Hasil Final Euro 2016: Portugal Vs Prancis Selecao Takhlukan Tuan Rumah 1-0

By Admin | euro

Hasil Final Euro 2016: Portugal Vs Prancis Selecao Takhlukan Tuan Rumah 1-0

Altundo.com – Hasil pertandingan Final Piala Eropa/Euro 2016 antara Portugal Vs Prancis yang digelar di Stadion Stade de France, pada Senin 11/07/16 dini hari WIB, berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Portugal. Selecao menjadi juara piala Eropa 2016 setelah berhasil takhlukan tuan rumah Prancis lewat gol Eder. Penyerang Timnas Portugal yang bernama lengkap Éderzito António Macedo Lopes ini masuk menggantikan Renato Sanches pada menit 79 dan sukses menjadi pahlawan kemenangan Selecao lewat gol tunggalnya pada menit 109.

Euro 2016 baru saja menuntaskan laga pamungkasnya tadi malam. Partai final yang mempertemukan tuan rumah Prancis kontra Portugal berlangsung Stadion Stade de France berlangsung sengit. Pada laga ini tuan rumah yang diunggulkan lebih mendominasi pertandingan dan menciptakan lebih banyak peluang. Namun meskipun demikian Portugal sukses keluar sebagai juara dengan skor akhir 1-0.


Jalannya Laga Babak Pertama Antara Portugal Vs Prancis

Pertandingan final Euro 2016 mempertemukan Portugal Vs Prancis, dipartai Pamungkas ini kedua tim sama-sama menurunkan skuad terbaik. Jalannya laga babak pertama berlangsung seru karena diawal laga kedua tim sama-sama bermain terbuka. Namun, begitu tuan rumah yang lebih diunggulkan mampu mendominasi jalannya pertandingan dibabak pertama dan menciptakan cukup banyak peluang melalui penyerang mereka seperti Olivier Giroud, Antoine Griezmann dan Moussa Sissoko, tapi sayangnya peluang tersebut belum bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemain tuan rumah.

Portugal yang tertekan juga tidak tinggal diam, anak asuh Fernando Santos juga sempat menciptakan peluang melalui Jose Fonte, Joao Mario dan Nani. Tapi mereka juga belum mampu menciptakan gol.

Percobaan pertama dilakukan Prancis melalui sissoko yang menerobos ke depan dan memberikan umpan kepada Giroud namun masih dapat dihalau pemain Portugal. Pada menit ke 4 giliran Portugal yang melakukan percobaan tapi tembakan Nani masih melambung tinggi.

Pada menit ke 5 Prancis kembali menciptakan peluang tapi tembakan sissoko dari luar kotak penalti masih melambung. Hanya berselang satu menit Griezmann melepaskan tembakan keras dari sisi gawang Patricio tapi bola lagi-lagi belum menemui sasaran. Pada Menit ke 9 Griezmann nyaris mencetak gol lewat Sundulan kerasnya tapi bola masih berhasil di tepis Patricio!

Sejak awal laga Ronaldo yang belum begitu terlihat permainannya, pada menit ke 16 terduduk menahan kesakitan pada kakinya setelah sempat terlibat duel dengan Dimitri Payet dimenit-menit awal. Dia tampak ingin menangis sebelum akhirnya ditandu keluar lapangan untuk mendapatkan perawatan.

Ronaldo kembali memasuki lapangan Usai mendapat perawatan, Namun tidak berapa lama Ronaldo akhirnya keluar lapangan karena tidak sanggup melanjutkan pertandingan. Ia kemudian digantikan oleh Ricardo Quaresma. Ronaldo terlihat sampai menangis karena tak bisa meneruskan laga. Cederanya sang kapten membuat pemain Portugal sedikit terpukul sementara Prancis semakin merajalela.

Pada menit Menit 32 Sissoko melepaskan tembakan keras setelah menerima bola dari Payet, tapi Rui Patricio berhasil menepis bola. Menit 38 PORTUGAL mendapatkan peluang, Adrien Silva mendapatkan ruang tembak di dalam kotak penalti, namun tendangannya masih terlalu lama dapat dihalau pemain Prancis, bola jatuh di kaki Guerreiro yang melepaskan tendangan mendatar mengenai kaki pemain Prancis! Bola melebar. Sepak pojok pun disambut dengan sundulan oleh Quaresma, namun melambung tinggi!

Pada Menit 40 Prancis terus melakukan serangan, dan Portugal menumpuk pemainnya di dalam kotak. Pada menit 41 Portugal mendapatkan Peluang melalui Fonte tapi bola sundulannya masih melambung tipis diatas mistar gawang Hugo Lioris.

Meski beberapa peluang tercipta dibabak pertama, namun hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir tidak ada gol tercipta. Skor tetap 0-0 hingga turun minum.

