Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Keloid

By Admin | kecantikan, kesehatan

gejala, penyebab dan cara mengatasi keloid

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa gejala, penyebab dan cara mengatasi keloid. Namun, sebelum membahas hal tersebut alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu keloid? Berikut penjelasan singkatnya.

Keloid merupakan benjolan padat di kulit yang timbul akibat pertumbuhan proliferative (perbanyakan) dari jaringan fibrosa (jaringan ikat pada kulit) pasca alami penyembuhan luka. Keloid dapat muncul dari bekas luka seperti bekas luka operasi, luka bakar, jerawat, cacar air dan lainnya. Pada kasus tertentu akibat gigitan serangga sekalipun bisa mengakibatkan timbulnya keloid.


Berikut beberapa gejala, penyebab dan cara mengatasi keloid:

– Gejala keloid

Keloid berwarna kemerahan atau kecoklatan dan sejatinya merupakan tumor jinak pada kulit. Keloid memang tidak berbahaya secara medis, namun membuat penderita terganggu sebab merusak penampilan. Gejala keloid biasanya di awali dengan muncul pada bagian-bagian kulit seperti wajah, leher, bagian telinga dan umumnya ukurannya besar.

Keloid mulanya terasa kenyal, licin dan terasa gatal jika di sentuh. Seiring berjalannya waktu benjolan ini akan menjadi keras, miliki batas jelas dan bentuk tak teratur kemudian rasa gatal serta nyeri akan hilang lalu berwarna kemerahan atau cokelat.

– Penyebab keloid

Pada umumnya keloid muncul dikarenakan beberapa sebab. Salah satu penyebab keloid, yaitu lebih sering muncul pada mereka yang memiliki kulit gelap dibandingkan mereka yang memiliki kulit putih. Keloid juga biasanya sering ditemukan pada usia anak-anak dan dewasa muda di usia 10 tahun hingga 30 tahun. Selain itu keloid juga sering muncul pada lokasi peradangan yang lama sembuh serta di daerah dengan regangan kulit tinggi. Seperti dada, bahu, leher, kepala, serta tungkai.

– Cara mengatasi keloid

Cara mengatasi keloid sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh dokter ahli. Ahli kulit atau ahli bedah plastic. Namun penderita keloid patut memperhatikan beberapa hal berikut sebelum berkonsultasi dengan dokter ahli.

• Rawat luka secara cermat dan teliti agar tidak terjadi infeksi. Infeksi luka dapat dicegah dengan membersihkan luka dengan antisepsis.

• Kosultasi dengan dokter jika Anda menderita keloid. Nantinya dokter akan memberikan obat suntikan antikeloid.

• Jika keloid masih terbentuk meski luka telah sembuh, kondisi ini bisa diatasi dengan beberapa suntikan antikeloid. Namun tetap dengan kawalan dokter ahli.


Related Pos :