8 Rekomendasi Desa Wisata di Yogyakarta

Tak ragu lagi bahwa ada banyak desa wisata di Yogyakarta yang bisa kalian jadikan destinasi wisata liburan. Tentunya, aka nada banyak pengalaman tak terlupakan selagi kalian menghabiskan waktu liburan di desa-desa wisata ini.

Menyambangi desa wisata dengan keunikan khasnya boleh jadi dijadikan destinasi wisata kalian selanjutnya. Tak hanya bisa menikmati kehidupan pedesaan, kalian pun bisa melakukan berbagai kegiatan bermanfaat yang ditawarkan di sana. Bukankah itu menarik? Nah, penasaran dengan desa wisata apa saja yang ada di kota pelajar? Altundo.com bakal mengulas delapan rekomendasi desa wisata di Yogyakarta yang wajib disambangi nih. Check them out!

8 Desa Wisata di Yogyakarta

1. Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru

Desa wisata yang terletak di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo ini mungkin sudah familiar bagi para pelancong. Desa Kalibiru namanya. Sebuah desa wisata di Yogyakarta dengan lanskap perbukitan Menoreh nan hijau siap menyambut kalian dengan segala keunikannya—memanjakan liburan kalian dengan sensasi yang tak bakal bisa dilupakan.

Berada di ketinggian sekitar 450 meter di atas permukaan laut, desa wisata ini menawarkan kesejukan dengan udara segar dari hutan lindung. Hijaunya pepohonan di sekitar dipadu dengan keelokan Waduk Sermo akan membuat pikiran kalian fresh kembali. Tak hanya bisa menikmati kesegaran alami dengan pemandangan yang sungguh apik, kalian pun bisa menikmati berbagai sarana yang ditawarkan di sini lho. Treking atau bermain flying fox untuk sedikit memacu adrenalin bisa dilakukan. Atau, kalau kalian ingin yang lebih menantang, kalian bisa bersantai dan menikmati pemandangan menakjubkan Desa Wisata Kalibiru lewat atas. Yups, dengan duduk-duduk manis di gardu pandang di atas sebuah pohon yang cukup tinggi. Pastinya bakal memesona deh pemandangan yang kalian dapatkan. Jangan lupa abadikan momen ini dengan kamera, ya!

Desa wisata yang letaknya sekitar 40 km dari Yogyakarta ini juga menawarkan wisata lain lho, seperti outbound, camping, wisata pedesaan, budaya, pendidikan, dan keluarga. Kalian pun bisa bermalam di sini dan menyambut keheningan pagi disambut nyanyian alam saat kalian membuka mata. Mm, yakin mau melewatkan kesempatan ini? Buruan ke Desa Wisata Kalibiru!

2. Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet

Ingin merasakan sensasi menikmati liburan di desa wisata sambil menimba ilmu, tak ada salahnya bertandang ke Desa Wisata Krebet. Desa wisata di Yogyakarta ini tepatnya terletak di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Nah, di sini, kalian bisa belajar dan melihat bagaimana pembuatan batik dari masyarakat sekitar. Lalu, apa yang berbeda dari pembuatan batik di Krebet dengan tempat lain? Nah, kalian tak akan melihat batik dilukis dengan media kain, tetapi dengan media kayu. Yups, desa ini memang terkenal sebagai sentra kerajinan batik kayu. Belajar membuat batik dengan media unik ini tentu tak boleh dilewatkan, kan?

TERKAIT:  Pesona Air Terjun Sri Gethuk GunungKidul Yogyakarta

Setelah menikmati liburan di sini dan mendapat ilmu, jangan lupa membawa kerajinan khas tempat ini. Ada berbagai produk batik yang menarik dibawa pulang seperti patung, topeng, ragam aksesoris, dan sebagainya. Dengan mutu yang sudah merambah tingkat internasional, kalian bisa membawa hasil karya para penduduk Krebet dengan harga terjangkau. Bahkan, kalian bisa menawarnya sehingga buah tangan yang kalian bawa pulang lebih murah harganya. Nah, semakin lengkap kan wisata kalian? Buruan dong ke sini!

