Cara Mengatasi Lima Masalah Umum Pada Kaki

By Admin | kesehatan

cara mengatasi lima masalah umum pada kaki

Kaki memang tempatnya berada di tempat paling bawah, tapi tanpa kita sadari ternyata kaki dapat juga mengganggu penampilan seseorang, bahkan aktivitas pun dapat terhambat karena masalah ini. Makanya merawat/menjaga kaki juga sangat penting untuk dilakukan. Masalah-masalah pada kaki tersebut seperti lecet, kapalan, kutu air, mata ikan dan ingrown toenails. Lima masalah ini biasanya yang paling umum terjadi dari kebanyakan orang yang mengalami masalah pada kaki. Adapun beberapa cara mengatasi lima masalah umum pada kaki tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Lecet


Lecet biasanya disebabkan oleh gesekan kaki dengan kaus kaki atau sepatu saat berolahraga dan terutama ketika berkeringat. Untuk mencegah masalah kaki yang satu ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti, mengenakan kaus kaki dua lapis, kaus kaki yang tipis dan kaus kaki yang tebal pada saat berolahraga, namun sebelum mengenakan kaus kaki tersebut usahakan agar terlebih dahulu menggunakan pelembab kaki.

2. Kapalan

Kapalan merupakan penebalan kulit yang terjadi pada area kaki, seperti jari bagian atas atau di antara jari-jari kaki. Hal ini biasanya terjadi disebabkan karena adanya tekanan atau gesekan yang terjadi karena benturan, bisa juga disebabkan akibat memakai sepatu yang terlalu sempit. Cara mengatasi kapalan ini yaitu dengan cara merendamkan kaki dalam air kemudian mengoleskan krim yang mengandung bahan pengikis atau dapat juga dilakukan dengan menggosok bagian kaki yang terkena kapalan menggunakan batu apung.

3. Kutu air

Masalah kaki yang satu itu ini biasanya terjadi karena adanya infeksi jamur dermatopytes. Gejala kutu air adalah timbulnya rasa gatal,kemerahan, iritasi pada kulit terutama pada sela-sela jari. Adapun cara mengatasi kutu air ini yaitu dengan melakukan berbagai pencegahan seperti menggunakan sandal yang cukup tinggi ketika berjalan di tempat yang basah. Selalu menjaga kebersihan pada bagian kaki dan usahakan agar kaki selalu dalam keadaan kering sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Hindari juga mengenakan kaos kaki yang terbuat dari bahan nilon dan gunakan juga bedak anti jamur.

4. Mata ikan

Mata ikan biasanya dapat tumbuh sendiri dan dapat juga berkoloni. Mata kaki disebabkan karena adanya virus penyebab kutil dan sangat menular. Mengatasi mata ikan dapat dilakukan dengan menggunakan obat topical atau patches.

5. ingrown toenails

Ingrown toenails adalah kuku yang tumbuh ke dalam sehingga menusuk kulit di sekitar kuku. Penyebabnya adalah penggunaan sepatu yang terlalu kecil sehingga mendorong pertumbuhan kulit kuku ke kulit sekitarnya. Dapat juga disebabkan karena memotong kuku terlalu pendek bisa jadi juga karena ketebalan kuku yang tak normal.

Cara mengatasi masalah pada kaki yang satu ini dapat dilakukan dengan cara merendam kaki dalam air hangat selama 10 menit setiap hari. Hindari mengenakan sepatu yang terlalu kecil, guntinglah kuku dengan model kuku yang lurus.

Itulah beberapa uraian singkat tentang cara mengatasi lima masalah umum pada kaki. Semoga membantu!


Related Pos :