5 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Ada banyak cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan-bahan alami yang bisa anda coba selain menggunakan produk-produk anti ketombe. Anda bisa membasmi ketombe secara alami dengan lidah buaya, garam, lemon, dll.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Bercak putih dengan jumlah banyak di kepala adalah masalah yang saat ini sering dijumpai, sebutannya adalah ketombe. Rambut yang menjadi tempat bersarang ketombe adalah jenis rambut yang kotor dan jarang dibersihkan oleh pemiliknya. Bahkan tak jarang masalah ketombe disertai dengan kutu rambut yang mengakibatkan penderita kegatalan.

Apa Penyebab Ketombe ?

Sebetulnya apa yang mengundang ketombe datang ke kepala?Ternyata, para ahli menemukan adanya jamur pada orang yang berketome. Jamur tersebut berukuran sangat kecil sehingga dikategorikan sebagai bakteri bernama Malessezia.

Munculnya ketombe akan diperparah dengan beberapa faktor seperti.

  • Stres
    Depresi atau stres akan mempengaruhi psikologis manusia sehingga terjadi ketidakstabilan hormon dalam tubuh. Tidak stabil atau hilangnya keseimbangan tiap hormon dalam tubuh berdampak pada ketombe akibat minyak kulit kepala terproduksi berlebihan.
  • Kulit Kepala Berminyak
    Sebetulnya kulit kepala yang berminyak bisa diatasi dengan keramas menggunakan shampo, tetapi pada beberapa kasus ada minyak yang sulit dihilangkan sehingga memancing kehadiran bakteri Malassezia. Bakteri tersebut sering hinggap di kulit kepala yang berminyak.
  • Alergi Produk
    Salah satu produk perawatan rambut yang banyak digunakan adalah shampo. Para ahli menyarankan kita untuk pintar menentukan shampo, karena tidak semua shampo cocok untuk rambut kita. Salah memilih produk bisa merugikan kesehatan kepala kita, salah satunya menimbulkan ketombe.
  • Keturunan (Genetik)
    Kalau penyebab ketombe yang satu ini sulit dihindari, karena segala jenis penyakit yang pernah orang tua alami akan turun kepada kita, begitupun dengan masalah ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Anda hanya perlu memanfaatkan beberapa bahan dari alam untuk mengusir ketombe membandel.

1. Menggunakan Garam

Beli saja garam dapur agar Anda tidak perlu mengolahnya lagi. Taburkan garam pada kulit kepala yang sudah dibasahkan, kemudian pijat perlahan. Perawatan ini juga membantu mempercepat pengelupasan sel kulit mati serta membunuh bakteri ataupun jamur yang bersarang di kulit kepala.

2. Menggunakan Jeruk Nipis

Ambil beberapa buah jeruk nipis, peras airnya dan diamkan sejenak dalam mangkuk. Basahi rambut dengan air biasa, kemudian usapkan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala dan rambut secara merata, diamkan selama 10 menit. Terakhir, cuci rambut dengan shampo dan lakukan perawatan ini setiap hari hingga ketombe tersingkirkan. Selain dapat menghilangkan ketombe, jeruk nipis juga ampuh menghilangkan gatal di kulit kepala.

3. Menggunakan Baking Soda

Beli sekotak baking soda, kemudian basahi rambut terlebih dahulu. Taburkan basing soda dan gosok agar mengenai kulit kepala dan rambut. Tunggu beberapa menit, bersihkan pakai air dan biarkan kering dengan sendirinya. Saat mencuci atau membersihkan rambut, jangan gunakan shampo.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Beragam masalah yang menimpa rambut dapat diatasi dengan baik oleh lidah buaya atau aloe vera, berbagai kandungan di dalamnya memang tepat untuk menyehatkan rambut. Dan dapat juga digunakan untuk menghilangkan ketombe.

Jika Anda tertarik mencobanya, bersihkan dulu kepala Anda dengan air. Kemudian patahkan lidah buaya dan gosokkan lendir atau gel lidah buaya pada kulit kepala serta rambut secara merata. Tunggu 10 menit, kemudian bilas dengan shampo dan kondisioner hingga rambut tidak lengket.

5. Menggunakan Lemon

Buah lemon memiliki rasa asam yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri atau jamur penyebab ketombe. Lemon aman digunakan karena tersimpan kandungan alami dan terbebas dari bahan kimia yang membahayakan rambut.

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon sangat mudah, Anda buat jus lemon dan basuhkan pada kulit kepala serta rambut yang telah dibersihkan. Tunggu minimal 10 menit, kemudian bilas rambut dengan jus lemon lagi. Terakhir, barulah dicuci dengan air dan shampo (keramas) hingga rambut tidak lengket.

Oke, itu dia beberapa tips cara menghilangkan ketombe di rambut dan kulit kepala dengan ramuan alami. Baca juga artikel seputar perawatan rambut lainnya seperti cara meluruskan rambut atau menghitamkan rambut secara alami.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *