Cara Menghilangkan Ketombe dengan Baik dan Benar

By Admin | kecantikan

cara menghilangkan ketombe dengan baik dan benar

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan baik dan benar. Kami akan mengajak Anda terlebih dahulu untuk mengenal apa saja gejala dan penyebab dari ketombe tersebut. Sehingga kita dapat mengetahui apa saja cara yang tepat untuk mengatasinya.

Ketombe kerap kali menjadi masalah bagi setiap orang yang mengalaminya, karena ketombe dapat membuat rambut tampak kotor sehingga akan sangat mengganggu penampilan seseorang. biasanya ketombe muncul akibat adanya mikroorganisme yang tumbuh dan melekat pada rambut, dan salah satunya yaitu pityrosporum ovale. Munculnya jamur ini dapat dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya suhu, kelembapan, kadar minyak yang tinggi.


Adapun penyebab lain yang dapat menimbulkan ketombe yaitu sebagai berikut:

Pertama, disebabkan karena ginetik atau keturunan.

Kedua, iklim dan cuaca juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe, hal ini dikarenakan dapat merangsang munculnya kelenjar minyak kulit.

Ketiga, seseorang yang mengalami stress juga dapat meningkat kelenjar minyak, sehingga menyebabkan munculnya ketombe.

Keempat, umur tertentu juga dapat menyebabkan kelenjar minyak berproduksi maksimal.

Kelima, kurangnya menjaga kebersihan pada bagian kepala.

Keenam, obat-obatan penurun daya tahan tubuh dan kulit.

Ketujuh, menderita penyakit sistemik kronik.

Beberapa gejala ketombe yang dapat Anda rasakan diantaranya, timbulnya sisik-sisik putih pada kulit kepala, terasa gatal, dan juga disertai dengan rambut yang rontok.

Hal yang paling utama untuk Anda perhatikan dalam menghilangkan ketombe dengan baik dan benar adalah dengan mengurangi minyak pada area permukaan kulit kepala, mengurangi jumlah mikrob, mengurangi gejala gatal dan juga rambut rontok.

Dan cara menghilangkan ketombe dengan baik dan benar, dapat Anda lakukan dengan dua cara seperti dibawah ini, diantaranya:

1. Cara pertama adalah dengan mencari letak penyebab dari munculnya ketombe tersebut, apakah akibat stress, kurangnya membersihkan kepala, atau sebagainya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menghilangkan ketombe pada kepala Anda, karena sudah mengetahui apa saja penyebabnya.

2. Pastinya ada sudah sering mengatasi ketombe dengan menggunakan sampo bukan? Ya, sampo yang biasa dijual dipasaran memang adalah obat pertama yang baik untuk menghilangkan ketombe Anda, namun yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara memilih sampo yang cocok untuk Anda gunakan. Berikut beberapa macam sampo yang bisa Anda pilih:

Sampo zinc-pyrithion, ini merupakan zat yang banyak terkandung dalam sampo anti ketombe yang dijual bebas dipasaran.

Sampo sulfur, berkhasiat untuk melepaskan lapisan tanduk kulit dan mengurangi pembentukan lemak dikulit kepala.

Sampo selenium, berkhasiat untuk menekan pembentukan dan pelepasan kulit. Cara pemakaiannya, basahi kulit kepala Anda kemudian oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama lebih kurang 10 menit lalu bilas pakai air. Gunakan 2 kali dalam satu minggu, dan jika ketombenya mulai berkurang, batasi pemakaiannya.

Medicated sampo, yang merupakan salah satu sampo yang memiliki kandungan antiseptic dan campuran dari salah satu bahan diatas.

Namun, jika masih terdapat ketombe yang belum hilang gunakan preparant anti jamur seperti ketokonazol 1-2% dan alangkah baiknya jika sebelum melakukan pemakaian untuk terlebih dahulu dikonsultasikan kepada dokter.

Related Pos :