Gejala Penyakit Maag Ringan, Kronis, Akut

Kenali Gejala Penyakit Maag sejak dini sebelum penyakit tersebut menjadi kronis dan akut. Penyakit maag atau dalam dunia medis disebut dengan gastritis atau dikenal juga dengan sebutan tukak lambung. Maag seringkali dialami oleh banyak orang, penyebabnya tentu saja karena banyak faktor yang sering terjadi akibat telat makan.

Gejala Penyakit Maag Ringan, Kronis, Akut

Penyakit maag merupakan keadaan dimana terjadi peradangan di lambung karena infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Helicobacter pylori dan juga diakibatkan oleh kadar asam pada lambung meningkat. Akan tetapi stress, pola hidup yang tidak sehat, dan pola makan yang tak teratur juga dapat menjadi pemicu gejala penyakit maag. Akibat terkena penyakit maag ini fungsi lambung tidak akan senormal sebelumnya.

Pada dasarnya gejala penyakit maag ini terbagi dalam dua jenis, yakni gejala penyakit maag fungsional. Penyakit maag fungsional merupakaan keadaan dimana saluran pencernaan atas yang belum mengalami kelainan secara anatomis. Yang kedua yakni gejala penyakit maag organic, yang berarti beberapa organ pencernaan atas seperti lambung dan kerongkongan sudah mengalami luka yang serius. Bahkan bukan hanya lambung dan kerongkongan, namun polip dan usus dua belas jari pun sudah mengalami hal yang sama.

Tahapan Gejala Penyakit Maag

Sedangkan untuk tahapan gejala penyakit maag sendiri terdiri dari beberapa tahap:

• Maag ringan

Pada tahap ini ditandai dengan peningkatan asam pada lambung.

• Maag sedang

Pada tahap ini, penderita akan mengalami gejala penyakit maag dengan intensitas sering, hingga menyebabkan nyeri pada perut, mual disertai muntah.

• Maag kronis

Tahap ini menunjukkan pada tingkat dimana pada lambung telah terjadi luka yang selanjutnya berakibat infeksi.

• Maag akut

Infeksi di lambung pada maag kronis, pada tahap ini telah mengalami penyebaran dan sampai menimbulkan borok. Dimana pada borok tersebut terdapat bakteri yang merugikan, yakni Helicobacter pylori.

Silahkan baca juga artikel mengenai Cara Mengobati Sakit Maag dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Gejala Penyakit Maag

Penyakit maag kini merupakan penyakit yang umum, hampir semua orang mengalaminya. Dan sebenarnya faktor apa saja sih yang secara signifikan dapat menyebabkan gejala penyakit maag ini?

• Apabila anda mengalami sakit perut yang teramat sangat saat buang air besar, dan pada kotoran anda berwarna coklat kehitaman, itu merupakan tanda gejala penyakit maag.

• Perut terasa begah dan kembung yang disebabkan karena lambung memproduksi gas terlalu banyak. Pada kondisi ini penderita akan merasa perih pada perut saat merasa lapar atau bahkan ketika setelah makan.

• Mual yang disertai muntah. Bahkan pada beberapa kasus gejala orang terkena penyakit maag yang sudah kronis akan disertai dengan muntah darah.

• Sendawa berlebih bahkan dalam kondisi perut kosong.

Makanan Penyebab Sakit Maag

Bagi anda penderita penyakit maag, anda perlu cermat dalam menjaga pola hidup sehari-hari dan pola makan dan jenis makanan yang anda konsumsi. Karena apabila anda lalai akan beberapa hal berikut ini, gejala penyakit maag anda dapat kambuh kapan saja bahkan lebih parah.

  • Konsumsi cokelat berlebih
    Cokelat dengan kandungan theobromine, kakao serta kafein dalam kadar yang banyak dapat memicu meningkatnya asam pada lambung
  • Minum kopi
    Sama halnya seperti cokelat, kopi juga memiliki kandungan kafein pemicu naiknya asam lambung
  • Minuman mengandung soda
    Efek karbonasi dan sifat asam pada minuman bersoda dapat menyebabkan lambung memproduksi gas secara berlebih hingga berakibat perut kembung
  • Pikiran stress
  • Pola makan yang tidak teratur bahkan sering telat jam makan
  • Sering begadang atau istirahat yang kurang

Penyembuhan pada penyakit maag dapat dilakukan namun untuk kemungkinan sembuh total sangatlah minim. Menghindari dan mengatur pola hidup dengan menghindari pantangan-pantangan di atas dapat mencegah gejala penyakit maag bagi anda yang belum terjangkit.

Dan bagi anda yang saat ini mengalami gejala penyakit maag, dengan memperhatikan pantangan-pantangan tersebut dapat meringankan penyakit anda. Demikianlah, semoga dengan mengetahui gejala yang terjadi sejak dini maka anda bisa mengatasi lebih awal.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *