unsur sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial dengan lapisan dan stratanya masing-masing. peristiwa sejarah banyak menampilkan konflik, persaingan dan kerjasama antar manusia yang perlu dipahami dari perspektif sosiologis.

Baca juga: Ruang Lingkup Sejarah

Beberapa Ilmu Bantu Sejarah

Penelaahan sejarah ataupun penyusunannya memerlukan seperangkat keilmuan bantu. Ilmu bantu adalah sejumlah disiplin ilmu pengetahuan yang diperlukan dalam rangka membantu memahami sejarah mulai dari pengumpulan fakta-fakta sejarah hingga analisis dan penyimpulannya. Beberapa bidang ilmu pengetahuan dimaksud adalah arkeologi atau ilmu purbakala, epigrafi, filologi, genealogi, numistik dan ilmu-ilmu sosial.

1. Arkeologi atau ilmu purbakala merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari benda-benda yang memiliki nilai sejarah (purbakala). Bagi ilmu sejarah benda-benda tersebut membantu memberikan informasi mengenai masa lalu berdasarkan bukti-bukti materil berupa situs atau lokasi dan benda-benda yang sedikit banyak menjelaskan keberadaan suatu kurun di masa lalu. Selain dapat informasi yang tidak terekam dalam sejarah tertulis, berbagai artefak arkeologi tidak jarang menjelaskan kondisi atau peristiwa dimasa lalu. Relief-relief candi tertentu seringkali menyajikan informasi mengenai kondisi sekitar lokasi atau merekam peristiwa masa lalu. Berbagai penjelasan arkeologi dengan sendirinya menyajikan fakta-fakta sejarah dengan didukung bukti-bukti.

2. Epigrafi menyajikan berbagai informasi tentang masa lalu berdasarkan bahan-bahan tulisan kuno. Sebagaimana arkeologi, epigrafi memiliki spesifikasi kajian berupa pembacaan tulisan masa lalu yang dalam banyak hal berbeda dari tulisan yang kita kenal saat ini.

3. Filologi merupakan bidang ilmu yang mengkaji kebudayaan suatu bangsa berdasarkan bahasa, sasatra dan agama mereka. Sebagaimana epigrafi, filologi memberikan perhatian pada naskah masa lalu, terutama bidang sastra.

4. Genealogi yaitu ilmu yang mempelajari masalah keturunan individu.

5. Kronologi yaitu ilmu tentang perhitungan waktu. Kronologi terbagi ke dalam kronologi historis, teknis, dan matematis. Kronologi historis menunjukan hitungan waktu atau penanggalan terjadinya peristiwa. Kronologi teknis juga menunjukan waktu atau penanggalan berdasarkan sistem kalender bangsa-bangsa tertentu. Sebagian bangsa mendasarkan pada tahun bulan dan sebagian lagi menggunakan tahun matahari. Sedangkan kronologi matematik adalah rumusan ilmu pasti yang berkaitan dengan kaidah-kaidah perhitungan kronologi teknis.

6. Numismatik adalah ilmu yang mempelajari sejarah perkembangan alat tukar (mata uang) dari jaman purbakala hingga sekarang.

7. Ilmu-ilmu Sosial seluruhnya mulai dari ilmu politik, ekonomi, sosiologi, antropologi, geografi, ekonomi, psikologi dan sebagainya merupakan bidang-bidang ilmu yang dibutuhkan dalam mempelajari sejarah.

Nah, itulah uraian singkat mengenai hubungan sejarah dengan ilmu-ilmu sosial serta beberapa ilmu bantu sejarah. Semoga apa yang sudah kami tuliskan diatas bisa bermanfaat. Salam.


tags: , , ,

Related Pos :