Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang pada sendi yang berhubungan dengan metabolisme. Penyakit ini sering menyerang kepada orang yang sudah berusia 30 tahun lebih. Lalu apa Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Asam Urat ? yes, simak penjelasannya dibawah ini.

Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Asam Urat

Biasanya asam urat akan tumbuh karena lemahnya ginjal dalam membuang zat asam urat sehingga menumpuk dalam peredaran darah. Jangan remehkan penyakit asam urat karena jika sudah terjangkit maka tidak bisa membayangkan betapa sakitnya yang akan dirasakan. Dan Jika dibiarkan semakin parah bukan tidak mungkin akan membuat timbulnya penyakit lain.

Gejala dan penyebab penyakit asam urat

Ada beberapa gejala yang akan timbul jika sudah terjangkit penyakit asam urat, antara lain:

  • Bagian persendian akan terasa nyeri ketika pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari menjelang tidur.
  • Persendian terasa ngilu, kesemutan, linu sampai menimbulkan bengkak yang berwarna kemerah-merahan secara meradang.
  • Rasa nyeri bukan hanya menyerang satu-dua kali saja namun berkali-kali.
  • Bagian yang diserang biasanya sendi kaki, jari kaki, tangan, tumit, dengkul dan pergelangan tangan dan siku.

Untuk lebih hati-hati, periksa kan ke dokter atau cek up ke laboratorium agar mengetahui kadar asam urat tubuh. Kadar asam urat selalu naik dan turun karena konsumsi makanan yang berbeda dan tidak teratur. Jika penyakit asam urat sudah menjalar di tubuh tidak sedikit kemungkinan mempunyai penyakit lain seperti hipertensi, ginjal dan diabetes.

Faktor Penyebab Asam Urat

Sedangkan faktor penyebab penyakit asam urat adalah Kebanyakan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat purin secara berlebihan. Zat purin tersebut akan merasuk dalam tubuh melalui sistem metabolisme sehingga menjadi asam urat.

Jika asam urat tersebut semakin lama semakin meningkat maka ginjal tidak akan mampu untuk membuangnya dan terjadi pengendapan dalam darah. Jika sudah seperti itu, telah di vonis terkena penyakit asam urat yang membuat persendian terasa ngilu, nyeri serta rasa sakit yang berkepanjangan. Bisa juga tulang yang ada di sekitar sendi mengalami pengapuran sehingga lama-kelamaan keropos habis.

Jika sudah mempunyai penyakit asam urat, sangat dilarang untuk tidak makan jeroan seperti, limpa, ginjal, usus, hati, dan otak. Makanan yang mengadung seafood seperti udang, kerang, kepiting, cumi-cumi, sarden dan tiram.
Hindari pula makanan yang mengandung daging mempunyai lemak yang tinggi dan makanan yang banyak pengawetnya dan dikalengkan. Hindari makanan yang digoreng, dimasak menggunakan mentega dan banyak santannya. Namun dianjurkan sekali untuk banyak minum air putih 2-3 liter setiap harinya karena membantu keluarnya kristal asam urat dalam tubuh melalui urine.

Cara Mengobati Asam Urat Tinggi

Upaya mencegah dan mengobati asam urat secara alami sesuai resep kesehatan adalah:

  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin c yang tinggi seperti, jeruk, strawberry dan pepaya.
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat potasium seperti, kentang dan pisang.
  • Banyak mengkonsumsi karbohidrat yang bersifat kompleks seperti nasi, singkong dan roti.
  • Banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang dapat mencegah penyakit asam urat yaitu belimbing wuluh, labu, sawi putih, tomat dan serai.
  • Turunkan berat badan yang mempunyai badan kegemukan karena akan mengakibatkan kadar asam urat menaik drastis jika tidak segera diatasi.
  • Jangan bekerja terlalu lelah dan keras serat menguras pikiran.

Baca juga: 21 Cara Mengobati Asam Urat dengan Ramuan Alami

Obat Asam Urat Tradisional

Adapun upaya mengobati asam urat secara tradisional yang sudah menjadi obat turun-temurun yang berupa tanaman obat asam urat dan terbukti secara klinis serta dipercaya ampuh menyembuhkan penyakit asam urat adalah sebagai berikut:

1. Daun salam

Daun salam yang biasanya untuk dijadikan pelengkap dalam masakan dan penyedap rasa, ternyata mempunyai kandungan yang bagus untuk pencegahan penyakit asam urat yaitu zat tannin dan flavonoid.

Cara pembuatannya: ambil daun salam 10-15 lembar dan setengah batang serai lalu rebus dengan satu gelas air. Tunggu hingga mendidih sampai tersisa setengahnya. Minum tiga kali sehari secara rutin.

2. Daun Sidaguri

Tanaman ini banyak mengandung zat yang baik untuk tubuh seperti alkaloid, asam amino, minyak astiri yang bagus untuk mencegah dan mengobati penyaki asam urat. Selain itu, tanaman ini biasanya digunakan untuk mengobati penyakit rematik dan asma.

Cara pembuatannya: rebuslah akar sidaguri yang kering sebanyak 3-5 buah dengan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan sisakan satu gelas. Minum dua kali sehari masing-masing setengah gelas. Lakukan secara rutin.

3. Kumis kucing dan meniran

Kandungan yang ada di meniran berupa tannin, kalium dan filantin. Sedangkan tanaman kumis kucing banyak digunakan untuk mengobati dan memperlancar saluran air seni dan batu ginjal. Selain itu kumis kucing mengandung zat yang dapat membuang asam urat dalam peredaran darah di tubuh.

Cara pembuatan ramuannya: ambil 5-7 lembar kumis kucing dan 5-7 lembar meniran yang kecil lalu rebus dengan tiga gelas air putih. Tunggu sampai mendidih sisakan satu gelas saja. Minum 3-4 kali sehari. Lakukan secara rutin.

4. Bunga pukul delapan

Tanaman bunga pukul delapan ini bersifat anti radang yang banyak dikonsumsi untuk mengobati rasa sakit dan memperlancar air seni. Ini juga bisa dikonsumsi bagi penderita asam urat. Pertama memang timbul rasa sakit namun lama-kelamaan berangsur hilang kadar asam uratnya yang dibuang bersama urine.

Cara pembuatannya: ambil bunga pukul delapan 5-7 potong lalu rebus dengan tiga gelas air putih. Tunggu sampai mendidih dan ambil satu gelas saja. Dinginkan terlebih dahulu kemudian saring. Minum tiga kali sehari masing-masing satu gelas. Lakukan secara rutin.

Itulah beberapa gejala serta penyebab asam urat dan upaya dalam mengobati asam urat dalam tubuh agar tidak menjalar dengan resep alami dan tradisional yang sudah ampuh khasiat dan penyembuhan nya.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *