6 Event Tahunan di Yogyakarta yang Tak Boleh Dilewatkan

Ada banyak event tahunan di Yogyakarta yang bisa kalian nikmati. Selain menyediakan ratusan obyek wisata bagi para pelancong, Yogyakarta juga menawarkan keunikan lain yang cukup menarik perhatian. Keunikan itu berupa event-event yang dihadirkan setiap tahunnya dan memiliki daya pikat tersendiri. Banyak orang berbondong-bondong datang ke acara-acara ini hanya untuk sekedar menikmati keunikan yang ditawarkan.

6 Event Tahunan di Yogyakarta

Jika anda ingin berkunjung ke kota Jogja ingin menyaksikan berbagai event menarik yang diadakan setiap tahun disana tentunya anda harus tahu event-event tersebut dan kapan waktu dilaksanakannya. Sehingga anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk berkunjung ke kota Yogyakarta.


6 Event Tahunan di Yogyakarta

Liburan ke kota Gudeg akan lebih seru jika anda datang bersama keluarga maupun sahabat. Anda bisa menyaksikan event tahunan di Yogyakarta dan mengunjungi berbagai objek wisata menarik yang ada di kota Jogja. Nah, kalian ingin tahu apa saja event tahunan di Yogyakarta yang yang populer dan diadakan setiap tahun? Yuk, kita lihat!

1. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY)

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY)

Event tahunan Yogyakarta ini diadakan sebagai ajang pertunjukan ragam kesenian dan kebudayaan yang berasal tak hanya dari kota gudeg saja, tapi juga dari daerah lain. Festival Kesenian Yogyakarta biasanya diadakan pada pertengahan tahun dan berlangsung sekitar dua sampai tiga mingguan.

Tak hanya pertunjukan seni budaya yang bisa dinikmati dari berbagai kalangan, kalian juga akan dimanjakan dengan varian kuliner yang menggoda untuk dicicip ketika mengunjungi FKY. Aneka pernak-pernik, aksesoris, baju, buku dan sebagainya pun tak akan mampu kalian tolak untuk membeli dan membawanya pulang. Apalagi, harga barang itu biasanya cukup terjangkau. Ditambah, acara tahunan ini juga sering dijadikan masyarakat untuk mempromosikan berbagai karya buatan mereka—termasuk UKM yang dijalankannya. Banyak UKM menawarkan kekhasan yang menarik untuk dilihat atau dipelajari lho.

Nah, kalau hanya ingin sekedar berjalan-jalan menikmati suasana keramaian FKY, jangan khawatir merasa bosan. Ada banyak hiburan di event tahunan Yogyakarta yang satu ini, mulai dari pertunjukan musik band, tari termasuk acara atau kebiasaan yang mengandung nilai seni budaya kental di masyarakat. Bahkan, tak jarang kalian bisa mengikuti lomba atau kompetisi menarik.

Oh iya, even tahunan Yogyakarta ini pertama kali diadakan tahun 1989, tepatnya tanggal 7 Juli, bersamaan dengan peresmian Monjali lho. Tempat pelaksanaan festival kesenian tahunan ini sendiri berpindah-pindah, dengan tema yang berbeda tiap tahunnya. Jadi, kalian tertarik datang ke acara yang sudah berlangsung lebih dari seperempat abad ini? Baca juga: Event Mahakarya Sendratari Ramayana

2. Pasar Kangen

Pasar Kangen Event Tahunan Yogyakarta

Sesuai dengan namanya, event tahunan Yogyakarta satu ini memang ditujukan untuk kalian yang merindukan romantisme masa lalu. Nah, tentu bukannya cinta masa lalu lho, ya.

Di Pasar Kangen, kalian bisa mengenang, menemukan atau menikmati kembali berbagai produk tempo dulu meliputi aneka makanan tradisional atau barang-barang lawas yang sekarang sulit ditemukan. Tak hanya ada varian kuliner seperti ketan, gatot, tiwul, pecel dan sebagainya yang membuat perut menjerit minta diisi, kalian juga bisa menemukan berbagai stand yang menawarkan produk kesenian masyarakat seperti wayang dari karton, batu akik, topeng kayu, dan benda-benda unik sejenisnya. Tak lupa, buku-buku langka juga menarik untuk dibawa pulang lho. Jangan khawatir, mayoritas kuliner atau barang yang ditawarkan harganya cukup bersahabat kok. Namanya juga event yang merakyat.

Biasanya, event tahunan Yogyakarta bernama Pasar Kangen ini diadakan sekitar bulan Agustus dan berlangsung sekitar satu minggu. Nah, kalau ingin bernostalgia dengan Yogyakarta tempo dulu, kalian wajib datang deh ke event satu ini!

3. Jogja Air Show (JAS)

Event Tahunan Jogja Air Show (JAS)

Nah, kalau kalian suka dengan berbagai atraksi udara, event tahunan Yogyakarta yang satu ini jelas tak boleh kalian lewatkan. Jogja Air Show adalah event kedirgantaraan tahunan yang diadakan di Yogyakarta. Biasanya pergelaran olahraga dirgantara ini dilangsungkan selama tiga hari di bulan Maret.

Kalian tak akan dipungut biaya untuk melihat berbagai atraksi udara seperti terjun payung, gantole, paralayang, dan sebagainya. Tapi, kalian hanya harus membayar biaya retribusi memasuki obyek wisata yang biasanya dipakai untuk event ini dan parkir saja. Oh ya, karena Jogja Air Show merupakan kerja sama Dinas Pariwisata Yogyakarta dengan Federasi Aero Sport Indonesia DIY, acara ini menjadi juga ajang penampilan para atlet olahraga udara dari berbagai daerah, bahkan negara lho. Jadi, tertarik datang ke sini dan menikmati atraksi udara yang memesona?

4. Yogya Gamelan Festival (YGF)

Event Tahunan Yogya Gamelan Festival (YGF)

Yogya Gamelan Festival adalah event tahunan di Yogyakarta selanjutnya yang bisa kalian nikmati. Seperti namanya, tentu yang ditawarkan acara yang biasanya diadakan di bulan Agustus ini adalah terkait dengan alat musik khas Jawa, Sunda dan Bali. Jika kalian penikmat, pemain dan pecinta seni gamelan atau kerawitan, maka kalian tak seharusnya melewatkan event YGF.

Di event yang awalnya diprakarsai oleh almarhum Sapto Raharjo dan komunitas Gayam 16 pada 1993 ini, kalian akan bisa melihat berbagai pertunjukan seni gamelan dari kelompok-kelompok penggiat seni budaya kerawitan, baik yang awam maupun seniman. Mereka datang dari berbagai daerah untuk menunjukkan kecintaan pada gamelan. Tak hanya itu, kalian pun bisa lebih mengenal perangkat alat musik yang perlu dilestarikan ini—termasuk nilai-nilai yang terkandung di dalamnya—, terutama oleh generasi muda sekarang.

Nah, apabila kalian tertarik mendengarkan alunan musik gamelan yang sangat menakjubkan, kalian bisa datang di Taman Budaya Yogyakarta. Tempat inilah yang biasanya dipakai untuk pelaksanaan Yogya Gamelan Festival.

5. Sekaten

Sekaten Event Tahunan Yogyakarta

Siapa sih yang tidak tahu Sekaten Event tahunan Yogyakarta? Acara ini begitu terkenal dan ditunggu-tunggu masyarakat Yogyakarta juga wisatawan yang berkunjung ke sini setiap tahunnya.

Event tahunan Yogyakarta yang satu ini merupakan event tahunan yang diadakan untuk memperingati hari ulang tahun Nabi Muhammad SAW setiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud. Upacara yang puncaknya disebut Grebeg Maulid ini biasanya berlangsung selama seminggu sampai tanggal 11 Mulud tengah malam. Upacara adat ini begitu menarik karena memperlihatkan paduan budaya Jawa dan Islam yang apik sehingga tak boleh dilewatkan.

Namun, tak hanya dikenal sebagai upacara adat, Sekaten juga dikenal masyarakat sebagai pasar malam yang wajib dikunjungi. Ya, memang acara tahunan ini juga merupakan pasar malam yang menyediakan aneka hiburan bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Kalian bisa menikmati berbagai wahana dan permainan khas pasar malam. Tak lupa, kalian juga bisa mencicip berbagai kuliner di sini. Baju, sepatu, pernak-pernik dan benda lain pun bisa diborong dengan harga murah.

Nah, Pasar Malam Sekaten sungguh menarik para pengunjung untuk datang. Jangan khawatir, acara tahunan Yogyakarta ini biasanya berlangsung selama sebulan penuh dan dilaksanakan di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Pokoknya, kalian wajib ya datang ke sini kalau Sekaten! Dijamin tak akan menyesal deh!

6. Ngayogjazz

Event Tahunan Ngayogjazz Yogyakarta

Event tahunan di Yogyakarta yang satu ini jelas menawarkan sesuatu yang sudah jelas, kan? Ya, tepat sekali. Musik jazz. Bagi para penggemar musik asal Amerika Serikat yang didominasi dengan suara gitar, trombone, piano, trompet dan saksofon ini, kalian wajib datang deh ke Ngayogjazz. Di sini, kalian akan dihibur dan dimanjakan dengan alunan musik jazz yang benar-benar asyik. Memesona dan tak boleh dilewatkan.

Acara Ngayogjazz sendiri biasanya bisa dinikmati tanpa mengeluarkan biaya lho alias gratis! Jadi, kalian bisa benar-benar menikmati berbagai penampilan musik yang berakar dari musik Afrika-Eropa ini tanpa khawatir dengan isi dompet. Dan, lebih menariknya, lokasi dilangsungkannya Ngayogjazz biasanya di tempat-tempat yang tak biasa lho, seperti desa-desa wisata. Nah, keren kan event tahunan Yogyakarta yang satu ini? Jadi, tunggu apa lagi? Jangan sampai melewatkan acara ini, ya!

Itu tadi beberapa event yang diadakan setiap tahun di Yogyakarta. Memang masih ada banyak event tahunan di Yogyakarta yang menarik untuk kalian kunjungi. Yang pasti, setiap event memiliki daya tariknya sendiri. Nah, kalau dari 6 event tahunan Yogyakarta di atas, mana nih yang menarik perhatian kalian? Kunjungi ya semuanya dan temukan keunikan masing-masing acara. Yakin deh kamu tak akan menyesal! So, capcus!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *