Dasyatnya Manfaat Shalat Tahajud

By Admin | manfaat

dasyatnya manfaat shalat tahajud

Diantara karakter muslim sejati adalah memiliki keinginan besar untuk melaksanakan shalat tahajud serta melatih diri untuk melaksanakannya sampai terbiasa, karena shalat malam merupakan “mesin keimanan” yang besar.

Dasyatnya Manfaat Shalat Tahajud akan dirasakan bagi mereka yang tekun melaksanakannya. Adapun beberapa kedasyatan dari manfaat shalat tahajud yang akan mereka rasakan secara langsung bagi mereka yang melaksanakannya, yaitu sebagai berikut:


Pertama, dengan melaksanakan shalat tahajud seseorang akan merasakan manfaat kesehatan badan, baik fisik maupun rohani. Hal ini tidak diragukan lagi, sebab sudah banyak yang memanfaatkan shalat tahajud sebagai terapi pengobatan, dan telah terbukti bahwa dengan menjalankan terapi pengobatan ini, penyakit apapun akan sembuh, sehingga menjadi salah satu terapi pengobatan terbaik dari yang pernah ada. Itulah salah satu alasan kenapa orang-orang yang sering melaksanakan shalat tahajud lebih sering terlihat sehat dan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

Rasulullah Saw bersabda: “Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang sholeh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan dan pencegah segala penyakit dari tubuh.” (H.R. Tirmidzi)

Kedua, manfaat melaksanakan shalat tahajud juga dapat dijadikan sebagai salah satu perawatan dalam memperoleh ketampanan atau kecantikan. Dan, tentunya didalam diri setiap manusia dimuka bumi ini pasti mendambakan hal tersebut ada pada dirinya. Maka, shalat tahajudlah solusi tepatnya, dan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun seseorang akan mewujudkan apa yang didambakannya tersebut, bahkan tidak hanya ketampanan atau kecantikan lahir saja yang akan didapatkan, namun juga akan mendapatkan ketampanan atau kecantikan batin.

Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik disiang hari.” (H.R. Ibnu Majah)

Pernah ada seseorang yang bertanya kepada Hasan Basri, “Apa yang menyebabkan wajahny orang-orang yang sering melakukan shalat malam sangat menawan?” Hasan menjawab, “Karena mereka bersama Allah Yang Mahakasih maka Allah memberikan cahaya yang berasal dari cahaya-Nya.”

Ketiga, manfaat shalat tahajud dapat meningkatkan produktivitas kerja. Oleh sebab itulah, tidak heran jika salah satu program untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang handal secara intelektual, emosional, dan spiritual adalah membiasakan shalat tahajud pada setiap malam.

Rasulullah Saw bersabda: “Setan membuat ikatan pada tengkuk salah seorang diantara kalian, ketika tidur dengan tiga ikatan dan setiap kali memasang ikatan dia berkata, “Malam masih panjang maka tidurlah”. Apabila orang tadi bangun, lalu berdzikir kepada Allah maka terlepas satu ikatan. Apabila dia berwudhu, maka terlepaslah satu ikatan yang lainnya, dan jika dia melaksanakan shalat maka terlepas semua ikatannya. Pada akhirnya, dia akan menjadi segar dengan jiwa yang bersih, jika tidak maka dia akan bangun dengan jiwa yang kotoryang diliputi rasa malas.” (H.R. Bukhari)

Keempat, manfaat shalat tahajud juga dapat membuat seseorang lebih mudah dalam menggapai keinginannya yaitu cita-cita dan rasa aman. Selain berusaha dan berdoa dalam menggapai suatu cita-cita dan rasa aman, hendaknya orang tersebut juga menyertai keduanya dengan melaksanakan shalat tahajud secara rutin, sebab berdoa pada malam hari akan mudah diijabah oleh Allah Yang Maha Mengabulkan.

Rasulullah Saw bersabda: “Ketahuilah, sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki: Seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu dia berwudhu dan melakukan shalat. Allah berfirman kepada para malaikat-Nya, “Apa yang mendorong ham-Ku melakukan ini?” Mereka menjawab, “Wahai Tuhan kami, dia melakukan ini karena dia mengharap apa yang ada disisi-Mu.” Allah berfirman, “Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang telah dia harapkan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang dia takutkan.” (H.R. Ahmad)

Kelima, manfaat shalat tahajud dapat membawa seseorang menuju kekayaan dan kebahagian baik di dunia maupun di akherat yang lebih cepat. Hal dibuktikan oleh salah satu hamba Allah yang bernama Dr. Waego Hadi Nugroho. Ia mengaku bahwa kesuksesannya tidak lepas dari ikhtiar dan doa yang selalu ia terapkan didalam kehidupannya. Saat menuntut ilmu di Australia, hampir setiap hari dia bangun pagi-pagi untuk mengerjakan tugas-tugas diruangan komputer ketika kebanyakan mahasiswa masih terlelap tidur. Dia pun mengaku, sejak kuliah ditingkat pertama selalu mengerjakan shalat tahajud. Berkat tahajud pula, dia beralih status dari seorang anak petani yang miskin dan kurang bahagia menjadi doctor internasional yang kaya dan bahagia. Subhanallah.

Keenam, manfaat shalat tahajud dapat memudahkan seseorang dalam memahami segala sesuatu. Wahid Abdussalam Bali dalam kitabnya Al-Umurul Muyassar li Qiyamil Lail, menyebutkan bahwa hidayah taufik, dan bimbingan untuk manusia kepada kebaikan dalam segala urusannya adalah apabila dia menunaikan hak-hak Allah. Allah akan menunjukinya kepada jalan kebaikan tanpa dia sadari dan berbagai faedah, pemahaman, dan karunia datang ditengah gelapnya malam. Apabila mampu memahami sesuatu, lalu dia bangun untuk melakukan shalat malam maka Allah akan membukakan pemahaman kepadanya.

Related Pos :