Cara Mengatasi Hipertensi Secara Alami

By Admin | kesehatan

cara mengatasi hipertensi secara alami

Tidak sedikit dari sekian banyaknya masyarakat Indonesia yang mengalami hipertensi tetapi tidak menyadarinya. Namun, hipertensi lebih banyak ditemukan pada laki-laki daripada perempuan (meskipun selisih tersebut cenderung menurun pada perempuan menopause) dan pada kelompok dengan status sosioekonomi yang rendah. Untuk itulah diperlukannya beberapa tindakan agar hipertensi tersebut dapat segera teratasi. Namun yang menjadi pertanyaannya bagaimana cara mengatasinya?

Dan jawabannya, ada pada pembahasan berikut ini. Salah satu cara mengatasi hipertensi secara alami dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, namun sebelum menjalankan cara ini disarankan agar memperhatikan beberapa pedoman dari British Hypertension Society pada 2004 silam, yang mengajukan perubahan gaya hidup yang konsisiten agar dapat dapat menurunkan tekanan darah secara normal dengan pedoman dari US National High BP Education Program tahun 2002 untuk pencegahan utama hipertensi.


Adapun beberapa cara dalam mengatasi hipertensi agar tidak semakin parah yaitu, sebagai berikut:

 Selalu menjaga berat badan agar tetap normal. Misalnya indeks massa tubuh 20-25 kg/m2.

 Membatasi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung natrium, seperti mie instan.

 Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayuran.

 Hindarilah terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan perbanyak mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari.

 Usahakan agar selalu menjalankan aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur.
Merubah gaya hidup yang efektif dapat menurunkan tekanan darah setara dengan masing-masing obat antihipertensi. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan:

Penatalaksanaan hipertensi, hal ini dapat dibedakan menjadi dua. Yang pertama penatalaksanaan hipertensi ringan, dengan perubahan gaya hidup dan memantau pasien selama 6-12 bulan. Sedangkan yang kedua penatalaksanaan hipertensi berat, dengan menggunakan terapi farmakologi (obat). Namun penatalaksanaan yang kedua ini memiliki faktor resiko dan kerusakan pada organ.

Perubahan gaya hidup yang bersifat pencegahan dan meliputi perubahan diet serta olahraga. Semua perubahan ini telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah secara bermakna pada orang dengan hipertensi.

Merubah asupan nutrisi, seperti diet rendah natrium. Diet rendah natrium sangat membantu dalam penurunan tekanan darah, baik pada penderita hipertensi maupun yang memiliki tekanan darah normal.

Kombinasi obat, adapun beberapa obat yang dapat dikombinasikan diantaranya, penghambat kanal kalsium dengan diuretic; penghambat beta dengan diuretik; penghambat kanal kalsium dihidropiridin dengan penghambat reseptor beta; dan penghambat kanal kalsium dihidropiridin dengan verapamil atau diltiazem.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang tata cara mengatasi hipertensi secara alami yang insya’allah dapat membantu keluhan Anda semua. Semoga cepat sembuh!


Related Pos :