Cara Mengobati Asam Urat yang Efektif dan Sederhana

By Admin | kesehatan

cara mengobati asam urat yang efektif dan sederhana

Dengan banyak keluhan asam urat akhirnya ditemukan solusi bagaimana cara mengobati asam urat yang efektif dan sederhana.

Ada banyak cara mengobati asam urat yang efektif dan sederhana tersebut, diantaranya:


1. Mengatur pola makan

Cara sederhana mengobati asam urat dengan metode pengaturan pola makan ini salah satunya dapat dilakukan dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan dalam bentuk buah-buahan dan sayur-sayuran, sebab hal ini sangat dianjur dalam pengobatan asam urat. Dan juga, disarankan agar menghindari makanan yang banyak mengandung purin, seperti, daging merah, ikan shell, dan hati. Terakhir lanjut lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya, agar terhindar dari dehidrasi dan mengurangi pembentukan asam urat.

2. Menggunakan perawatan alami

Beberapa metode perawatan alami yang cukup efektif untuk digunakan diantaranya, menghindari minum-minuman yang berbau alcohol, melakukan diet penurunan berat badan dan latihan fisik secara rutin.

Dan cara ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan herbal atau suplemen kesehatan, namun dianjurkan sebelum melakukan pemakaian obat agar berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Minum air kelapa

Cara sederhana ini juga sangat baik dalam pengobatan asam urat. Adapun beberapa aturan dalam menggunakan air kelapa yaitu, minumlah minimal 2 liter dalam sehari, dan Anda dapat menggunakan air kelapa jenis apa saja. Dipercaya air kelapa ini dapat menetralkan racun, termasuk kadar asam urat dalam darah.

Akan tetapi, pengobatan menggunakan cara ini cukup menyiksa si pasien, sebab dapat mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa, namun Anda tidak usah kahwatir, karena hal itu adalah menuju tahap penyembuhan, rasa sakit tersebut akan perlahan berkurang seiring berjalannya pengurangan kadar asam urat yang berada dalam darah Anda. Dan akan mengalami peyembuhan setelah melewati waktu lebih kurang dua minggu lamanya.

4. Bekam/Canduk/Kop Basah

Bekam dapat membantu sebagai pembersih darah yang berada pada permukaan kulit paling luar. Sehingga sangat membantu dalam mengurangi kadar asam urat yang berada pada permukaan kulit. Darah di permukaan kulit ini kebanyakan tidak kembali ke hati untuk disaring dan diperbarui. Inilah fungsi bekam yang sesungguhnya.

5. Menggunakan obat-obatan

Menggunakan obat-obatan dapat dilakukan dengan menggunakan resep dari dokter, hal ini dapat mengurangi gejala, membantu penurunan kadar asam urat, mengurani produksi asam urat dalam tubuh, serta dapat juga membantu ginjal dalam melakukan proses pembuangan asam urat dalam tubuh.

Namun, Anda juga dapat menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter, seperti Non-steroid Anti imflamasi (NSAID), obat ini dapat membantu dalam pengurangan pada saat terjadinya peradangan dan juga dapat meringankan rasa nyeri. Perlu diketahui bahwa obat OTC sifatnya hanya mengobati gejala saja dan tidak dapat menghambat perkembangan gout-nya.
Nah, sekarang Anda sudah tahukan apa saja cara efektif dan sederhana dalam mengobati asam urat. Untuk itu, bagi Anda yang merasa sayang pada diri Anda atau juga dengan keluarga-keluarga Anda yang mengalami asam urat, segeralah atasi dengan beberapa cara diatas. Semoga bermanfaat!


Related Pos :