Gejala Keputihan dan Cara Mencegahnya

By Admin | kesehatan

gejala keputihan dan cara mencegahnya

Sesuai dengan faktor penyebabnya, gejala keputihan timbul dengan berbagai aneka ragam gejala. Diantaranya, keluarnya cairan pada area vagina dalam jumlah yang cukup banyak, sampai-sampai hal ini menyebabkan si penderita harus berkali-kali mengganti celana dalamnya. Bahkan si penderita juga harus menggunakan pembalut.

Warna cairan yang keluar dapat berbeda-beda, seperti berwarna putih jernih, keabu-abuan, kehijauan, atau kekuningan. Tingkat kekentalannya pun juga berbeda-beda mulai dari encer, berbuih, kental, hingga menggumpal seperti kepala susu. Cairan ini ada memiliki bau yang busuk, namun ada juga yang tidak berbau.


Ada juga sebagian dari penderita keputihan yang mengeluhkan rasa gatal pada kemaluan dan sekitar lipatan paha, bibir vagina terasa panas, dapat si penderita dapat juga merasakan nyeri baik apa saat buang air kecil maupun berhubungan seksual.

Gejala dari keputihan juga dapat berdampak pada kondisi psikologis si penderita. Hal ini disebabkan karena adanya rasa malu, sedih atau rendah diri. Bahkan, si penderita dapat juga mengalami kecemasan yang berlebihan akibat rasa takut kalau-kalau akan terkena penyakit kanker. Sehingga mengakibatkan si penderita kehilangan rasa percaya diri dan menghindari bergaulan dengan teman-teman terdekat, serta lebih suka menyendiri.

Untuk menghindari keputihan agar tidak mengalami hal tersebut, maka mencegah keputihan adalah solusi terbaik, ibarat pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Berikut cara-cara dalam pencegahannya:

 Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan sintesis ketat, hal ini dapat mencegah timbulnya timbulnya iritasi pada area kewanitaan.

 Hindari juga terlalu sering menggunakan tissue pada saat membersihkan bagian organ kewanitaan Anda.

 Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan area kewanitaan Anda dengan teratur.

 Gantilah pembalut Anda jika sudah layak untuk diganti.

 Hindari kebiasaan mengalami setress berlebihan.

 Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat membuat tubuh terlalu lelah dan istirahat yang cukup.

 Mulailah untuk mengganti kebiasaan buruk dengan memulai gaya hidup sehat, seperti pola makan sehat dan sering berolahraga.

 Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula, sebab kadar gula yang tinggi dapat mengundang munculnya jamur yang menyebabkan keputihan tubuh dengan subur.

 Hindari melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

 Hindari terlalu sering menggaruk area kewanitaan.

 Jangan terlalu sering menggunakan kondom pada saat berhubungan seksual.

Jadi, tidak terlalu sulit bukan dalam menerapkan berbagai pencegahan keputihan diatas. Untuk itu, mulai lah dari sekarang melakukan pencegahan tersebut, sebelum keputihan menghampiri Anda!


Related Pos :