Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Manusia

Fungsi karbohidrat sangat beragam dalam kehidupan kita untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Karbohidrat merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan energi selain protein dan lemak. Karbohidrat sendiri bisa kita dapatkan dari beberapa makanan-makanan pokok yang biasa kita konsumsi.

Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Manusia

Fungsi karbohidrat untuk tubuh

Pada umunya, kandungan yang ada di dalam karbohidrat yang didapat melalui proses kimiawi antara CO2 dan HO2 bersifat manis. Karbohidrat sendiri juga berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Sedangkan untuk fungsi lain dari karbohidrat untuk tubuh adalah:


1. Membantu Proses Metabolisme

Mempunyai peran penting untuk proses metabolisme, atau proses yang berfungsi sebagai penyeimbang asam dan basa di dalam tubuh, serta proses untuk membentuk jaringan sel, struktur dan juga organ-organ dalam tubuh.

2. Mencegah Ketidaksempurnaan proses oksidasi lemak

Fungsi Karbohidrat juga dapat mencegah terjadinya ketidaksempurnaan proses oksidasi lemak dalam tubuh.

3. Pemasok Energi

Fungsi karbohidrat yang utama adalah sebagai pemasok energi. Dalam 1 gram karbohidrat mampu menghasilkan 4 kkalori yang melalui proses pembakaran kimiawi di dalam tubuh akan menjadi sumber energi.

4. Membantu Proses Pencernaan

Fungsi karbohidrat berikut adalah membantu proses pencernaan, dimana Makanan ber-karbohidrat dan serat tinggi dapat membantu memperlancar proses pada pencernaan.

5. Sebagai Pemanis Alami

Karena sifat kandungan yang ada dalam karbohidrat yang manis, maka fungsi karbohidrat kali ini adalah sebagai pemanis alami, khususnya dengan kandungan monosakarida dan disakarida

6. Mengoptimalkan kerja protein

Fungsi karbohidrat juga berperan penting untuk mengoptimalkan kerja protein. Karena apabila tubuh mengalami kekurangan asupan karbohidrat, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil energi dan zat pembentuk tubuh.

7. Memberikan Efek Kenyang

Fungsi karbohidrat yang lain yang bisa langsung dirasakan oleh kita semua adalah memberikan efek kenyang dengan kandungan selulosa-nya.

8. Mencegah terbentuknya proses ketosis

Karbohidrat juga berfungsi sebagai pencegah terbentuknya proses ketosis. Proses ketosis sebisa mungkin harus dicegah, karena malalui proses ini, fungsi utama dari karbohidrat sebagi pemasok energy yang paling utama telah tergantikan oleh protein sepenuhnya. Sedangkan fungsi protein hanya sebagai cadangan sedangkan fungsi utama protein adalah memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Sumber Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Sumber Karbohidrat terdapat pada bahan-bahan makanan. Adapun makanan yang mengandung Karbohidrat seperti di bawah ini:

1. Beras Merah
Beras merah dengan magnesium, vitamin B Kompleks dan zat besi serta tinggi akan serat

2. Ubi
Ubi dengan kandungan potassium, zat besi, serat, vitamin A, B6,C serta beta-karoten penghasil antioksidan

3. Kentang
Kentang dengan kandungan potassium dan efek kenyang yang cepat.

4. Singkong
Singkong yang sumber pangannya terdapat pada akarnya yang nutrisinya setara dengan beras merah

5. Jagung
Jagung yang tinggi akan kandungan asam folat dapat dijadikan pangan pengganti beras atau beras merah dengan cara dibakar atau direbus

6. Gandum
Gandum dengan kandungan zat besi dan serat yang tinggi selain untuk energi juga baik untuk melancarkan pencernaan dan baik untuk kesehatan jantung

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan yang di dalamnya termasuk kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong yang selain memberi efek mengenyangkan juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan folic acid

8. Buah-buahan
Buah-buahan yang meskipun termasuk dalam karbohidrat sederhana, namun buah mempunyai kandungan fruktosa yang jelas tanpa lemak. Kandungan tersebut dapat berperan sebagai pemasok energi. Buah-buahan dari keluarga berry dan apel lebih di utamakan

9. Oatmeal
Oatmeal dapat digunakan untuk anda yang ingin menjalankan diet sehat dengan kandungan serat, zat besi, vitamin B Kompleks-nya.

10. Sayuran
Sayuran dengan daun hijau mengandung karbohidrat yang tinggi serta rendah kalori.

11. Pangan
Sumber karbohidrat berikutnya adalah Pangan seperti macaroni, spaghetti, dan fettuccini juga dapat dijadikan pangan alternatife penghasil karbohidrat.

Semoga ulasan tentang fungsi karbohidrat untuk tubuh ini dapat menambah pengetahuan anda di bidang kesehatan. Baca juga artikel mengenai fungsi Protein bagi kesehatan tubuh manusia.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *