Cara Mencegah Kanker Payudara Secara Alami

By Admin | kesehatan

cara mencegah kanker payudara secara alami

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh para kaum wanita. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, fakta mengatakan bahwa kanker payudara menduduki nomor dua dari semua jenis kanker yang menyerang wanita. Untuk itu, Anda tidak ingin menjadi salah satu penderita kanker payudara bukan? Maka salah satu cara terbaik agar terhindar dari penyakit ini, ialah melakukan pencegahan, seperti pepatah mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati” dan cara mencegah kanker payudara secara alami sangat cocok untuk Anda terapkan. Namun bagaimana cara mencegah kanker payudara secara alami tersebut? Dan jawabannya ada pada pembahasan kali ini.
Berikut beberapa cara mencegah kanker payudara secara alami:

• Rutin melakukan olahraga


Seseorang yang rutin melakukan olahraga, dipercaya dapat membantu menurunkan kadar estrogen yang diproduksi tubuh sehingga mengurangi resiko kanker payudara. Dan hal ini juga dapat dibuktikan dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, hasilnya pun menunjukkan bahwa semakin seringnya seseorang melakukan aktivitas maka risiko kanker payudara akan berkurang.

• Diet lemak

Diet lemak juga sangat dianjurkan pada saat melakukan pencegahan pada kanker payudara.

Adapun jenis lemak yang dapat memicu kanker payudara yaitu lemak jenuh dalam daging, mentega, dan makanan yang mengandung susu full cream, serta asam lemak dalam margarin. Sebab lemak jenuh dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kadar estrogen dalam darah.

• Konsumsilah sayur dan buah

Mengkonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang banyak, dapat membantu berkurangnya risiko kanker payudara. Hal ini dikarenakan, terdapatnya berbagai kandungan pada sayur dan buah, seperti antioksidan yang tinggi, vitamin A, C, E dan mineral selenium yang dapat mencegah kerusakan sel yang menjadi penyebab kanker.

• Mengkonsumsi makanan yang mengandung kedelai

Makanan yang mengandung kedelai terbukti dapat membantu menghalangi estrogen tubuh untuk mencapai reseptor, makanan dengan kadar kedelai tinggi juga terbukti dapat mempercepat pengeluaran estrogen dari tubuh.

• Hindari mengkonsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol malah akan menjadikan seseorang semakin mudah terserang kanker payudara, sebab minuman yang terdapat dalam alcohol ini akan meningkatkan kadar estrogen dalam darah.

• Berjemur

Berjemur dibawah teriknya matahari ternyata juga dapat membantu didalam pencegahan kanker payudara, karena pada saat matahari mengenai kulit, tubuh menerima vitamin D.

Vitamin D akan membantu jaringan payudara menyerap kalsium sehingga mengurangi risiko kanker payudara.
Nah, cukup muda bukan? Untuk itu, mulailah dari sekarang agar menerapkan beberapa cara mencegah kanker payudara secara alami diatas. Sayangilah kesehatan Anda!


Related Pos :