Cara Mengobati Diare Pada Anak dengan Ramuan Alami

Cara Mengobati Diare pada anak dengan ramuan alami yang ampuh dan aman digunakan. Saat anak masih kecil, ada banyak penyakit yang rentan dialaminya, yang sudah merupakan semacam rite of passage, di mana penyakit tertentu normal dialami anak. Salah satu penyakit yang sering dialami anak-anak adalah diare atau mencret. Meski mudah untuk diatasi, di negara-negara yang berkembang seperti Indonesia, diare merupakan penyebab kematian anak yang cukup signifikan.

Cara Mengobati Diare Pada Anak dengan Ramuan Alami

Penyakit diare tidak hanya dialami oleh anak-anak, seringkali orang dewasa juga mengalami diarea. Hal ini tentunya disebabkan oleh berbagai faktor sehingga orang mudah terkena diarea. Nah, apa saja penyebab diarea dan bagaimana cara mengati diarea ? simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.


Penyebab Diare pada Anak

Anak mudah kena diare karena organ pencernaan mereka masih belum tumbuh sempurna dan lemah. Inilah beberapa penyebab diare yang sering pada anak:

  • Infeksi virus. Rotavirus sangat sering menyerang anak-anak, dan menyumbang hingga 25% penyebab diare menurut WHO.
  • Infeksi bakteri. Biasanya karena bakteri seperti Salmonella, Shigella, Vibrio cholera, dll. Meski jarang, sekali kena akibatnya bisa fatal.
  • Makanan dan minuman. Makanan tak tepat untuk anak-anak beresiko memberikan diare. Terlalu banyak gula juga bisa membuat diare karena perut tak terbiasa.
  • Alergi. Sistem imun anak menganggap makanan tertentu yang masuk sebagai ancaman, dan menyebabkan reaksi alergi seperti diare.
  • Antibiotik. Pemberian antibiotik bisa saja membunuh bakteri baik di usus yang penting bagi pencernaan.

Cara Mengobati Diare pada Anak dengan Ramuan Alami

Begitu melihat tanda pertama anak Anda mengalami diare, jangan tunda untuk memberikan obat. Pertolongan pertama yang bisa Anda berikan adalah memberikannya oralit. Untuk membuat oralit sendiri, Anda bisa mencampur garam halus untuk memasak sebanyak setengah sendok teh, dengan gula sebanyak dua sendok teh, lalu larutkan keduanya dalam satu gelas air putih. Minumkan pada anak.

Selain oralit, ada beberapa cara mengobati diarea dengan ramuan alami yang bisa Anda berikan ke anak Anda yang terkena diare, diantarnya sebagai berikut:

1. Menggunakan Daun jambu biji

Daun jambu biji merupakan obat diare yang manjur untuk anak. Cara menggunakan jambu biji untuk mengobati diarea yaitu Sebuah jambu biji mentah dan 5 lembar daun jambu ditumbuk halus, lalu diperas sampai 1 sendok makan. Tambahkan garam sedikit, dan berikan ke anak.

2. Menggunakan Sawo muda

Sawo seringkali kita temukan dipekarangan rumah masyarakat karena memang buahnya yang manis dan enak bila sudah matang. Namun, buah sawo yang masih muda memiliki khasiat untuk mengobati diarea. Caranya Sawo yang masih muda diparut, berikan garam, lalu rebus dengan air. Saring dan minum airnya, berikan sampai diare teratasi. Ini merupakan resep obat diare dari nenek moyang yang sudah dilakukan secara turun-temurun. Khasiatnya tidak perlu diragukan lagi.

3. menggunakan Pisang klutuk

Pisang klutuk atau sering disebut juga dengan pisang batu, merupakan obat diare yang cukup ampuh untuk anak-anak. Cara mengobati diarea dengan pisang klutuk yaitu ambil 1 buah pisang klutuk dan asam jawa, lalu direbus di dalam air, tunggu sampai mendidih, setelah itu saring dan minum airnya.

4. Menggunakan Kulit buah manggis

Kulit buah manggis memang memiliki banyak khasiat untuk pengobatan. Bahkan sekarang ini banyak kita temukan produk obat herbal yang berbahan kulit buah manggis. Salah satu khasiat kulit buah manggis adalah untuk mengatasi diarea. Cara menggunakannya Kulit dari buah manggis dibakar, ditumbuk halus, lalu ditambahkan air. Minum ramuan ini 1 hari sekali sampai sembuh. Baca juga artikel mengenai manfaat buah manggis.

Baca juga artikel: 20 Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis untuk kesehatan

5. Menggunakan Mengkudu

Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang kaya khasiat dan sering dijadikan bahan untuk pengobatan tradisional. Termasuk menyembuhkan diare anak. Namun yang kita gunakan kali ini adalah daunnya. Ambil dua lembar daun mengkudu, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Panaskan di atas api sampai layu, kemudian tempelkan di atas perut si anak.

6. Menggunakan Mentimun

Manfaat mentimun yang paling dikenal adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mendinginkan perut. Namun sayuran buah yang satu ini juga sangat berkhasiat untuk mengatasi diare, mencret, disentri dan sakit perut pada anak-anak. Satu buah mentimun direbus, kemudian dihaluskan. Ambil airnya, campur dengan beberapa tetes madu, lalu minumkan pada anak yang terserang diare.

7. Menggunakan Daun bidara Upas

Daun bidara upas bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati diare anak. Caranya mudah, ambil 10 gram daun bidara muda dicuci, lalu ditambah garam, dan ditumbuk. Peras, ambil airnya, dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari dengan dosis 1 sendok makan. Baca juga artikel: Manfaat Umbi Bidara Upas untuk Pengobatan

8. Menggunakan Kunyit

Selain sebagai bumbu masak, Kunyit memang banyak digunakan sebagai ramuan untuk obat bahkan paling sering dijadikan sebagai jamu. untuk mengobati diare dengan Kunyitnya caranya ambil Satu ruas jari rimpang kunyit ditumbuk, lalu oleskan di pusar selama 1-2 jam. Lakukan 3 kali sehari. Selain dapat mengobati diare anak, kunyit juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit maag atau nyeri lambung.

Baca juga artikel: Khasiat dan Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

9. Menggunakan Tanaman Adas

Tanaman Ada merupakan salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi diarea pada anak. Cara Mengobati Diare dengan tanaman ada yakni Sediakan 3 sendok teh adas, 5 pucuk daun jambu klutuk, dan 10 cm pulasari. Semua bahan dicuci bersih, kemudian dimemarkan. Rebus dengan air mendidih sebanyak 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya, minum dua kali sehari tiap pagi dan malam. Ramuan tersebut sangat manjur untuk mengobati sakit perut, mual, kembung dan diare.

Di samping ramuan di atas, Anda juga bisa memberikan anak Anda makanan berikut ini:

  • Yogurt, karena bakteri Lactobacillus di dalamnya akan dapat membantu pencernaan.
  • Minum teh kamomil akan membuat usus menjadi lebih tenang, dan mengurangi kemungkinan radang.
  • Berikan pisang pada anak Anda, karena potassium di dalamnya akan menggantikan cairan tubuh yang berkurang.
  • Beri makan mereka nasi dan kentang tumbuk, karena keduanya mudah untuk dicerna.

Berikan makanan pada anak yang bisa menyerap sebanyak mungkin cairan, misalnya apel, wortel, kentang, dan juga aprikot. Memberikan makanan lunak yang mudah dicerna adalah saat yang tepat karena pada saat ini si kecil tidak akan mampu mencerna apa pun yang terlalu keras dan juga kompleks. Lebih baik lagi jika Anda berikan jus buah yang tak asam pada mereka.

Jagalah anak agar tidak terjadi dehidrasi padanya, karena diare akan membuatnya kehilangan banyak cairan tubuh. Perhatikan bagian mata yang mulai cekung, mulut yang terlihat kering, dan juga keluhan rasa haus. Jika diare ini terus terjadi selama 2 hari penuh, segera bawa anak ke dokter. Apalagi jika disertai dengan demam tinggi.

Cara Pencegahan Diare

Anak yang terserang diare akan mengalami banyak komplikasi jika Anda tidak segera menanganinya. Karena itu, sebelum anak terkena diare, lakukan pencegahan ini:

  • Selalu memastikan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi anak bersih, termasuk juga proses pembuatannya.
  • Biasakan untuk hidup bersih dengan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta sehabis menggunakan toilet.
  • Jangan biarkan sampah membusuk dalam rumah seharian, segera buang tiap hari.
  • Sediakan air minum bersih bagi anak, gunakan air rebusan yang sudah bersih dari bakteri dan kuman.
  • Pastikan tangan Anda bersih sebelum merawat bayi atau balita Anda.

Prinsip yang harus Anda ingat untuk mengatasi anak terkena diare adalah rehidrasi, di mana Anda memastikan anak mendapatkan cairan yang cukup, makanan yang adekuat alias penuh dengan gizi, dan jangan gunakan antibiotik jika tidak sangat terpaksa. Sebisa mungkin, gunakan obat-obatan alami seperti di atas. Selalu jaga kebersihan mereka agar diare tak semakin parah.

Oke, itulah beberapa penyebab diarea pada anak dan cara mengobati diarea pada anak dengan ramuan herbal alami. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua agar terhindar dari penyakit diarea.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *