Jelajahi Keindahan Wisata Gunung Kinabalu Sabah Malaysia

Buat kamu yang hobi wisata berpetualang khususnya mendaki gunung maka bisa mencoba Wisata Gunung Kinabalu Sabah. Gunung Setinggi 4095 Mdpl ini merupakan salah satu Gunung tertinggi di Dunia yang berada di Malaysia.

Jelajahi Keindahan Wisata Gunung Kinabalu Sabah Malaysia

Gunung Kinabalu merupakan salah satu kekayaan alam istimewa yang dimiliki Malaysia. Gunung Kinabalu yang terletak di kota Kinabalu, Sabah, dan berada di sebelah utara pulau Kalimantan itu merupakan Gunung tertinggi di Malaysia dan masuk dalam daftar UNESCO di urutan ke 20 Gunung tertinggi di dunia.


Gunung Kinabalu memiliki tinggi 4095 dari permukaan laut, dan terbagi menjadi empat kawasan, yaitu hutan di Bukit Dipterokarp, hutan di Dipterokarp Atas, hutan Montane dan Hutan Ericaceous atau hutan Gunung. Hutan Dipterokarp Bukit adalah kawasan hutan yang terdapat di ketinggian antara 300 – 750 meter dari permukaan laut dan merupakan kawasan hutan terluas di Semenanjung Malaysia.

Gunung Kinabalu Sabah Malaysia

Banyak kekayaan flora yang tumbuh di sana, seperti pohon Seraya, pohon Keruing, dan pohon Meranti. Sementara hutan Dipterokarp Atas adalah kawasan hutan yang terdapat pada ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut yang banyak ditumbuhi pohon Meranti bukit dan Pohon Damar Minyak.

Bagi masyarakat Sabah, Gunung Kinabalu Sabah merupakan simbol kebanggaan dan pemberi semangat. Mereka juga menganggap Gunung ini sebagai Tempat yang suci, dan bahkan meyakini bahwa Gunung tersebut adalah Tempat bersemayamnya jiwa mereka setelah meninggal dunia.

Oleh karenanya, para Wisatawan yang mengunjungi Gunung di Sabah ini diminta untuk bersikap sopan dan menunjukkan rasa hormat pada Gunung yang berdiri berdampingan dengan Gunung Himalaya itu. Boleh percaya atau tidak, beberapa waktu lalu, pernah terjadi gempa yang mengguncang Gunung Kinabalu. Gempa tersebut konon muncul setelah ada beberapa Wisatawan dari Australia yang berpose tanpa busana di sana.

Banyak pendaki yang ingin menaklukkan puncak Gunung Kinabalu, Sabah. Namun, bukan hanya ketinggian Gunungnya yang menantang pendaki untuk datang. Panorama yang bak di awang awang nirwana juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Tips Mendaki Gunung Kinabalu

Ada beberapa tips yang wajib diketahui bagi anda yang berminat mendaki Gunung Kinabalu, Sabah, pertama, mendaki di musim panas. Meskipun rasa panas menyengat, tapi dianggap lebih baik daripada mendaki di musim dingin yang rentan dengan bencana alam seperti longsoran tanah, jalan yang licin dan hembusan angin yang besar dari Laut China Selatan.

Kedua, mendaki sebaiknya didampingi guide. Pihak pengelola Gunung Kinabalu, Sabah menyediakan jasa seorang guide untuk minimal 6 pendaki. Anda cukup membayar 100 Ringgit Malaysia, dan akan mendapatkan pengalaman mendaki yang lebih aman dengan adanya guide.

Gunung yang kita bahas ini merupakan Tempat yang wajib anda kunjungi apabila anda mengunjungi Sabah. Bahkan dalam laman resmi Gunung Kinabalu, mereka berani sesumbar, bahwa bila anda hanya punya satu pilihan Tempat yang bisa anda kunjungi ketika berada di Borneo, maka anda hanya perlu mengunjungi Gunung Kinabalu, Sabah, dan itu akan menjadi pengalaman yang lebih dari cukup bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *