Fungsi Vitamin Bagi Tubuh Manusia

Fungsi vitamin bagi tubuh manusia cukup beragam tergantung jenis vitaminnya karena vitamin ada beberapa macam mulai dari Vitamin A, B, C, D, E dan K.Sebagai contoh misalnya vitamin A memiliki fungsi untuk kesehatan mata dan Sistem Imunitas. Sedangkan Vitamin D untuk pembentukan tulang dan gigi.

Fungsi Vitamin Bagi Tubuh Manusia

Vitamin dibutuhkan oleh semua organ dan struktur tubuh untuk menjalani fungsinya masing-masing. Vitamin sendiri terbentuk dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Vitamin sebelum diserap oleh tubuh terbentuk sebagai provitamin atau vitamin yang belum aktif. Provitamin tersebut lalu dilarutkan oleh lemak atau air untuk diubah menjadi vitamin yang lebih mudah diserap oleh tubuh.


Jadi setiap makanan dan minuman yang kita konsumi akan menghasilkan jenis vitamin yang bermacam-macam. Nah, berikut ini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai berbagai macam fungsi vitamin bagi tubuh manusia. Baca juga: Fungsi Kalsium bagi Tubuh Manusia

Fungsi Vitamin bagi Tubuh Manusia

Vitamin sangat penting bagi tubuh manusia. Vitamin sendiri terdiri dari beberapa macam mulai dari Vitamin A, B,C, D, E, dan K. Tentunya setiap jenis vitamin memiliki fungsi masing-masing. Berikut Fungsi vitamin bagi tubuh manusia yang berhasil kami himpun.

1. Fungsi Vitamin A

Nama lainnya adalah Retinol. Kegunaan Vitamin A adalah untuk kesehatan kulit, kesehatan indera penglihatan, sebagai antioksidan, untuk pendukung perkembangan janin di dalam kandungan, dan untuk sistem imunitas. Kekurangan vitamin A menyebabkan penuaan dini, katarak, dan daya tahan tubuh menurun. Kelebihan vitamin A menyebabkan haid tidak lancar dan gangguan pada kulit. Vitamin A bisa didapat dari buah-buahan dengan warna merah, wortel, sayuran berwarna hijau, hati, dan susu.

2. Fungsi Vitamin B1

Nama lain adalah Thiamine. Fungsi vitamin B adalah untuk kesehatan jantung dan fungsi syaraf serta mencegah penyakit beri-beri. Kekurangan vitamin B menyebabkan susah buang air besar. Penyakit beri-beri dan gangguan kulit lainnya serta imun tubuh menurun. Kelebihan vitamin B menyebabkan reflex otot berkurang dan system tubuh tidak seimbang. Vitamin B bisa didapat dari kacang-kacangan, roti, gandum, susu, dan daging tanpa lemak.

3. Fungsi Vitamin B2

Nama lain adalah Riboflavin. Kegunaan vitamin B2 adalah untuk kesehatan kulit dan perkembangan system tubuh. Kekurangan vitamin B2 menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, gangguan ringan pada kulit, bibir kering dan pecah-pecah. Vitamin B2 bisa didapatkan dari sayur bedrdaun hijau, kacang hijau, kacang kedelai, susu, buah pisang, daging tak berlemak.

4. Fungsi Vitamin B3

Nama lain adalah Niacinamide. Fungsi vitamin B3 adalah untuk mengubah kalori menjadi energy, meningkatkan system syaraf dan meningkatkan nafsu makan. Kekurangan vitamin B3 menyebabkan nafsu makan berkurang, susah tidur, badan letih dan otot kejang. Vitamin B3 bisa didapatkan dari alpukat, brokoli, daging, ikan, susu, sayur berdaun hijau dan roti.

5. Fungsi Vitamin B5

Nama lain adalah Pantothenic Acid. Peran vitamin B5 adalah untuk kesehatan syaraf dan otak, penghasil senyawa asam dan hormone. Kekurangan vitamin B5 menyebabkan gangguan kulit, insomnia, kram otot, penyakit Paresthesia, vitamin B5 bisa didapatkan dari alpukat, sayuran brokoli dan daging.

6. Fungsi Vitamin B6

Nama lain adalah pridoksin. Fungsi dari vitamin B6 adalah untuk kesehatan gigi, pembentukan sel darah merah, untuk kesehatan system syaraf dan pembentuk antibody. Kekurangan vitamin B6 menyebabkan anemia dan system syaraf terganggu. Vitamin B6 bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan terutama pisang dan daging tak berlemak.

7. Fungsi Vitamin B7

Nama lain adalah Biotin. Kegunaan vitamin B7 adalah untuk reaksi kimia dalam tubuh. Kekurangan vitamin B7 menyebabkan masalah kulit, kekurangan darah, susah tidur dan rambut rontok. Vitamin B7 bisa didapatkan dari kuning telur, ragi, daging tanpa lemak dan gandum.

8. Fungsi Vitamin B9

Nama lain adalah asam folat. Manfaat vitamin B9 adalah untuk penurun resiko jantung, pembentuk sel-sel darah merah dan pencegah kecacatan otak janin. Kekurangan vitamin B3 menyebabkan janin cacat dalam kandungan dan kurang darah atau anemia. Vitamin B9 bisa didapatkan dari kacang-kacangan, bayam, buah jeruk, tomat dan hati.

9. Fungsi Vitamin B12

Nama lain adalah Methylcobalamin. Fungsi vitamin B12 adalah untuk pertumbuhan, kesehatan system syaraf dan pencegah anemia. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Vitamin B12 bisa didapatkan dari sayur-sayuran berdaun hijau, daging berwarna merah dan susu.

10. Fungsi Vitamin C

Nama lain adalah Asam askorbat. Kegunaan vitamin C adalah untuk meningkatkan system imun tubuh, pembentuk sel-sel darah merah, untuk antioksidan, untuk kesehatan gigi dan gusi. Kekurangan vitamin C menyebabkan mudah lelah, anemia dan sariawan. Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan, mentega dan ikan.

11. Fungsi Vitamin D

Nama lain adalah Kalsiferol. Fungsi vitamin D adalah pembentuk tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D menyebabkan diabetes dan osteoporosis. Vitamin D bisa didapatkan dari susu dan pancaran sinar matahari.

12. Fungsi Vitamin E

Nama lain adalah Tocopherols. Kegunaan vitamin E adalah pengontrol asam lemak berlebih dan kesehatan kulit. Kekurangan vitamin E menyebabkan mandul. Vitamin E bisa didapatkan dari gandum, minyak sayur dan minyak ikan.

13. Fungsi Vitamin K

Nama lain adalah Menaquinones. Kegunaan vitamin K adalah untuk pencegah diabetes, dan pencegah osteoporosis. Kekurangan vitamin K menyebabkan kepadatan tulang berkurang. Vitamin K bisa didapatkan dari alpukat dan sayur-sayuran berwarna hijau.

Oke, itu dia penjelasan singkat mengenai fungsi vitamin untuk tubuh manusia. Disertai juga mengenai akibat dari kelebihan dan kekurangan suatu vitamin serta sumber vitamin yang berasal dari makanan.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *