Cara mengatasi penyakit bisul Secara Tepat dan Aman

By Admin | kesehatan

cara mengatasi penyakit bisul secara cepat dan aman

Penyakit bisul merupakan salah satu gangguan medis kulit berupa benjolan kecil berwarna kemerahan yang membesar dan berisi nanah yang terletak di tengahnya dan berwarna kuning. Dan bagi Anda yang mengalami bisul juga dianjurkan agar tidak memencet atau menusuk bisul. Sebab tindakan demikian dapat menyebabkan kuman tersebar ke bagian kulit lain. Bisul dapat juga timbul pada seluruh bagian tubuh.

Penyakit bisul disebabkan oleh bakteri yang bernama staphylococcus. Bakteri ini masuk melalui folikel rambut atau kelenjar minyak. Bisul bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan dapat juga menular. Penyakit ini muncul sebab kurang terjaganya kebersihan tubuh yang memudahkan bakteri ini menginfeksi. Bisul memiliki gejala benjolan merah di bagian kulit yang membesar dan bernanah. Benjolan tersebut akan pecah dengan sendirinya setelah beberapa hari dan disertai dengan nyeri dan berdenyut-denyut.


Namun, bagi Anda yang sedang mengalami penyakit bisul, Anda tidak usah khawatir lagi karena ada beberapa cara mengatasi penyakit bisul yang tepat dan aman yang dapat membantu Anda dalam menangani penyakit bisul ini.

Beberapa cara mengatasi penyakit bisul secara tepat dan aman tersebut, diantaranya sebagai berikut:

– Untuk mengatasi penyakit bisul agar tidak menyebar atau menular dan proses perawatan bisa diambil beberapa tindakan seperti berikut ini: yaitu dengan mengompres bisul dengan kain basah dan hangat selama lebih kurang 20 menit. Anda dapat melakukan hal ini sebanyak 3 kali dalam sehari. Tindakan ini dilakukan untuk mempercepat pematangan bisul.

– Cara mengatasi penyebaran penyakit bisul dapat juga dilakukan dengan tidak memencet bisul. Usahkan agar membiarkan bisul pecah dengan sendirinya. Ketika bisul sudah pecah, maka bersihkanlah dengan menggunakan cairan antiseptic. Kemudian, balut luka bisul tersebut jika diperlukan.

– Cara mengatasi/menangani bisul dapat juga dilakukan dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ramuan herbal ini berguna baik untuk pemakaian luar maupun pemakaian dalam, diantaranya sebagai berikut:

• Siapkan beberapa suing bawang merah, kemudian haluskan dan masak dengan minyak zaitun hingga matang. Setelah ramuan telah dingin oleskan atau tempelkan pada bagian atas bisul.

• Tumbuk beberapa suing bawang merah hingga halus dan tempelkan ke bagian kulit tubuh yang terkena bisul. Lakukan ini beberapa kali tiap hari hingga sembuh.

• Ramuan herbal dengan lidah buaya. Kupas lidah buaya, haluskan, dan tambahkan sedikit garam kemudian tempelkan pada bisul.

• Untuk pemakaian dalam dan luar, cuci bersih 30-60 gram daun cocor bebek, jus atau haluskan daun kemudian ambil sarinya, tambahkan madu dan minum. Anda juga dapat memanfaatkan ampasnya dengan menempelkan kepada bagian atas bisul.


Related Pos :