Jalannya Laga Babak Kedua Antara Portugal Vs Prancis

Memasuki pertandingan babak kedua belum ada perubahan yang dilakukan dari kedua kubu. baru pada menit ke 58 pelatih Didier Deschamps menarik keluar Dimitri Payet dan menggantinya dengan Kingsley Coman.

Pergantian yang dilakukan pelatih Didier Deschamps tepat. Masuknya Kingsley Coman membuat serangan Prancis pun menjadi lebih hidup. Coman langsung menebar ancaman, dengan slidingnya ia mengirimkan passing kepada Griezmann, namun sayang sang striker gagal mengggapai bola!

Pada Menit 66 Griezmann nyaris menjebol gawang Portugal usai sundulannya menyambut bola kiriman Coman mendarat di jaring atas gawang Patricio! Tak lama kemudian Portugal melakukan pergantian pemain, Adrian Silva keluar digantikan oleh Joao Moutinho.

Menit 67, Keputusan Didier Deschamps untuk mengganti Payet dengan Coman rupanya memberikan perbedaan pada timnya. Selain menjadi pengirim umpan yang baik, tembakan kerasnya juga kerap mengancam gawang portugal.

Pada Menit 75 Prancis kembali mendapat peluang lewat Giroud usai menerima umpan dari Coman, sang striker melepaskan tembakan keras on target dari sisi gawang Portugal, tapi kiper Rui Patricio berhasil menepis bola!

Pada Menit 78 terjadi pergantian pemain di kedua kubu, Giroud ditarik keluar ddigantikan Andre Pierre sedangkan dari kubu Portugal Renato Sanches diganti dengan Eder.

Menit ke 80 memperoleh peluang emas lewat tembakan keras Nani. Nani melepaskan tembakan terukur on target dari luar kotak tapi bola masih dapat ditepis Lloris, bola liar disambar Quaresma dengan tendangan akrobat, kembali lioris melompat dan kali ini menangkap bola.

Aksi gemilang kiper Portugal, Rui Patricio, kembali jadi momok bagi lini depan Prancis. Patricio kembali menggagalkan peluang emas Prancis lewat tendangan keras Sissoko menit 84.

Di penghujung babak kedua, Prancis hampir saja memecah kebuntuannya. Sayang, tendangan Andre-Pierre Gignac masih membentur tiang gawang.

Hingga wasit mengakhiri jalannya pertandingan babak kedua ini, skor masih imbang 0-0 tanpa gol. Pertandingan antara Portugal vs Prancis terpaksa dilanjutkan ke babak extra time perpanjangan waktu 2×15 menit!

Di 15 menit pertama babak Extra Time Portugal mampu mendominasi penguasaan bola, mereka berusaha menghambat Prancis untuk menciptakan peluang, namun peluang yang tercipta masih belum membuahkan hasil!

Portugal sempat mendapatkan peluang emas di menit ke 103 melalui sundulan eder yang menerima bola sepak pojok Quaresma tapi bola masih dapat ditepis Lioris. extra time babak pertama tidak ada gol tercipta skor masih imbang 0-0

Memasuki extra time kedua! Portugal kembali mendapat peluang emas melalui tendangan bebas. Portugal nyaris saja unggul melalui Tendangan bebas Guerreiro namun sayang bola menghantam mistar gawang Prancis.

Stadion akhirnya bergemuruh pada menit 109 setelah Eder berhasil mengoyak gawang Hugo Lioris. Pemain yang masuk menggantikan Reanto Sanches ini melepaskan tembakan keras mendatar ke pojok kanan gawang yang tidak dapat dijangkau kiper Timnas Prancis. Portugal unggul 1-0.

Prancis melakukan pergantian pemain, Martial masuk menggantikan Sissoko! sementara Ronaldo sudah seperti manajer, ia ikutan memberikan komando dan semangat bagi rekan rekannya!

Tertinggal 1-0 Les Bleus langsung merespon cepat untuk menyamakan kedudukan di waktu yang tersisa, namun sayang usaha Prancis harus pupus saat peluit panjang dibunyikan wasit.

Les Bleus harus mengakui keunggulan Portugal di laga Final EURO 2016 ini. Portugal pun keluar sebagai Juara Piala Eropa setelah menakhlukan tuan rumah 1-0 di babak Extra Time.

Susunan Pemain Portugal Vs Prancis Final Piala Eropa/Euro 2016

Starting XI Portugal :
Rui Patricio (Gk), Cedric, Fonte, Pepe, Guerreiro, R. Sanches, W Carvalho, Adrien Silva, Joao Mario, C. Ronaldo, L. Nani

Starting XI Prancis:
H. Lioris (Gk), B. Sagna, Koscielny, Umtiti, P. Evra, Matuidi, Paul Pogba, Sissoko, A. Griezmann, D. Payet, O. Giroud


tags: , , ,

Related Pos :