Baca juga: 7 Objek Wisata di Yogyakarta yang Menarikuntuk di Kunjungi

3. Desa Wisata Jelok

Desa Wisata Jelok

DEWIELOK, begitu orang sering menyebut nama desa wisata di Yogyakarta yang letaknya di Jelok, Beji, Patuk, Gunungkidul ini. Nama itu merupakan singkatan dari Desa Wisata Jelok—sebuah desa yang menawarkan berbagai paket wisata untuk mengisi liburan kalian dengan gaya khas pedesaan alami.

Desa wisata Jelok memang menawarkan nuansa pedesaan yang tradisional. Kalian bakal bisa menginap di rumah-rumah penduduk berdinding bambu, yang sangat cocok dengan lokasi di sekelilingnya. Benar-benar menambah kesan pedesaan. Belum lagi, keramahan penduduk yang bakal membuat kalian betah di sana. Berbagai kegiatan bisa kalian lakukan di sini, antara lain camping, outbound, melakukan rutinitas penduduk sekitar seperti bertani, membuat biogas, dan sebagainya. Pun, kalian bakal dimanjakan dengan berbagai kesenian tradisional yang sering diadakan untuk menjamu para pelancong yang main ke sini.

Ingin merasakan sensasi sedikit menantang dan berbeda, kalian bisa mencoba menyusuri sungai Oya atau bermain arum jeram. Bahkan, ada satu kegiatan eksentrik yang ditawarkan di sini. Makan malam di atas rakit bambu dengan macapat sebagai musik pendukung keromantisan. Bukankan itu unik? Paket wisata di DEWIELOK bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau lho. Jadi, yakin mau melewatkan kesempatan untuk menghabiskan liburan di sini?

4. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung

Cobalah bertandang ke Kampung Edukasi Watu Lumbung jika ingin menghabiskan liburan sembari belajar. Desa wisata yang terletak di Bukit Watu Lumbung, Parangtritis, Kretek, Bantul ini memang menawarkan paket wisata yang menawarkan edukasi bagi semua yang mampir ke sini.

TERKAIT:  6 Rekomendasi Museum Seni Budaya di Yogyakarta

Berada di areal hutan pohon jati, desa wisata di Yogyakarta yang satu ini menawarkan keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Panoramanya sangat apik sekaligus eksotis. Bangunan dari bambu dan kayu beserta perabotannya akan menambah kesan alami dari desa wisata ini. Di sini, kalian bisa menikmati berbagai bacaan dari perpustakaan sederhana sembari menikmati penganan yang ada. Membuat review dari buku yang kalian baca, memasak, melayani pengunjung lain, dan juga menanam pohon pun bisa kalian lakukan. Pokoknya, benar-benar wisata yang tak hanya melepaskan penat kalian saja, tapi juga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Jangan lewatkan juga pemandangan sunset atau sunrise dengan lanskap Kali Opak dengan Jembatan Kretek, ya. Kalau ingin berburu pemandangan itu, kalian bisa menyewa cottage atau camping di sini untuk bermalam di desa menakjubkan ini. Mm, penasaran bagaimana sensasi menghabiskan liburan di Kampung Edukasi Watu Lumbung?

5. Desa Wisata Manding

Desa Wisata Manding

Salah satu desa wisata di Yogyakarta yang masuk rekomendasi Jogjalan adalah Desa Wisata Manding. Kalian bisa menemukannya di Jalan Parangtritis Km. 11, Bantul. Selain bisa menikmati suasana khas pedesaan, kalian bakal disuguhi dengan kegiatan sehari-sehari penduduknya yang didominasi oleh para pengrajin kulit.

Desa Wisata Manding memang merupakan desa wisata yang dikenal dengan kerajinan kulitnya. Aneka produk dari kulit dihasilkan di desa satu ini, antara lain tas, sepatu, ikat pinggang, dompet, jaket, dan aksesoris berkualitas bagus. Harga di sini pun jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan barang bermerk di toko-toko besar. Di desa wisata ini, kalian bisa menyaksikan proses pembuatan kerajinan kulit lho, bahkan kalian pun bisa ikut belajar membuatnya. Bagaimana? Tertarik bertandang ke sini?

6. Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan

Mampirlah ke Desa Wisata Kasongan kalau kalian ingin punya destinasi alternatif menghabiskan waktu liburan. Menghabiskan waktu dengan suasana pedesaan khas Bangunjiwo, Kasihan, Bantul ini pastinya bakal membuat liburan kalian tak terlupakan.

Desa wisata di Yogyakarta yang satu ini menawarkan paket wisata sehingga kalian bisa menyewa tempat untuk bermalam di tengah-tengah penduduk yang ramah. Nah, yang sedikit berbeda di sini, kalian bakal bisa melihat sendiri proses pembuatan tembikar. Maklum, Kasongan memang terkenal sebagai sentra pembuatan kerajinan dari tanah liat.

Tak hanya bisa melihat langsung proses pembuatan berbagai produk kerajinan seperti guci, patung, gerabah, pot, dan sejenisnya, kalian pun bisa ikut serta belajar membuatnya sendiri. Tak lupa, kalian bisa membawa pulang aneka oleh-oleh dari tanah liat ini sebagai buah tangan dengan harga yang tak akan menguras kantong. Nah, bagaimana? Kapan mau berlibur ke desa wisata ini?

TERKAIT:  Wisata Unik Stone Garden, Taman Batu di Bandung

7. Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung adalah salah satu desa wisata di Yogyakarta yang recommended dan tak boleh kalian lewatkan. Berada di Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, kalian bakal menemukan sebuah desa yang terdiri dari tiga pedukuhan sehingga cukup luas dan cocok untuk dijadikan destinasi liburan.

Pemandangan di desa wisata ini sangatlah indah dengan panorama khas pedesaan dikelilingi persawahan yang menghijau. Maklum, bertani adalah pekerjaan utama sebagian besar masyarakat di sini. Jadi, kalian bakal bisa berinteraksi langsung dengan para petani, menimba ilmu tentang bercocok tanah, bahkan ikut serta dalam mengerjakan berbagai aktivitas pertanian. Masuk ke sawah dengan lumpur sembari menanam berbagai varietas tanaman pastinya bakal jadi pengalaman yang tak bisa dilupakan begitu saja. Dijamin seru!

Pun, Desa Wisata Tanjung juga menawarkan nuansa desa tradisional yang kental dengan adat Jawanya. Masyarakat yang sopan dan ramah, menjunjung tinggi budaya Jawa, dengan berbagai benda dan acara tradisional bernilai seni dan budaya tinggi seperti jathilan, wayang, dan sejenisnya siap memanjakan liburan kalian. Pastinya, desa wisata ini tak boleh dilewatkan kalau kalian bertandang ke Yogyakarta. So, kapan kalian mampir ke sini?

8. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo

Jika berada di Kulon Progo, sempatkan mampir ke Desa Wisata Nglinggo di Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh. Di sini, kalian bakal disambut dengan sebuah desa berpanorama apik, dikelilingi kebun teh menghijau di sekitarnya. Hutan pinus pun semakin menyemarakkan kesejukan tempat ini. Datang ke sini pokoknya tak kalah dengan main ke Puncak deh!

Selain bisa menginap di homestay yang sudah tersedia dan menikmati kesejukan di desa wisata yang terletak 800 meter di atas permukaan laut ini, salah satu desa wisata di Yogyakarta ini juga menawarkan berbagai kesenian tradisional seperti jathilan, wayang kulit, dan sejenisnya yang semakin membuat liburan kalian terasa bermakna dan tak terlupakan. Dan jika kalian belum puas menikmati keindahan desa wisata yang membuat pikiran kembali segar ini, kalian bisa bertandang ke air terjun bernama Curug Watu Jonggol yang juga ada di desa ini. Mm, bukankah liburan kalian semakin sempurna? Buruan dong ke sini dan habiskan liburan bersama keluarga dan orang terkasih di Desa Wisata Nglinggo!

Itu tadi delapan rekomendasi desa wisata di Yogyakarta yang wajib kalian sambangi. Bagaimana? Tertarik menghabiskan liburan ke desa-desa wisata ini dengan keunikannya masing-masing? So, cepatlah berkemas dan berangkat!

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *