Cara Mengatasi Kulit Berminyak Dan Berjerawat Secara Alami

By Admin | kecantikan

Cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat secara alami..

Kebiasaan-kebiasaan buruk dalam merawat wajah merupakan salah satu faktor penyebab munculnya kulit berminyak dan berjerawat. Namun sering kali tanpa disadari hal itu sudah melekat dalam diri kita.

Kebanyakan orang mungkin berpikir telah melakukan hal yang benar dalam merawat kulit wajah mereka, akan tetapi sering kali tanpa mereka sadari kebiasaan-kebiasan buruk itu masih saja mereka lakukan. Untuk itulah dianjurkan agar memperhatikan berbagai cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat secara alami di bawah ini agar kebiasaan buruk tersebut tidak terulang kembali:


 Menggosok kulit wajah

Pada saat menggosok kulit wajah, biasakanlah untuk menggunakan handuk yang bertekstur lembut, hal ini dapat mencegah iritasi pada kulit wajah yang diakibatkan karena penggunaan tekstur handuk yang kasar. Bila perlu, sediakan handuk yang khusus untuk wajah saja. Ketika menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah cukup tepuk-tepukkan sisa air di wajah dengan lembut. Jangan menggunakan handuk berulang-ulang, hal ini dapat mengundang bakteri menempel pada handuk Anda, dan pastikan handuk yang akan digunakan tidak dalam keadaan lembab, namun kering dan bersih.

 Penggunaan layar handphone yang kotor

Handphone, ya barang yang satu ini adalah salah satu benda wajib yang bisa jadi menggantikan fungsi uang dalam kedudukannya. Karena, kedekatan benda ini sangat erat dengan tuannya, dan bahkan kebanyakan orang lebih memilih ketinggalan dompet dari pada handphone. Namun, tanpa mereka sadari ternyata benda ini merupakan salah satu penyebab munculnya kulit berminyak dan berjerawat. Karena kulit wajah memproduksi minyak dan keringat setiap hari. Pada saat menerima panggilan telpon, mau tidak mau layar handphone akan didekatkan pada wajah. Sehingga minyak dan keringat yang berada pada kulit wajah ikut menempel pada layar handphone. Pada panggilan selanjutnya minyak dan keringat yang sudah menempel pada layar handphone tersebut akan menempel kembali pada wajah, padahal tanpa disadari layar tersebut mungkin telah terkontaminasi oleh tumbuhnya bakteri pada layar.

Makan cara untuk mengatasi hal ini agar tidak terulang lagi yaitu, sebaiknya pada saat mengangkat panggilan usahakanlah untuk menggunakan headset atau fasilitasi dengan menggunakan speaker phone (hands free). Namun jika tidak ada, maka cara lain adalah dengan tidak terlalu mendekatkan wajah pada layar handphone ketika sedang menerima panggilan, hal ini dapat membantu agar terhindari dari bakteri dan terjadinya infeksi akibat radiasi elektromagnetik yang dihasikan pada saat menggunakan handphone.

 Mencuci wajah terlalu sering

Kebiasaan ini juga salah satu penyebab terjadinya kulit berminyak dan berjerawat, sebab mencuci wajah terlalu sering dapat mengangkat minyak esensial wajah, dan hal ini justru malah akan merespons wajah untuk menghasilkan lebih banyak minyak dan wajah akan semakin banyak ditumbuhi oleh jerawat.

 Penggunaan produk rambut

Kebiasaan ini juga harus Anda perhatikan, sebab pada saat menggunakan produk rambut sering kali tanpa disadari malah akan ikut mengenai kulit wajah. Akibatnya keadaan kulit akan semakin memburuk, karena produk rambut biasanya berasal dari bahan gel, hairspray atau produk kimia yang sangat berbahaya apa bila terkena kulit wajah.

 Kurang tidur

Kurang tidur juga biasanya diakibatkan karena tubuh mengalami stress yang berlebihan, dan para dermatolog diseluruh dunia meyakini bahwa stress dapat memicu munculnya jerawat pada wajah. Sebab ketika seseorang mengalami stress, kadar insulin pada tubuh orang ini akan mencapai titik rendah. Padahal hormone yang berasal dari insulinlah yan mampu mengendalikan stress, maka sangat dianjurkan untuk tidur yang cukup agar membantu perkembangan hormone insulin dalam memecah gula pada tubuh. Dan tidur juga merupakan salah satu nikmat yang telah diberikan Allah yang menizinkan tubuh secara alami untuk beristirahat dan membantu melakukan dedoksifikasi pengeluaran racun secara Cuma-Cuma.

 Penggunaan sarung bantal

Menurut hasil penelitian, pada saat tidur dapat dipastikan seseorang akan menggosokkan wajahnya ke sarung bantal minimal 6-8 kali pada saat tidur. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya penyebaran jerawat pada kulit wajah dan secara tidak sadar, hal ini juga sering kali di lakukan. Maka, disarankan agar mencuci sarung bantal setidaknya sekali dalam satu minggu.

 Penggunaan pelembab

Orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat dianjurkan untuk tidak menggunakan pelembab. Wajah secara alami mengeluarkan pelembab alami yakni minyak. Jadi, belum lagi penggunaan pelembab kimia yang belum tentu sesuai dengan sensitivitas kulit wajah, hal ini akan menyebabkan kulit akan semakin parah.

Menyentuh wajah

Hal inilah yang tanpa disadari sering kali dilakukan oleh kebanyakan orang. Biasanya, jika sudah menyetuh wajah, tangan akan mulai menjalankan aksinya yaitu memencet bagian jerawat yang dapat memperburuk perkembangan jerawat. Meskipun tangan dalam keadaan bersih, namun bakteri penyebab jerawat akan semakin menyebar kebagian lain di wajah.

Untuk mencegah hal ini supaya tidak terjadi lagi yaitu dengan mengontrol diri dalam menyentuh wajah dan harus disadari penuh oleh individu. Jika harus menyentuh kulit wajah yang berminyak dan berjerawat gunakan kertas minyak yang higienis.

Setelah kalian memperhatikan beberapa kebiasaan buruk dan yang disertai dengan cara mengatasinya secara alami diatas, sekarang Anda sudah tahukan apa saja kebiasaan-kebiasaan yang harus segera Anda ubah. Untuk itu, mulailah agar menjaga kulit wajah Anda dengan selalu memperhatikan kebersihan dan menghindari kebiasaan buruk yang pernah dilakukan sebelumnya. Semoga berhasil!


Related Pos :