Dasyatnya Khasiat Serat Buah Naga Bagi Kesehatan

By Admin | kesehatan, manfaat

Buah naga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat pada buah naga yang mencapai 0,7-0,9 g juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Jika ingin terhindar dari berbagai penyakit maka tidak salah bila Anda mengkonsumsi buah naga mulai sekarang.

Perlu Anda ketahui bahwa berbagai penyakit dapat timbul akibat pola makan yang salah (kurang serat). Penyakit-penyakit tersebut antara lain penyakit stroke, jantung koroner, diabetes, gangguan pencernaan (susah buang air besar, wasir, dan kanker usus besar), kerusakan gigi dan gusi, serta kegemukan (obesitas).

Jika dulu makanan hanya dianggap sebagai sumber energi yang tidak tersedia dan hanya dikenal mempunyai efek pencahar perut, ternyata dari berbagai penelitian dilaporkan adanya hubungan antara konsumsi serat dan insiden timbulnya beragam penyakit, seperti kanker usus besar, penyakit kardiovaskuler, dan obesitas.


Sebagai pencegahan penyakit, buah-buahan dan sayuran menjadi primadona untuk makanan serat tinggi. Tak hanya buah yang umum dikenal dan dijual dipasar, namun berbagai buah aneh atau asing pun ditawarkan.

Dalam suatu pameran buah-buahan pada tahun 1999, buah naga dipromosikan sebagai penyeimbang kadar gula darah, pencegah kolestrol tinggi, dan pencegah kanker usus. Memang, promosi yang berlebihan seperti ini harus ditinjau lebih kritis. Sebab, kebanyakan bukti khasiat yang dikemukakan ternyata bukan berdasarkan hasil penelitian, melainkan hanya daftar kandungan nutrisi yang disusun sedemikian rupa demi kepentingan pasar.

manfaat buah naga bagi kesehatan

Tetapi, untunglah saat ini sudah ada penelitian tentang buah naga dan berbagai khasiat dahsyatnya. Adapun ragam manfaat serat buah naga bagi kesehatan secara komplet adalah sebagai berikut:

1. Serat yang terdapat pada buah naga mampu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh dan dapat mencegah terjadinya konstipasi. Agar terbebas dari masalah sembelit, konsumsilah serat dengan diimbangi memperbanyak mengkonsumsi air minum agar terhindar dari risiko terjadinya sembelit yang bertambah parah atau terjadinya gangguan pada usus besar.

2. Serat buah naga juga dapat menjadikan perut terasa kenyang lebih lama dan terhindar dari risiko kanker kolon

3. Serat buah naga dapat membuat seseorang menjadi langsing, hal ini terbukti dengan berbagai hasil penelitian yang menunjukkan bahwa serat buah naga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan insulin.

4. Asupan serat yang tinggi terbukti dapat membantu perlambatan timbulnya kolestrol pada wanita yang menderita penyakit jantung.

5. Adanya serat dapat meningkatkan pelepasan enzim pencernaan dan mengatur hormone pancreas.

6. Serat buah naga juga dapat mengurangi risiko divertikulosis (terbentuknya kantong tidak normal pada dinding usus), wasir, serta meningkatkan kecepatan melenyapkan zat-zat berbahaya dalam makanan.

7. Serat buah naga yang lembut dapat membantu meringankan orang yang mengalami iritasi pada usus.


Related Pos :