Gejala Kanker Payudara dan Cara Pengobatannya

By Admin | kesehatan

gejala kanker payudara dan cara pengobatannya.

Apa saja gejala kanker payudara dan cara pengobatannya? pertanyaan inilah yang sering dilontarkan oleh hampir sebagian dari banyaknya wanita yang menderita kanker payudara. dan jawabannya ada pada pembahasan kali ini.

Ada beberapa gejala kanker payudara yang penting untuk Anda ketahui dan perhatikan, diantara beberapa gejala tersebut yaitu, sebagai berikut:


 Merasakan adanya perubahan dalam segi bentuk dan ukuran pada payudara.

 Terdapat sebuah benjolan pada bagian payudara dan benjolan tersebut dapat juga dirasakan dengan rabaan.

 Adanya luka di sekitar puting susu dan sekitarnya dan luka tersebut juga sulit untuk disembuhkan.

 Keluarnya cairan darah atau nanah pada bagian puting susu.

 Mengalami gatal-gatal, dan terasa seperti terbakar atau tertarik kedalam pada bagian puting susu.

 Kulit payudara mengalami pengerutan seperti jeruk purut.

 Dan bagi mereka yang sudah menderita kanker payudara stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, berat badan menjadi turun, dan terjadinya pembengkakan pada lengan.

Adapun beberapa cara pengobatan kanker payudara yang dapat dilakukan antara lain, sebagai berikut:

a. Pengobatan medis

 Terapi penyinaran, terapi ini bertujuan untuk membunuh sisa-sisa sel kanker pada bagian payudara, setelah melakukan operasi.

 Kemoterapi, dilakuakn dengan menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel yang berkembangbiak dengan cepat dan menekan perkembangbiakannya.

 Obat-obatan penghambat hormone, hal ini digunakan untuk menekan pertumbuhan sel kanker di seluruh tubuh.

 Pembedahan kanker payudara, dokter akan mengangkat benjolan serta area kecil sekitarnya dan menggantikannya dengan jaringan otot lain. Secara garis ada 3 tindakan pembedahan pada kanker payudara: Radical Mastectomy, Total Mastectomy, dan Modified Radical Mastectomy.

b. Pengobatan alami

Pengobatan alami juga menjadi bahan pertimbangan dalam pengobatan kanker payudara. Salah satu obat kanker payudara alami adalah sarang semut (Myrmecodia pendas) yang berasal dari hutan Papua. Sarang semut secara nyata dipercaya sebagai obat kanker payudara karena mengandung flavonoid. Ada beberapa mekanisme kerja flavonoid dalam melawan tumor atau kanker:

 Inaktivasi karsinogen, menonaktifkan zat aktif yang menjadi penyebab sel kanker.

 Antiproliferasi, menghambat proses perbanyakan sel abnormal pada kanker.

 Penghambat siklus sel, flavonoid bekerja dengan menghambat siklus pembelahan sel yang abnormal tersebut.

 Induksi apoptosis, merangsang proses bunuh diri sel kanker.

 Inhibisi, menghambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker yang berperan dalam menyediakan makanan atau nutirisi bagi perkembangan sel kanker.

 Pembalikan resistensi multi obat, flovanoid membantu tubuh terhindar dari kebal terhadap obat-obat yang dikonsumsi.

Sarang semut juga mengandung tokoferol yang mirip dengan vitamin E, mempunyai efek antioksidan yang efektif. Tokoferol berfungsi sebagai antioksidan dan antikanker, menangkal serangan radikal bebas dengan cara antidegeneratif.

Penanganan dan pengobatan kanker payudara tergantung pada tipe dan stadium yang dialami penderita. Secara umum, orang baru mengetahui menderita kanker payudara setelah menginjak stadium lanjut karena kurangnya pengetahuan atau rasa malu yang berlebihan sehingga terlambat untuk diperiksa kedokter.

Mengetahui beberapa gejala kanker payudara dan cara pengobatannya memang sangat penting untuk menjadi perhatian bagi kita semua, sebab hal tersebut akan membantu dalam pencegahan terkena risiko kanker payudara. Sehingga tidak terlalu banyak lagi para wanita yang menderita karena penyakit ini. Semoga bermanfaat!


Related Pos :