Dasyatnya Kandungan Nutrisi dan Manfaat Umum Buah Naga

By Admin | kesehatan, manfaat

Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar yang dimanfaatkan sebagai penghilang dahaga karena buah naga mengandung kadar air yang tinggi, yaitu sekitar 90% dari beratnya. Buah naga juga dapat disajikan dalam bentuk jus, sari buah, pie, punch, sorbet, manisan maupun selai, serta beragam bentuk penyajian lainnya sesuai selera Anda.

manfaat buah naga

Adapun manfaat dari buah naga secara umum yaitu, diantaranya:


 Bermanfaat sebagai obat penyakit rematik dan asam urat

 Antikanker dan antioksidan

 Dapat dimanfaatkan sebagai penyeimbang gula dalam darah

 Dimanfaatkan sebagai kesehatan mata

 Dapat melindungi kesehatan pada bagian mulut

 Melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi

 Dapat membantu mengurangi kadar kolestrol

 Mencegah terjadinya pendarahan

 Dapat juga dimanfaatkan sebagai obat penyakit keputihan.

Selain berbagai manfaat diatas, masih banyak lagi manfaatnya yang dapat dirasakan. Bahkan, setiap nutrisi atau zat gizi yang terdapat dalam kandungan buah naga juga dapat dimanfaatkan sebagai kesehatan, kecantikan, dan kecerdasan bagi orang-orang. Misalnya manfaat nutrisi dari buah naga merah, yang dapat dirasakan diantaranya:

 Protein yang bermanfaat sebagai nutrisi yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

 Serat bermanfaat sebagai nutrisi untuk mencegah risiko terserang penyakit kanker usus dan diabetes, dan dapat juga sangat cocok dimanfaatkan pada saat melakukan program diet.

 Kalsium bermanfaat sebagai penguat tulang.

 Karoten bermanfaat bagi kecerdasan seperti dapat menyehatkan mata, menguatkan otak, dan mencegah masuknya penyakit.

 Zat besi untuk menambah darah.

 Vitamin B1 untuk mencegah demam.

 Vitamin B2 untuk menambah selera makan.

 Vitamin B3 untuk menurunkan kadar kolestrol

 Vitamin C untuk menambah kelicinan, kehalusan kulit dan mencegah jerawat (ini merupakan manfaat buah naga bagi kecantikan).

Menurut A.L. Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, organisasi yang meneliti buah naga merah, buah kaktus madu itu cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia.

Ia beranggapan, hasil penelitian menujukkan bahwa buah naga merah sangat baik bagi system peredaran darah, serta memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksin dalam darah.
Adapun kandungan nutrisi lengkap pada buah naga diantaranya:

1. Kadar gula: 13-18 briks.

2. Air: 90%.

3. Karbohidrat: 11,5 g.

4. Asam: 0,139 g.

5. Protein: 0,53 g.

6. Serat: 0,71 g.

7. Kalsium: 134,5 mg.

8. Fosfor: 8,7 mg.

9. Magnesium: 60,4 mg.

10. Vitamin C: 9,4 mg.

Itulah beberapa manfaat umum buah naga beserta kandungan nutrisinya. Setelah mengetahui bahwa zat gizi yang terkandung dalam buah naga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan, kecerdasan, dan kecantikan tentu saja wajib bagi kita untuk menjadikan buah naga sebagai makanan kesehatan keluarga.


Related Pos :