Dahsyatnya Manfaat Membantu Anak Yatim

By Admin | manfaat

dahyatnya manfaat membantu anak yatim

Memelihara anak yatim merupakan perbuatan yang mulia dan menunjukan rasa persaudaraan yang kuat antar sesama muslim; apalagi jikalau dia adalah anak saudaranya, baik laki-laki maupun perempuan. Dalam hal ini, ia akan mendapatkan dua pahala sekaligus: pahala memilihara anak yatim, dan pahala menyambung silaturrahim.

Selain itu, ada beberapa keutamaan dari dahsyatnya manfaat membantu anak yatim, diantaranya:


1. Melembutkan hati dan terpenuhinya kebutuhan hidup

Dalam sebuah riwayat diceritakan, bahwa pada suatu hari seorang sahabat mendatangi Rasulullah Saw, seraya mengadukan kekasaran hatinya. Beliau berkata, “Apakah engkau ingin memiliki hati yang lembut dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihanilah anak yatim, usaplah kepalanya dan berilah dirinya makan dari makananmu, maka hatimu akan lembut dan kebutuhanmu akan terpenuhi.”

2. Pahalanya seperti berjihad di jalan Allah Swt.

Rasulullah Saw bersabda:

“Orang yang membiayai janda dan orang miskin (mencakup anak yatim), seperti Mujahid dijalan Allah Swt.” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lainnya dijelaskan:

“Seperti orang yang mengerjakan Qiyamul Lail, dan tidak pernah istirahat. Dan seperti orang yang berpuasa, dan tidak pernah berbuka.”

3. Membersihkan harta

Dalam harta yang kita miliki itu ada hak orang lain, di antaranya hak anak yatim. Jikalau hak itu tidak diberikan, maka ia akan menyebabkan kesengsaraan hidup.

Oleh karena itu, marilah kita membersihkan harta dari kotoran-kotoran maknawi yang tidak bisa dilihat mata, sehingga berkah dan akan terus bertambah dengan seizing-Nya.

Selain hal-hal diatas, ada beberapa fadhilah lainnya yang akan Anda dapatkan dalam membantu anak yatim, yaitu:

 Doa malaikat

Ketika Anda menginfakkan harta dijalan Allah, maka pada saat yang bersamaan para malaikat mendoakan Anda dengan kebaikan, yaitu agar harta digantikan dengan yang lebih baik.

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Tidaklah seorang hamba berada di pagi hari, kecuali dua malaikat turun. Salah seorangnya mengatakan, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Dan yang lainnya mengatakan, “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan hartanya.” (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).

 Mendapat harta yang melimpah

Seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261, yang berisi: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

 Melindungi pelakunya dari panasnya matahari pada hari kiamat kelak.

Rasulullah Saw bersabda: “Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya sampai ditetapkan hukumnya di antara manusia.” (H.R. Ahmad dan al-Hakim)

 Memadamkan kemurkaan Allah Swt dan menolak kematian yang buruk

Keduanya saling berkaitan karena seseorangdimurkai-Nya, pasti akan berakhir dengan keburukan.

 Mengusir setan dan melepaskan ikatan mereka

Rasulullah Saw bersabda: “Tidaklah seseorang mengeluarkan sedekah, kecuali ia mampu melepaskan tujuh puluh setan bagi orang yang hidup.” (H.R. Ahmad dan Ibn Khuzaimah).

 Menyucikan dan membersihkan seorang muslim

Jika Anda mengeluarkan sebagian harta Anda untuk bersedakah termasuk juga membantu anak yatim, itu berarti Anda membersihkan diri Anda dari segala kerendahan dan kehinaan, segala sifat jelek seperti bakhil, sombong, egois dan lainnya.
Itulah beberapa fhadilah yang bisa Anda dapatkan dari bersedekah terutama dalam hal membantu anak yatim. Setelah Anda mengetahui beberapa kedahsyatan manfaat membantu anak yatim, maka tidak ada salahnya mulai dari sekarang agar menyisipkan sebagian harta Anda untuk membantu dan mengurangi beban mereka dan mencapai ridho-Nya. Semoga bermanfaat!

Related Pos :